Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Jelaskan & beri contoh ciri ciri sosiologi

19,120 views

Published on

.

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Jelaskan & beri contoh ciri ciri sosiologi

  1. 1. Jelaskan & Beri Contoh Ciri-Ciri Sosiologi
  2. 2. FEBRI AKMAL VIGO FELIX RYAN M JUAN RAIHAN TETELEPTA NADYA SYAHMITA PRATIWI YOHANA ZETTIRARESKA Nama Kelompok 5
  3. 3. Sebagai ilmu sosial, sosiologi memiliki ciri atau kharakteristik yang berbeda dibandingkan ilmu sosial lainnya. Menurut Harry M. Johnson seperti dikutip Soerjono Soekanto dalam bukunya yang berjudul Sosiologi Suatu Pengantar, sosiologi memiliki ciri sebagai berikut.
  4. 4. Ciri-ciri Sosiologi Empiris Teoretis Kumulatif Nonetis
  5. 5. Pengertian Contoh
  6. 6. Empiris  Didasarkan pada observasi dan akal sehat yang hasilnya tidak bersifat spekulatif. Pengamatan berarti susunan yang berhubungan dengan pancaindera manusia, yang dialaminya dalam kehidupan social. Sedangkan penalaran berarti semua yang berhubungan dengan akal budi manusia atau yang bersifat rasional. Sifat empiris ini sering dihubungkan dengan sifat ilmu yang
  7. 7. Contoh Empiris  Siswa melakukan penelitian tentang tingkat pendidikan anak – anak jalanan, maka siswa tersebut akan mengambil data dengan melakukan observasi terhadap anak – anak jalanan.
  8. 8. Pengertian Contoh
  9. 9. Teoretis  selalu berusaha menyusun abstraksi dari hasil observasi yang konkret di lapangan, dan abstraksi tersebut merupakan kerangka dari unsur-unsur yang tersusun secara logis dan bertujuan menjalankan hubungan sebab akibat sehingga menjadi teori.
  10. 10. Contoh Teoretis  Seorang pelajar rajin belajar secara tekun karena karena didorong oleh keinginan menjadi orang yang pandai dan berguna bagi keluarga dan masyarakatnya
  11. 11. Pengertian Contoh
  12. 12. Kumulatif  disusun atas dasar teori-teori yang sudah ada, kemudian diperbaiki, diperluas sehingga memperkuat teori-teori yang lama.
  13. 13. Contoh Kumulatif  Menurut teori Darwin, manusia di bumi ini berasal dari kera. Kenyataannya teori tersebut sudah tidak berlaku lagi dan mengalami perubahan
  14. 14. Pengertian Contoh
  15. 15. Nonetis  pembahasan suatu masalah tidak mempersoalkan baik atau buruk masalah tersebut, tetapi lebih bertujuan untuk menjelaskan masalah tersebut secara mendalam.
  16. 16. Contoh Nonetis  Kajian sosiologis tentang animisme dan dinamisme di masyarakat islam pantai utara jawa
  17. 17. Ciri – ciri ilmu sosiologi tersebut merupakan tuntunan bagi setiap orang dalam mendalami dan memanfaatkan ilmu sosiologi. Apabila diterapkan baik, ilmu sosiologi dapat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, sikap disiplin dan tanggung jawab perlu dimiliki setiap orang dalam mempelajari suatu ilmu sosial.
  18. 18. SEKIAN DARI KAMI TERIMAKASIH ATAS PERHATIANNYA WASSALAMU’ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH …

×