Kreativitas dalam iklan

2,208 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
2,208
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
70
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Kreativitas dalam iklan

  1. 1. Kreativitas Dalam Iklan
  2. 2. Pengertian Kreativitas adalah kemampuan untuk menyajikan gagasan atau ide baru. Sedangkan inovasi merupakan aplikasi dari gagasan atau ide baru tersebut. Kreativitas hampir selalu di gunakan dalam periklanan, karena kreativitas dapat membantu periklanan dalam memberi informasi, membujuk, mengingatkan, meningkatkan nilai dan dapat “meledakkan” periklanan.
  3. 3. STRUKTUR IKLAN & RUMUS AIDCA • HEADLINE Kepala tulisan Letaknya tidak selalu pada bagian awal tulisan, iklan Yang paling penting headline iklan tersebut yang paling pertama dilihat orang.
  4. 4. ž SUBHEADLINE sebuah headline harus mengatakan sesuatu yang sangat penting kepada para calon pembeli. Biasanya berupa penjelasan tentang produk atau keunggulan barang atau jasa yang ditawarkan.
  5. 5. Amplifikasi (perluasan) Naskah atau teks iklan yang mengikuti headline. Sering juga disebut bodycopy/ body text. Pada bagian ini konsepnya adalah penjelasan lebih rinci tentang produk atau barang/jasa yang ditawarkan. catt : produk2 yang mahal sperti mobil, rumah,dll biasanya diperlukan body text atau amplifikasi iklan .
  6. 6. RUMUS AIDCA • ATTENTION (Perhatian) Berarti bahwa iklan harus mampu menarik perhatian khalayak sasaran. Untuk itu, iklan membutuhkan bantuan ukuran, penggunaan warna, tata letak, atau suara-suara khusus. Size untuk media cetak Air time untuk penyiaran Warna (spot atau full color), tata letak (lay out) Jenis Huruf Menggunakan headline, slogan yang mudah di ingat.
  7. 7. INTEREST (Minat) • Iklan berurusan dengan bagaimana konsumen berminat dan memiliki keinginan lebih jauh. Dalam hal ini konsumen harus dirangsang agar mau membaca, mendengar, atau menonton pesan-pesan yang disampaikan. • ž Perhatian harus segera ditingkatkan menjadi minat agar pembeli ingin mengetahui lebih rinci
  8. 8. Desire (Kebutuhan/keinginan) • Bermakna bahwa iklan harus mampu menggerakkan keinginan orang untuk memiliki atau menikmati produk tersebut. Cth : LADY CARD, Special Card For Special Lady. Gudang Garam Selera Pemberani
  9. 9. Conviction (rasa percaya) • mengandung arti bahwa iklan harus mampu menciptakan kebutuhan calon pembeli. Konsumen mulai goyah dan emosinya mulai tersentuh untuk membeli produk tersebut • ž Untuk menimbulkan Ras Percaya pada diri pembeli. • ž Menggunakan Pembuktian Ahli, Demo, menggunakan artis public figure. memberikan pandangan positif pada konsumen tentang produk.
  10. 10. Action (Tindakan) • mengandung arti bahwa iklan harus memiliki "daya" membujuk calon pembeli agar sesegera mungkin melakukan suatu tindakan pembelian. Dalam hal ini dapat digunakan kata beli, ambil, hubungi, rasakan, gunakan, dan lain-lain.
  11. 11. Naskah, Tata Letak dan Tipografi A. Naskah Kata copy dalam periklanan: • Teks dalam iklan • Seluruh gambar, foto dan tulisan • Semua materi digunakan dalam publikasi patokan untuk membuat naskah iklan • Singkat dan padat • Sederhana dan sopan
  12. 12. B, Tata Letak Menurut Jefkins, beberapa patokan dalam merancang sebuah layout: 1. The law of unity (kesatuan) 2. The law of variety (variasi) 3. The law of balance (keseimbangan) 4. The law of rhytm (gerak wajar) 5. The law of harmony (harmoni) 6. The law of scale (kekontrasan) 7. The law of proportion (proporsi)
  13. 13. 3. Tipografi Dalam hal ini tipografi merupakan huruf yang tersusun dalam sebuah alfabet dan merupakan media penting dalam komunikasi visual. Media yang membawa manusia mengalami perkembangan dalam cara berkomunikasi. Komunikasi yang berakar dari simbol-simbol yang menggambarkan sebuah objek (pitograf). Berkembang menjadi simbol-simbol yang mempresentasikan gagasan yang lebih kompleks serta konsep abstrak yang lain. Kemudian berkembang menjadi bahasa tulis yang dan dibunyikan dan memiliki arti
  14. 14. Audio Pada Media Iklan multimedia audio adalah untuk membangun hubungan online yang kuat dengan pelanggan dan untuk membuat pengalaman internet mereka lebih kaya lagi dan memuaskan. Anda dapat melihat peningkatan dalam tingkat respons dengan fitur tersebut.
  15. 15. • Faktor yang menarik dari iklan meningkat dengan memasukkan unsur-unsur audio dan video untuk memberikan kampanye pemasaran untuk meningkatkan tingkat penjualan.

×