Berbagai jenis strategi di tingkat unit bisnis

10,420 views
10,193 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
10,420
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
166
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Berbagai jenis strategi di tingkat unit bisnis

  1. 1. “BERBAGAI JENIS STRATEGI DI TINGKAT UNIT BISNIS” MANAJEMEN STRATEJIK
  2. 2. NI MD DEWI ANGGUN J (1006305068)NI NYM TRI SARIRI M (1006305058)NI PT MIA SULISTIARI P (1006305054)NYM ETIA RAHAYU (1006305005)I GD NYM CARLOS W N (1006205061)
  3. 3. POKOK BAHASAN
  4. 4. PEMILIHAN STRATEGI TINGKAT BISNIS HOLDING harus berupaya untuk tumbuh berkembang COMPANY secara keseluruhan melalui pengalokasian sumber daya yang dimilikiMEMBAWAHI BEBERAPA pada berbagai unit bisnis UNIT BISNIS YANG dan menciptakan sinergi BOLEH DIKELOLA antar bisnis tersebut SECARA OTONOMI melalui resource sharing
  5. 5. UNIT BISNIS BELUM TENTU MEMBERIKAN KONTRIBUSI KEPADA KORPORASI, BAHKAN ADAKALANYA UNIT BISNIS TIDAK MAMPU BERTAHAN DAN BERSAING DENGAN KOMPETITORPILIHAN STRATEGI Sehingga diperlukan strategi bagi unit-unit bisnis Competitive PALING POPULER Cooperation strategi bagaimana suatu/masing-masing unit bisnis yang dimiliki korporasi Coopetition tumbuh dan berkembang
  6. 6. KONSEP STRATEGI DIUNGKAPKAN OLEH PORTERPERSAINGAN KONSEP STRATEGI GENERIK :Setiap strategi generik 1. STRATEGI KEPEMIMPINAN BIAYAmemiliki potensi yang memungkinkan 2. STRATEGI DIFERENSIASI perusahaan melebihipesaingnya dalam satu industri yang sama 3. STRATEGI FOKUS
  7. 7. STRATEGI KEPEMIMPINAN BIAYA TUJUAN: menawarkan serangkaian STRATEGI produk /jasa pada harga yangproduk- menekankan pemroduksian produk yang distandardisasi dengan serendah mungkin dibandingkan KEPEMIMPINAN biaya per unit yang sangat rendah untuk dengan produk pesaing dengan BIAYA para konsumen yang peka terhadap atribut serupa. Sasaran dari kedua harga tipe strategi ini adalah pasar yang besar. Strategi biaya rendah (low-cost) yang menawarkan produk atau jasa kepada konsumen pada harga terendah yang tersedia di pasar. Strategi nilai terbaik (best-value) yang menawarkan produk atau jasa kepada konsumen pada nilai harga terbaik yang tersedia di pasar.
  8. 8. STRATEGI KEPEMIMPINAN BIAYA Untuk menjalankan strategi kepemimpinan biaya, perusahaan harus memastikan bahwa total biaya diseluruh rantai nilainya lebih rendah dari total biaya pesaing dengan DUA CARA, yaitu: Menjalankan aktivitas-aktivitas rantai nilai secara lebih efektif daripada pesaing dan mengontrol berbagai faktor yang mungkin mendongkrak biaya aktivitas rantai nilai. Memperbarui keseluruhan rantai nilai perusahaan untuk mengeliminasi atau memangkas aktivitas-aktivitas yang menambah biaya.
  9. 9. Strategi kepemimpinan biaya rendah atau nilai terbaik akan sangat efektif dalam kondisi-kondisi berikut:1. Ketika persaingan harga antarpenjual pesaing sangat ketat2. Ketika produk penjual pesaing pada pokoknya sama dan pasokan tersedia dari semua penjual3. Ketika ada beberapa cara untuk mencapai diferensiasi produk yang memiliki nilai bagi pembeli4. Ketika sebagian besar pembeli menggunakan produk dengan cara yang sama5. Ketika pembeli hanya mengeluarkan sedikit biaya untuk berpindah membeli dari satu penjual ke penjual yang lain6. Ketika pembeli begitu besar dan memiliki daya tawar yang signifikan untuk meminta penurunan harga7. Ketika pendatang industri baru menggunakan harga perkenalan yang rendah untuk menarik pembeli dan membangun basis konsumen.
  10. 10. STRATEGI DIFERENSIASI Merancang satu set perbedaan yang Diferensiasi terutama pada produk berarti untuk membedakan penawaran sangat penting karena persaingan perusahaan dari penawaran pesaing yang ketat pada dunia usaha sekarang Menciptakan diferensiasi produk erat dengan berapa tambahan yang harus dilakukan agar orang dapat mengetahui bahwa produk itu berbeda dengan produk lainnya, sehingga perlu biaya yang besar.
  11. 11. STRATEGI DIFERENSIASI strategi diferensiasi dapat dilakukan dengan: Produk bundling, suatu cara dimana menggabungkan penjualan menjadi satu paket penjualan Produk lining, merupakan strategi dimana menjual beberapa jenis produk. product lining menjual terpisah beberapa produk yang saling berkaitan.produk lining dapat dilakukan dengan trading up dan trading down.
  12. 12. STRATEGI DIFERENSIASI KEUNGGULAN KELEMAHAN • Memperpanjang siklus hidup produk • Kelemahan utama strategi • Produk lebih mudah diingat oleh diferensiasi terletak pada konsumen kecenderungan perusahaan untuk • Produk lebih unggul dibandingkan menurunkan biaya produk atau produk lainnya mengabaikan rencana pemasaran • Harga jual lebih tinggi yang agresif dan • Mengatasi kejenuhan pasar kontinyu, kecenderungan tersebut • Membantu terciptanya image dapat menurunkan kekuatannya. produk
