Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

MANAJER DAN CONTOH DALAM PERUSAHAAN NIKE

44,595 views

Published on

PENGANTAR MANAJEMEN

Published in: Education
  • Be the first to comment

MANAJER DAN CONTOH DALAM PERUSAHAAN NIKE

  1. 1. PENGANTAR MANAJEMEN “MANAJER” RESKA PEBRIANA AZIS 921414094 D AKUNTANSI/S1
  2. 2. PENGERTIAN MANAJER Manager adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi, seorang yang karena pengalaman, pengetahuan, dan keterampilannya diakui oleh organisasi untuk memimpin, mengatur, mengelola, mengendalikan dan mengembangkan kegiatan organisasi dalam rangka mencapai tujuan. Manajer adalah orang yang bertanggungjawab untuk mengarahkan usaha yang bertujuan untuk membantu organisasi dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
  3. 3. FUNGSI MANAJER Fungsi manajer pada garis besarnya dapat dilihat dari 2 arah, yaitu fungsi manajer dalam organisasi dan fungsi manajer ke luar organisasi. Fungsi manajer ke dalam organisasi dapat dilihat dari dua sudut berikut:  Fungsi manajer dari sudut proses: 1. Perencanaan 2. Pengorganisasian 3. Pengarahan 4. Pemotivasian, dan 5. pengendalian
  4. 4.  Fungsi manajer dari sudut spesialisasi kerja : 1. Keuangan 2. Ketenagakerjaan 3. Pemasaran 4. Pembelian, dan 5. Produksi Sedangkan fungsi manajer keluar organisasi meliputi aktivitas yang berhubungan dengar para pihak organisasi, yang meliputi aktivitas yang berhubungan dengan segi yuridis, keuangan, admistratif, hubungan antara manusia, dan sebagaimya.
  5. 5. BENTUK-BENTUK MANAJER  Manager fungsional / Functional Manager Manager fungsional adalah manager yang memiliki tanggung jawab pada satu bagian fungsional perusahaan atau organisasi saja dan tidak ikut campur pekerjaan fungsional pada bagian lain. contohnya adalah seperti manager keuangan, manager pemasaran, manager akuntansi, manager operasional, manager hrd, dan banyak lagi contoh lainnya
  6. 6.  Manager umum / General Manager Manager umum adalah manager yang memiliki tanggung jawab seluruh bagian / fungsional pada suatu perusahaan atau organisasi. manager umum memimpin beberapa unit bidang fungsi pekerjaan yang mengepalai beberapa atau seluruh manager fungsional. pada perusahaan yang berskala kecil mungkin cukup diperlukan satu orang manager umum, sedangkan pada perusahaan atau organisasi yang berkaliber besar biasanya memiliki beberapa orang manager umum yang bertanggung-jawab pada area tugas yang berbeda-beda.
  7. 7. KETERAMPILAN MANAJER  Conceptual skill  Human Skill  Diagnostik skill  Political skill  Decision making skill  Technical skill  Time manajemen skill  Managerial skills (entrepreneurial)  Techological skills  Organisational skills Keterampilan atau skill yang harus dimiliki oleh seorang manajer yaitu :
  8. 8. TUGAS MANAJER Dirumuskan secara singkat tugas-tugas seorang manager adalah : 1. Memimpin organisasi 2. Mengatur organisasi 3. Mengendalikan organisasi 4. Mengembangkan organisasi 5. Mengatasi berbagai masalah yg terjadi dalam organisasi 6. Menumbuhkan kepercayaan 7. Meningkatkan rasa tanggungjawab 8. Mengawasi/mengendalikan kegiatan organisasi 9. Melakukan evaluasi terhadap kegiatan yang telah dilakukan 10. Menggali dan mengembangkan potensi sumber daya.
  9. 9. ETIKA MANAJER Menurut Ricky w. griffin dalam bukunya yang berjudul business mengklasifikasikan etika managerial ke dalam tiga kategori:  Perilaku terhadap karyawan Kategori ini meliputi aspek perekrutan, pemecatan, kondisi upah dan kerja, serta ruang pribadi dan penghormatan. pedoman etis dan hukum mengemukakan bahwa keputusan perekrutan dan pemecatan harus didasarkan hanya pada kemampuan untuk melakukan pekerjaan. perilaku yang secara umum dianggap tidak etis dalam kategori ini misalnya mengurangi upah pekerja karena tahu pekerja itu tidak bisa mengeluh lantaran takut kehilangan pekerjaannya.
  10. 10.  Perilaku terhadap organisasi Permasalahan etika juga terjadi dalam hubungan pekerja dengan organisasinya. masalah yang terjadi terutama menyangkut tentang kejujuran, konflik kepentingan, dan kerahasiaan. masalah kejujuran yang sering terjadi di antaranya menggelembungkan anggaran atau mencuri barang milik perusahaan. konflik kepentingan terjadi ketika seorang individu melakukan tindakan untuk menguntungkan diri sendiri, namun merugikan atasannya. misalnya, menerima suap sementara itu, masalah pelanggaran etika yang berhubungan dengan kerahasiaan di antaranya menjual atau membocorkan rahasia perusahaan kepada pihak lain.
