Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
Model Bisnis
Bahasa yang sama untuk menggambarkan,
memvisualisasikan, menilai, dan mengubah
model bisnis
Konsep Kanvas Bisnis
• Merupakan model bisnis yang sederhana,
relevan, dan secara intuitif dapat dipahami,
tetapi tidak te...
Konsep kanvas bisnis dijelaskan melalui
sembilan blok bangunan dasar yang
memperlihatkan cara berpikir tentang
bagaimana s...
Kanvas Model Bisnis
1. Problem & Existing Alternative
Startup harus mengidentifikasi tiga masalah
utama yang akan diselesaikan. Startup juga
h...
3. Unique Value Proposition
Startup harus bisa menuliskan apa yang menjadi
diferensiasinya dengan yang lain. Apa yang
memb...
5. Channel
Kanal pemasaran produk dari startup tersebut,
misalnya, melalui SEO, Blogs, website, Facebook
Ads, iklan cetak,...
7. Cost Structure
Startup sudah harus tahu pengeluaran yang
akan terjadi, bukan dalam lima tahun, tapi tiap
bulannya.
8. K...
Contoh
Tugas
• Buat model bisnis dari usaha baru yang akan
kalian buat.
Sumber
• Business Model Generations. Alexander
Osterwalder & Yves Pigneur. Elex Media
Komputindo
• https://realtimeboard.c...
Model bisnis
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Model bisnis

3,680 views

Published on

Lean Canvas

Published in: Education
  • Be the first to comment

Model bisnis

  1. 1. Model Bisnis
  2. 2. Bahasa yang sama untuk menggambarkan, memvisualisasikan, menilai, dan mengubah model bisnis
  3. 3. Konsep Kanvas Bisnis • Merupakan model bisnis yang sederhana, relevan, dan secara intuitif dapat dipahami, tetapi tidak terlalu menyederhanakan kerumitan tentang bagaimana suatu usaha berfungsi
  4. 4. Konsep kanvas bisnis dijelaskan melalui sembilan blok bangunan dasar yang memperlihatkan cara berpikir tentang bagaimana sebuah perusahaan menghasilkan uang. Kesembilan blok tersebut mencakup empat bidang utama dalam suatu bisnis, yaitu pelanggan, penawaran, infrastruktur, dan kelangsungan finansial. Model bisnis ibarat cetak biru sebuah strategi yang diterapkan melalui struktur organisasi, proses, dan sistem
  5. 5. Kanvas Model Bisnis
  6. 6. 1. Problem & Existing Alternative Startup harus mengidentifikasi tiga masalah utama yang akan diselesaikan. Startup juga harus mengetahui selama ini, usaha apa yang dilakukan orang lain untuk memecah problem tersebut. 2. Customer Segment & Early Adopter Di sini, startup menuliskan siapa target market dari usaha yang dirintisnya. Dari target market yang sudah ditentukan itu, manakah yang masih tergolong pengguna baru (early adopter)
  7. 7. 3. Unique Value Proposition Startup harus bisa menuliskan apa yang menjadi diferensiasinya dengan yang lain. Apa yang membuat mereka standing out dan apa masalah pertama yang akan diselesaikan dan untuk siapa solusi itu ditujukan. 4. Solution Berisi setidaknya tiga fitur dari produk berdasarkan masalah yang ingin diselesaikan.
  8. 8. 5. Channel Kanal pemasaran produk dari startup tersebut, misalnya, melalui SEO, Blogs, website, Facebook Ads, iklan cetak, event, word of mouth, partnership, dan teman. 6. Revenue Stream Berisi bagaimana startup bekerja mencari uang. Dan pada akhirnya, berapa pemasukan yang didapat dari seluruh revenue stream yang ada.
  9. 9. 7. Cost Structure Startup sudah harus tahu pengeluaran yang akan terjadi, bukan dalam lima tahun, tapi tiap bulannya. 8. Key Metrics Berisi aktivitas-aktivitas mengenai performa startup Anda yang bisa diukur. 9. Unfair Advantage mengenai apa yang dimiliki oleh startup itu, namun tidak ada di startup lain.
  10. 10. Contoh
  11. 11. Tugas • Buat model bisnis dari usaha baru yang akan kalian buat.
  12. 12. Sumber • Business Model Generations. Alexander Osterwalder & Yves Pigneur. Elex Media Komputindo • https://realtimeboard.com/ • http://www.furld.com/2011/lean-canvas-key- metrics-andunfair-advantage/ • http://thenextdev.id/new/update/index.php/ 2016/03/26/mengenal-lean-canvas-model- bisnis-untuk-startup/

×