  13. 13. STRATEGI FOKUS STRATEGI membangun keunggulan bersaing FOKUS dalam suatu segmen pasar yang lebih sempit. Dalam pelaksanaannya , strategi fokus diintegrasikan Strategi jenis ini ditujukan dengan salah satu dari dua strategi generik lainnya:untuk melayani kebutuhan strategi biaya rendah atau strategi pembedaankonsumen yang jumlahnya karakteristik produk. relatif kecil dan dalampengambilan keputusannyauntuk membeli relatif tidak dipengaruhi oleh harga biasa digunakan oleh pemasok “niche market”
  14. 14. STRATEGI FOKUS SYARAT PENERAPANNYA: adanya besaran pasar yang cukup (market size) Terdapat potensi pertumbuhan yang baik, dan tidak terlalu diperhatikan oleh pesaing dalam rangka mencapai keberhasilannyaBiasanya perusahaan yang bergerak dengan strategi ini lebih berkonsentrasi pada suatu kelompok pasar tertentu (niche market), wilayah geografis tertentu, atauproduk — barang atau jasa — tertentu dengan kemampuan memenuhi kebutuhan konsumen secara baik
  15. 15. STRATEGI FOKUSStrategi ini cocok diterapkan jika :1. Kebutuhan pembeli terhadap suatu barang bermacam-macam2. Tidak ada saingan khusus dalam target/segmen yang sama3. Segmen pembeli sangat berbeda dalam ukuran, pertumbuhan, profitabilitas, yang membuat banyak segmen lebih menarik daripada yang lain4. Perusahaan kurang memiliki kapabilitas untuk memenuhi kebutuhan keseluruhan pasar
  16. 16. KASUSSTRATEGI KEPEMIMPINAN BIAYASTRATEGI DIFERENSIASI STRATEGI FOKUS
  17. 17. STRATEGI KEPEMIMPINAN BIAYA STRATEGI YANG DILAKUKAN AIR ASIA • Asia merupakan salah dan minuman di dalam pesawat. Penumpang yang AirMeniadakan makanan satu perusahaan yang bergerak di industripenerbangan yang telah menerapkan strategi penerapan memesannya di dalam membutuhkan makanan dan minuman tetap dapat harga murah(lowpesawat. / LCC) dibandingkan dengan kompetitornya. Masuknya cost carier •Air Asia ke segmen market ini didasari oleh pertimbangan bahwa 3,5 jam. Hal Rute perjalanan Air Asia pada umumnya butuh waktu antara 3 – masih banyaknya penduduk Asia khususnya Asia Tenggara yang sama untuk ini membuat Air Asia dapat menggunakan awak kabin yang penerbangan balik dari tujuan kedatangan kembali ke tujuanmembutuhkan transpotasi yang cepat melalui udara baik antar negara pemberangkatan sambil membawa penumpang baru dengan demikian maupun antar daerah tetapi terkendala oleh besarnya biaya biaya gaji awak penerbangan yang saat itu ada. kabin dapat dikurangi. • Tidak ada biaya yang diperlukan untuk akomodasi awak kabin di tujuan kedatangan karena mereka kembali ke rumah pada hari yang sama, setelah 8-10 jam. • Pelanggan didorong untuk membeli tiket lewat internet sehingga Air Asia dapat menghemat biaya yang harus dikeluarkan untuk menyewa tempat penjualan tiket beserta stafnya • Air Asia mencari landasan udara termurah. • AirAsia hanya menggunakan 1 jenis pesawat saja yaitu Air Bus 320 • Air Asia melakukan hedging terhadap biaya bahan bakar.
  18. 18. STRATEGI DIFERENSIASI Google menggunakan sistem informasi untuk membedakan produk,dan mengadakan produk dan jasa baru Teknologi pencarian Google yang inovatif dan tata muka pemakainya yang elegan menempatkan Google pada posisi yang jauh berbeda dari mesin pencarian generasi pertama yang tersedia saat ini. Dibandingkan dengan hanya menggunakan teknologi kata kunci atau metasearch, Google memakai teknologi terbaru PageRank yang sedang dipatenkan, teknologi ini menjamin informasi-informasi yang terpenting akan ditampilkan dahulu. Tidak seperti mesin pencari yang lain, Google disusun agar tak seorangpun dapat membeli “tempat yang lebih tinggi” di hasil pencarian atau mengubah hasil pencarian untuk tujuan komersial. Pencarian Google adalah pencarian yang jujur dan obyektif dalam mencari website yang bermutu tinggi dengan cara yang mudah.
  19. 19. STRATEGI FOKUSProcter & Gamble Company telah mempunyai badan hukum di Ohio pada 1905. Procter & Gamble memfokuskan diri pada produk bermerek untuk meningkatkan kehidupan konsumen seluruh dunia. Saat ini perusahaan telah memasarkan lebih dari 300 merek yang telah tersebar di lebih dari 160 negara. Perusahaan beroperasi di lebih dari 80 negara melalui Market Development Organization “MDO”. Perusahaan dikelompokkan menjadi tiga Global Business Units: P&G Beauty; P&G Family Health; and P&G Household Care. Merek dalam P&G Beauty antara lainPantene, Wella, Olay, Always and Head & Shoulders. Merek P&G Family Health meliputi Actonel, Crest, Iams, Pampers, Bounty and Charmin brands. Dalam P&G Household Care, terdiri dari Fabric Care and Home Care, mencakup Tide, Ariel, Downy dan Dawn.
  20. 20. ? ? ? SESI DISKUSI ? ?

×