Lapisan bumi

15,453 views
15,192 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
15,453
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
6
Actions
Shares
0
Downloads
199
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Lapisan bumi

  1. 1. LAPISAN-LAPISAN BUMIBumi telah terbentuk sekitar 4,6 milyar tahun yang lalu. Bumi merupakanplanet dengan urutan ketiga dari sembilan planet yang dekat denganmatahari. Jarak bumi dengan matahari sekitar 150 juta km, berbentuk bulatdengan radius ± 6.370 km. Bumi merupakan satu-satunya planet yang dapatdihuni oleh berbagai jenis mahluk hidup. Permukaan bumi terdiri dari daratandan lautan.Sebenarnya hingga sekarang pengetahuan tentang struktur dan komposisi Bumibelum dapat dipecahkan dengan penyelidikan langsung. Salah satu cara langsunguntuk mengetahui informasi tentang struktur dan komposisi Bumi adalahpengeboran. Namun, pemboran yang paling dalam yang dapat dilakukan selama inihanya sampai pada kedalaman 7 km. Karena keterbatasan tesebut, makadigunakan sifat – sifat atau hukum fisika seperti gravitasi, perambatan gelombang,kelistrikan dan fenomena lainnya yang berkaitan dengan sifat – sifat Bumi.Berdasarkan hasil analisis data – data yang diperoleh, secara fisika dan kimiawiinterior Bumi dapat dibagi ke dalam dua bagian yaitu:1. lapisan Bumi berdasarkan chemical properties ( Sifat – Sifat Kimia )2. lapisan Bumi berdasarkan physical properties ( Sifat – Sifat Fisika )lapisan Bumi dapat dibagi menjadi :1. Crust (Kerak Bumi), merupakan bagian terluar Bumi, memiliki komposisidan ketebalan berbeda dan beragam dari satu tempat ke tempat lain. Tebal
  2. 2. kerak Bumi sekitar 70 km. Bagian atas kerak Bumi disebut lapisan SiAL yangpenyusun utamanya berupa oksigen, silika, dan alumunium, sedangkanlapisan bawahnya terdiri atas lapisan SIMA, mineral utama yangdikandungnya adalah Silika dan Amagnesium. Terdapat dua jenis kerakBumi:a. Continental Crust (Kerak Benua), tebalnya 10 – 70 km, terdiri dari batuanyang ringan mengandung banyak silika (SiO2). Terdiri dari batuan kristalindengan unsur – unsur Si (silika) dan Al (aluminium).b. Oceanic Crust (Kerak Samudra), ketebalannya 8 – 13 km, terdiri daribatuan yang sangat padat, berwarna gelap, tersusun dari unsur Si (silika) danMg (magnesium).2. Mantle ( Mantel ), merupakan lapisan di bawah kerak Bumi, dicirikan olehadanya peningkatan gelombang – gelombang panas, memiliki ketebalan3.488 km. Pada lapisan ini bersifat semi cair, banyak mengandung mineraldan ferromagnesian (campuran besi dan magnesium). Mantel dapat dibagimenjadi 2 bagian:a. Upper Mantle (mantel bagian atas), memiliki ketebalan 400 km, bersifatplastis (padat tapi kenyal) atau semiplastis, mempunyai zona transisi denganketebalan 670 km.b. Lower Mantle (mantel bagian bawah), terdiri dari bahan yang kaya unsurnikel dan besi, berada pada kedalaman antara 1000 – 2900 km.
  3. 3. 3. Core ( Inti ), terletak di bawah mantel Bumi pada kedalaman 2.900 – 6730km, tersusun atas besi (Fe) dan Nikel (Ni), yang datanya diketahui darigelombang seismik, eksperimen, dan komposisi iron meteorites ( besimeteorit ). Inti Bumi dapat dibagi menjadi 2, yaitu :a. Inti luar , kedalaman 2900 – 5100 km tersusun oleh komposisi silika,belerang dan O2 bersifat cair.b. Inti dalam, kedalaman 5100 – 6730 km. Komposisi besi padat (Fe) dannikel (Ni) bersifat padat.B. Berdasarkan sifat – sifat fisikanya, lapisan Bumi dapat dibagi menjadi:1. Lithosphere, merupakan lapisan yang terdiri dari crust & upper mantle, danberada di kedalaman 0-60 km.2. Asthenosphere, merupakan lapisan plastis yang memiliki kepadatanrendah dan berada di antara upper mantle dan lower mantle.3. Upper mantle, merupakan lapisan luar dari mantel dan suhunya lebihrendah dibandingkan lower mantle. Berada di kedalaman 35-660 km.4. Lower mantle, merupakan lapisan dalam mantel yang memiliki suhu lebihpanas yang disebabkan oleh panas ekstrim yang berasal dari inner core.Berada di kedalaman 660-2890 km.5. Inti Luar (Outer Core), berupa fase cair berada di kedalaman 2890-5150km, kaya akan unsur besi (Fe) dan nikel (Ni).
  4. 4. 6. Inti Dalam (Inner Core), walaupun bersuhu ekstrim tetapi berupa fasepadat yang disebabkan oleh tekanan yang sangat tinggi. Berada dikedalaman 5150-6360 km dan juga kaya akan unsur besi dan nikel.

×