  11. 11.  Perilaku terhadap agen ekonomi lainnya Seorang manager juga harus menjalankan etika ketika berhubungan dengan agen-agen ekonomi lain seperti pelanggan, pesaing, pemegang saham, pemasok, distributor, dan serikat buruh.
  12. 12. HUBUNGAN MANAJER DAN MANAJEMEN Manajer dalam hubungan dengan menajemen menjelaskan tentang substansi tugas yang ada padanya. Pada satu sisi, manajer ada pada posisi tugas pelaksana kepemimpinan dengan membantu pemimpin memimpin pekerjaan yang bersifat departemenal. Di sini manajer adalah kepala atau pemimpin suatu departemen atau unit kerja dalam suatu organisasi. Pada sisi yang bersifat lebih substansial, manajemen adalah tugas seorang manajer yang berhubungan dengan pelaksanaan tugas kepemimpinan pada aras manajerial. Tentu tatkala melaksanakan tugasnya, manajer memanejemeni, tetapi perbedaannya, ialah bahwa ia memanejemeni tugasnya atas nama pemimpin yang mendelegasikan tugas manajerial kepadanya
  13. 13. TINGKATAN MANAJER Dilihat dari tingakatan organisasi, manajemen dibagi dalam 3 tingkatan yaitu:  Manajemen Puncak (Top Management) Manajer bertaggungjawab atas pengaruh yang ditimbulkan dari keputusan-keputusan manajemen keseluruhan dari organisasi. Misal: Direktur, wakil direktur, direktur utama. Keahlian yang dimiliki para manajer tinggkat puncak adalah konseptual, artinya keahlian untuk membuat dan merumuskan konsep untuk dilaksanakan oleh tingkatan manajer dibawahnya.
  14. 14.  Manajemen Menengah (Middle Management) manajemen menegah harus memiliki interpersonal/manusiawi artinya, keahlian untuk berkomunikasi, bekerja sama dan memotivasi orang lain. manajer bertanggung jawab melaksanakan rencana dan memastikan tercapainya suatu tujuan misalnya : manajer wilayah, kepala devisi dan direktur produk.  Manajemen Bawah/Lini (Low Management) Manager bertanggung jawab menyelesaikan rencana-rencana yang telah ditetapkan oleh para manajer yang lebih tinggi. Pada tingkatan ini juga memiliki keahlian yaitu keahlian teknis, artinya keahlian yahng mencakup prosedur, teknik, pengetahuan dan keahlian dalam bidang khusus. Misal: supervisor/pengawas produksi, mandor.
  15. 15. CONTOH KASUS TINGKATAN MANAJER PADA PERUSAHAAN NIKE
  16. 16. MANAJEMEN PUNCAK (TOP MANAJEMEN) DALAM PERUSAHAAN NIKE Chairman Of The Board Ofdirectors: Phil H. Knight Tugasnya antara lain :  Memimpin Organisasi dengan menerbitkan kebijakan- kebijakan organisasi.  Memilih, Menetapkan, Mengawasi tugas dari karyawan dan kepala bagian(manager).  Menyetujui anggaran tahunan organisasi  Menyampaikan laporan kepada pemegang saham atas kinerja organisasi.
  17. 17. President & Chief Executive Officer, Nike,inc : Mark G. Parker Tugasnnya adalah : -sebagai komunikator -pengambil keputusan -pemimpin pengelola (manajer), dan -eksekutor Sebagai pemimpin, CEO/MD berperan sebagai : -memberi saran kepada dewan direktur - memotivasi karyawan, dan -menggerakkan perubahan dalam organisasi. Sebagai manajer, CEO/MD bertugas sebagai: - mengawasi operasi organisasi.
  18. 18. MANAJEMEN MENENGAH (MIDDLE MANAGEMENT)  Ketua komite audit dan komite keuangan : ORIN C. SMITH  Ketua komite audit dan komite tata kelola perusahaan: ALAN B. GRAF  Komite Kompensasi dan Komite keuangan : ELIZABETH J. COMSTOCK  Komite Corporate Responsibility : DOUGLAS G. HOUSER Tugas dari manajer di Middle management adalah melaksanakan rencana dan memastikan tercapainya tujuan.
  19. 19. MANAJEMEN BAWAHAN/LINI (LOW MANAGEMENT)  Penanggung Jawab Komite PHYLLIS M. WISE Tugasnya yaitu bertanggungjawab menyelesaikan rencana rencana yang ditetapkan oleh manajer atas.
  20. 20. REFERENSI 1. Siswanto,B. 2013. Pengantar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara. 2. http://jajaka-aja.blogspot.com/2011/12/makalah- tentang-tugas-dan-tanggung.html 3. http://yuraannisa.blogspot.com/2013/10/makalah- manajer-dan-pengambilan.html 4. http://gunthurhandayabakara.blogspot.com/2013/06 /cover-story-nike-sejarah-perusahaannike.html

×