Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
HUBUNGAN ANTARA
KELEMBABAN & SUHU DAN
KAPASITAS UDARA
Di Susun Oleh:
Kelompok 1
1. Aulia Rahma (D1B012001)
2. Andi Putra (...
Jenis-Jenis Kelembaban Udara
Kelembaban
a. Udara Kelembaban Absolut
Kelembapan absolut mendefinisikan massa dari uap
air p...
c. Kelembaban Relatif / Nisbi (RH)
Kelembaban Relatif / Nisbi yaitu perbandingan
jumlah uap air di udara dengan yang terka...
2. Sebaran kelembaban nisbi menurut tempat:
Kandungan uap air aktual tergantung ketersediaan
air dan jumlah energi radiasi...
Hubungan Antara Kelembaban &
Suhu dan Kapasitas Udara
Suhu dan kelembaban udara sangat erat
hubungannya, karena jika kelem...
Hubungan kelembaban dengan suhu udara:
1)Apabila dipanaskan, udara memuai. Udara yang telah
memuai menjadi lebih ringan se...
Kapasitas udara untuk menampung uap air (pada
keadaan jenuh) tergantung pada suhu udara. Jika suhu
tinggi maka kapasitas u...
Kesimpulan
Sebagai kesimpulan dari makalah ini yang
didasarkan pada rumusan masalah yaitu sebagai
berikut :
Jenis-jenis ke...
Angka konsentasi ini dapat diekspresikan dalam
kelembapan absolut, kelembapan spesifik atau
kelembapan relatif.
Kapasitas ...
Saran
Jika dalam makalah Agroklimatologi yang
bertemakan Hubungan Antara Kelembaban & Suhu dan
Kapasitas Udara ini terdapa...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Hubungan antara kelembaban & suhu dan kapasitas udara

18,649 views

Published on

agroklimatologi. Hubungan antara kelembaban & suhu dan kapasitas udara

Published in: Education
  • Be the first to comment

Hubungan antara kelembaban & suhu dan kapasitas udara

  1. 1. HUBUNGAN ANTARA KELEMBABAN & SUHU DAN KAPASITAS UDARA Di Susun Oleh: Kelompok 1 1. Aulia Rahma (D1B012001) 2. Andi Putra (D1B012002) 3. Bangkit W.N Pardede (D1B012005) 4. Dian Damai Gaja (D1B012006) 5. Noli Putri Lika (D1B012010) 6. Dua Putri (D1B012011) 7. M. Rido Isfahan (D1B012012) 8. Rian Frendy S (D1B012015) FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS JAMBI 2013
  2. 2. Jenis-Jenis Kelembaban Udara Kelembaban a. Udara Kelembaban Absolut Kelembapan absolut mendefinisikan massa dari uap air pada volume tertentu campuran udara atau gas, dan umumnya dilaporkan dalam gram per meter kubik (g/m3). b. Kelembaban Spesifik Kelembaban Spesifik yaitu Metode untuk mengukur jumlah uap air di udara dengan rasio terhadap uap air di udara kering. Perbandingan antara massa uap air (mv), dengan massa udara lembab, yaitu massa udara kering (md) bersama-sama uap air tersebut (mv): Nisbah campuran (r) (mixing ratio), massa uap air dibandingkan dengan massa udara kering:
  3. 3. c. Kelembaban Relatif / Nisbi (RH) Kelembaban Relatif / Nisbi yaitu perbandingan jumlah uap air di udara dengan yang terkandung di udara pada suhu yang sama. Kelembaban Nisbi membandingkan antara kandungan / tekanan uap air aktual dengan keadaan jenuhnya atau pada kapasitas udara untuk menampung uap air. Sebaran kelembaban Nisbi terbagi 2: 1. Sebaran kelembaban nisbi menurut waktu: Pada siang hari, jika suhu tinggi maka kelembabannya rendah. Namun, berbeda pada malam hari, dimana jika suhunya rendah, maka kelembabannya tinggi. Pada daerah tropika basah nilai rata-rata kelembaban harian/bulanan tetap berkisar 60%, karena variasi suhu di daerah ini kecil sedangkan pada daerah sub tropika nilai rata-rata kelembaban harian/bulanannya bervariasi, karena besarnya variasi suhu, sebab adanya 4 musim.
  4. 4. 2. Sebaran kelembaban nisbi menurut tempat: Kandungan uap air aktual tergantung ketersediaan air dan jumlah energi radiasi untuk pemanasan. Suatu wilayah yang basah dan panas, maka penguapan yang tinggi berakibat RH (kelembaban) juga tinggi serta kelembaban mutlak juga tinggi. Pada wilayah dataran tinggi/pegunungan, nilai kelembabannya yang besar umumnya disebabkan nilai suhunya yang rendah. Kelembaban Mutlak Kelembaban Mutlak yaitu banyaknya uap air dalam gram pada 1 m3.
  5. 5. Hubungan Antara Kelembaban & Suhu dan Kapasitas Udara Suhu dan kelembaban udara sangat erat hubungannya, karena jika kelembaban udara berubah, maka suhu juga akan berubah. Di musim penghujan suhu udara rendah, kelembaban tinggi, memungkinkan tumbuhnya jamur pada kertas, atau kertas menjadi bergelombang karena naik turunnya suhu udara. Kelembaban udara berbanding terbalik dengan suhu udara. Semakin tinggi suhu udara, maka kelembaban udaranya semakin kecil. Hal ini dikarenakan dengan tingginya suhu udara akan terjadi presipitasi (pengembunan) molekul.
  6. 6. Hubungan kelembaban dengan suhu udara: 1)Apabila dipanaskan, udara memuai. Udara yang telah memuai menjadi lebih ringan sehingga naik. Maka akibatnya, tekanan udara turun karena udaranya berkurang. 2)Volume berbanding terbalik dengan tekanan 3)Kelembapan adalah konsentrasi uap air di udara. Angka konsentasi ini dapat diekspresikan dalam kelembapan absolut, kelembapan spesifik atau kelembapan relatif.
  7. 7. Kapasitas udara untuk menampung uap air (pada keadaan jenuh) tergantung pada suhu udara. Jika suhu tinggi maka kapasitas udara besar, jika uap air jenuh maka kapasitas udara maksimal.
  8. 8. Kesimpulan Sebagai kesimpulan dari makalah ini yang didasarkan pada rumusan masalah yaitu sebagai berikut : Jenis-jenis kelembaban udara: Kelembaban Absolut Kelembaban Spesifik Kelembaban Relatif / Nisbi (RH) Kelembaban Mutlak Hubungan Antara Kelembaban & Suhu dan Kapasitas Udara : Hubungan kelembaban dengan suhu udara: a. Apabila dipanaskan, udara memuai. Udara yang telah memuai menjadi lebih ringan sehingga naik. Maka akibatnya, tekanan udara turun karena udaranya berkurang.
  9. 9. Angka konsentasi ini dapat diekspresikan dalam kelembapan absolut, kelembapan spesifik atau kelembapan relatif. Kapasitas udara untuk menampung uap air (pada keadaan jenuh) tergantung pada suhu udara. Jika suhu tinggi maka kapasitas udara besar, jika uap air jenuh maka kapasitas udara maksimal.
  10. 10. Saran Jika dalam makalah Agroklimatologi yang bertemakan Hubungan Antara Kelembaban & Suhu dan Kapasitas Udara ini terdapat berbagai kesalahan, kekurangan dan kekeliruan, penulis meminta maaf kepada para pembaca. Selain itu, penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca, agar makalah selanjutnya dapat diperbaiki.

×