Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
Nur yahya
 Bunyi terkecil dari arus ujaran itu yang
disebut fonem
 Berapa jumlah fonem yang terdapat pada
arus ujaran tersebut, te...
 Sebagai satuan fungsional, morfem
merypakan satuan gramatikal terkecil
yang mempunyai makna
 secara kualitas ada satuan...
 Untuk menentukan sebuah satuan bentuk
morfem atau bukan, kita harus
membandingkannya.(berulang-ulang)
contoh: kedua keti...
Para tata bahasawan tradisional memberi
ari “kata” berdasarkan arti dan ortografi.
Kata adalah satuan bahasa yang memilik...
KLASIFIKASI KATA
 Istilah untuk mengklasifikasi kata adalah
penggolongan kata/ part of speech
 Ada 2 kriteria dalam klas...
 Kalimat harus disesuaikan bentuknya
dengan kategori-kategori gramatikal
yang berlaku dalam suatu bahasa
 Alat untukmeny...
 Derifatif adalah pembentukan kata
baru, kata yang identitas leksikalnya
tidak sama dengan kata dasarnya.
contoh: sing =>...
Afiks
 Yaitu sebuah bentuk beserupa morfem terikat
yang diimbuhkan pada sebuah dasar dalam
proses pembentukan kata
 Afik...
 Prefiks adalah afiks yang diimbuhkan
dimuka bentuk dasar. Contoh:
› Un => unhappy
› Im=> impossible
› in => incorrect
› ...
 Infiks adalah afiks yang diimbuhkan ditengah bentuk
dasar
 Dalam bahasa indonesia bisa ditemukan dalam kata
 Tunjuk > ...
 Suffiks adalah afiks yang diimbukan
pada posisi akhir bentuk dasar.
 Contoh:
› Bagian > suffiks (an)
› Bagikan > suffik...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Morfologi Bahasa Inggris

5,216 views

Published on

Published in: Education
  • I’ve personally never heard of companies who can produce a paper for you until word got around among my college groupmates. My professor asked me to write a research paper based on a field I have no idea about. My research skills are also very poor. So, I thought I’d give it a try. I chose a writer who matched my writing style and fulfilled every requirement I proposed. I turned my paper in and I actually got a good grade. I highly recommend ⇒ www.HelpWriting.net ⇐
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
  • Hello! I can recommend a site that has helped me. It's called ⇒ www.WritePaper.info ⇐ So make sure to check it out!
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
  • Sex in your area is here: ❤❤❤ http://bit.ly/2F7hN3u ❤❤❤
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
  • Follow the link, new dating source: ❤❤❤ http://bit.ly/2F7hN3u ❤❤❤
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
  • Be the first to like this

Morfologi Bahasa Inggris

  1. 1. Nur yahya
  2. 2.  Bunyi terkecil dari arus ujaran itu yang disebut fonem  Berapa jumlah fonem yang terdapat pada arus ujaran tersebut, tentu kita bisa menghitungnya  Di atas satuan fonem yang fungsional terdapat satuan yang lebih tinggi yang disebut silabel  Silabel tidak bersifat fungsional Satuan ritmis ditandai dengan satu sonoritas/puncak kenyaringan
  3. 3.  Sebagai satuan fungsional, morfem merypakan satuan gramatikal terkecil yang mempunyai makna  secara kualitas ada satuan lain yang fungsional yaitu morfem.  Morfem bisa berproses membentuk kata, yaitu satuan terkecil dalam sintaksis  Konsep morfem bukan merupakan satuan dalam sintaksis.  Konsep morfem diperkenalkan kaum strukturalis pada abad 20
  4. 4.  Untuk menentukan sebuah satuan bentuk morfem atau bukan, kita harus membandingkannya.(berulang-ulang) contoh: kedua ketiga keempat ke sebagai satuan tersendiri dan mempunyai makna sama yaitu menyatakan tingkat/derajat contoh: kepasar kedapur kekampus ke sebagai satuan tersendiri dan mempunyai arti sama,yaitu arah/tujuan.
  5. 5. Para tata bahasawan tradisional memberi ari “kata” berdasarkan arti dan ortografi. Kata adalah satuan bahasa yang memiliki satu pengertian atau deretan huruf yang diapit oleh dua buah spasi dan mempunyai arti.
  6. 6. KLASIFIKASI KATA  Istilah untuk mengklasifikasi kata adalah penggolongan kata/ part of speech  Ada 2 kriteria dalam klasifikasi kata, yaitu: kriteria makna dan fungsional. Makna untuk identifikasi kelas verba,nomina dan ajektiva. Fungsi untuk preposisi, konjungsi, adverbia,pronomia dll.
  7. 7.  Kalimat harus disesuaikan bentuknya dengan kategori-kategori gramatikal yang berlaku dalam suatu bahasa  Alat untukmenyesuaikan bentuk tersebut berupa afiks, infiks, dan sufiks atau modifikasi internal(bentuk dasar)
  8. 8.  Derifatif adalah pembentukan kata baru, kata yang identitas leksikalnya tidak sama dengan kata dasarnya. contoh: sing => singer makan>makanan slow=> slowly  Perbedaan identitas leksikal berkenaan dengan makna makan>pemakan, pelajar>pengajar
  9. 9. Afiks  Yaitu sebuah bentuk beserupa morfem terikat yang diimbuhkan pada sebuah dasar dalam proses pembentukan kata  Afiks inflektiv>pembentukan kata- kata/paradigma infleksional. misal : suffiks s>jamak, ed>past  afiks “me” inflektif prefiks> aktiv &derivativ “di” pasif>.  Prefiks me > new word,leksikalnya tidak sama dg bentuk dasar (membengkak,v-adj dan mematung, v-n)
  10. 10.  Prefiks adalah afiks yang diimbuhkan dimuka bentuk dasar. Contoh: › Un => unhappy › Im=> impossible › in => incorrect › Dis => dislike › Il => illegal › Ir =>irregular Other prefiks has specific meaning › Re =>reagain,redo › Over => overwork › Mis =>misunderstood, misread
  11. 11.  Infiks adalah afiks yang diimbuhkan ditengah bentuk dasar  Dalam bahasa indonesia bisa ditemukan dalam kata  Tunjuk > telunjuk (lu)  Suling >r seruling (ru)
  12. 12.  Suffiks adalah afiks yang diimbukan pada posisi akhir bentuk dasar.  Contoh: › Bagian > suffiks (an) › Bagikan > suffiks (kan) › Organization >suffiks (ion) › Books > suffiks (s)

×