08. Metodologi Desain, Metode Pengambilan Keputusan dan Pengujian Konsep Desain

6,082 views

Published on

Pertemuan ke-8, matakuliah Metodologi Desain, Jurusan TI - Desain Grafis & Mutimedia, STMIK Asia Malang

Published in: Design, Technology, Business
3 Comments
4 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
6,082
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
486
Actions
Shares
0
Downloads
458
Comments
3
Likes
4
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

08. Metodologi Desain, Metode Pengambilan Keputusan dan Pengujian Konsep Desain

  1. 1. Metodologi Desain/ Pertemuan ke - 8 / Metode Pengambilan Keputusan dan Pengujian Konsep Desain Oleh : Aditya Nirwana, S.Sn.
  2. 2. Analisis pra-desaindesign process analisis sintesis evaluasi Disamping itu terkandung 3 tahapan esensial yang perlu dilalui untuk mendapatkan hasil yang optimal yang merupakan analisis pra-desain yaitu : • Tahap Divergence • Tahap Transformasi • Tahap Convergence Proses di atas dilakukan untuk mendapatkan gagasan baru,menguji, atau menilai ulang keputusan desain yang telah diambil.Metodologi Desain/ Pertemuan ke - 8Metode Pengambilan Keputusandan Pengujian Konsep DesainOleh : Aditya Nirwana, S.Sn.
  3. 3. Divergence Memecah persoalan menjadi bagian-bagian (sub-problems) Bagian-bagian yang telah terurai disatukan kembali dalam Transformation suatu susunan yang baru Menguji serta menemukan konsekuensi-konsekuensi apabila Convergence susunan yang baru tersebut dilaksanakan1. DivergenceDivergence, dalam bahasa inggris jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesiaberarti “menyebar”. Yakni pola analisis yang cenderung memperluas lingkuppenelaahan ke segala hal yang berkaitan dengan tujuan desain untuk mendapatkansolusi yang diinginkan.Metodologi Desain/ Pertemuan ke - 8Metode Pengambilan Keputusandan Pengujian Konsep DesainOleh : Aditya Nirwana, S.Sn.
  4. 4. idea Karakteristik utama tahap divergence antara lain : ideaDiolah dari : http://www.learningandteaching.info idea 1. Sasaran desain tidak ditetapkan secara pasti dan dianggap masih bersifat tentative. stimulus 2. Batas lingkup permasalahan juga tidak ditetapkan secara pasti 3. Kesimpulan evaluasi tidak segera idea ditetapkan sampai segala hal yang idea terkait (relevan) dipertimbangkan. 4. Sasaran penelaahan adalah menguji kepekaan client, sponsor, pasar, dan idea pihak lain yang terkait dengan keputusan desain. Divergence Thinking Divergent Thinking – Michael PlishkaMetodologi Desain/ Pertemuan ke - 8Metode Pengambilan Keputusandan Pengujian Konsep DesainOleh : Aditya Nirwana, S.Sn.
  5. 5. Design Brief (dari client/sponsor) dianggap sebagai titik awal penelaah masalah yang bisadiubah atau direvisi sesuai dengan perkembangan situasi dan kondisi. Mengembangkan ketidak-pastian untuk menghindari Sasaran keputusan prematur, atau mengkaji ulang pemikiran sebelumnya. Secara sederhana,dapat dikatakan bahwa telaah divergence ialah merusak atau mendekonstruksi design brief awal, sambil berusaha mengidetifikasi lebih luas lagi.
  6. 6. 2. Transformation Tahap divergence diikuti dengan tahap transformasi. Dari hasil telaah divergence berusaha diungkapkan pola-pola, kecenderungan, dan arah yang mmpengaruhi keputusan desain. Karateristik utama tahap transformasi : fact 1. Sasaran desain diarahkan berdasar telaah divergence untuk menetapkan keputusan fact tunggal. idea fact 2. Peluang-peluang dinilai untuk idea dimanfaatkan. idea 3. Masalah diurai menjadi sub-masalah dan dikerjakan secara paralel atau terisolasi. stimulus 4. Bebas mengubah sasaran untuk menghindari terlalu banyaknya idea penyesuaian. idea 5. Aspek pribadi desainer sangat berperan fact idea penting. fact factMetodologi Desain/ Pertemuan ke - 8Metode Pengambilan Keputusandan Pengujian Konsep DesainOleh : Aditya Nirwana, S.Sn.
  7. 7. 3. Convergence Facts Secara harfiah, convergence berarti memusat. Facts Disini desainer harus memilih satu dari banyakDiolah dari : http://www.learningandteaching.info Facts alternatif keputusan desain. Pada intinya, convergence ialah mengurangi alternatif hingga menjadi satu pilihan tunggal answer secepat mungkin. Facts Facts FactsConvergenceThinkingMetodologi Desain/ Pertemuan ke - 8Metode Pengambilan Keputusandan Pengujian Konsep DesainOleh : Aditya Nirwana, S.Sn.
  8. 8. Gambaran Umum Analisis pra-desainMetodologi Desain/ Pertemuan ke - 8Metode Pengambilan Keputusandan Pengujian Konsep DesainOleh : Aditya Nirwana, S.Sn.
  9. 9. Sumber : http://cre8tivestudies.blogspot.comDiolah dari : http://www.learningandteaching.info Metodologi Desain/ Pertemuan ke - 8 Metode Pengambilan Keputusan dan Pengujian Konsep Desain Oleh : Aditya Nirwana, S.Sn.
  10. 10. Tataran Pengambilan Keputusan Desain Terkadang di dalam proses perancangan, spektrum permasalahan begitu kompleks, maka keputusan desain dapat dikategorikan menjadi empat level Community Level, contohnya : sistem transportasi di kota, pola pemukiman penduduk, dll. System Level, contohnya : sistem udara gedung, sistem pengairan, sistem penyiaran televisi/broadcast, dll Product Level, contohnya : snack, minuman dalam kemasan, shampoo, consumer goods, dll. Components Level, contohnya : radiator, baterai,engsel, merk, ilustrasi dalam sebuah kemasan, dll.Metodologi Desain/ Pertemuan ke - 8Metode Pengambilan Keputusandan Pengujian Konsep DesainOleh : Aditya Nirwana, S.Sn.

×