Berbicara di radio dan televisi
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Berbicara di radio dan televisi

on

  • 553 views

 

Statistics

Views

Total Views
553
Views on SlideShare
553
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
5
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Berbicara di radio dan televisi Berbicara di radio dan televisi Presentation Transcript

  • BERBICARA DI RADIO DAN TELEVISI
  • BERBICARA DI RADIOo Radio merupakan alat komunikasi dua arah. Jadi walaupun,sedang siaran seorang diri, seorang penyiar harus memilikivisualisasi seolah olah disekelilingnya ada para sahabat dantemannya.oPembicara di radio harus mampu membangun suasana yangmenghibur. Pendengar radio dalam mobil, di jalan, di kantor, dikantin, dll, umumnya tidak peduli apa yang sedang terjadidengan diri si pembicara. Yang penting mereka harus terhibur.oRadio adlah penyiar, penyiar adalah radio. Mereka abgaiamplop dan perangko yang memang diciptakan untuk tidakdapat dipisahkan. Publik speaking radio berbeda dengan televisi.Berbicara di radio perlu lebih menjiwai dan memiliki empati yangsangat besar terhadap pengemar. Kita seperti sudah lama salingkenal, walaupun hanya kenal lewat udara, namun, rasanyaseperti akrab sekali. Anda harus dapat merasa sedang beradadekat sekali dengan pendengar, meski pada kenyataannya adajarak dan waktu yang memisahkan.
  • BAHASA RADIOo Berbicara di radio memerlukan keterampilan tinggiAksentuasi, intonasi, dan artikulasi dalam nada harus jelas.Selain itu adalah kemampuan menulis informasi yang akandibicarakan dengan bahasa tuturmenulisnya dalam kalimatnarasi, fokus pada sebuah masalah (straight to point), tidakbertele tele, ringkas, singkat, mudah dimengerti, membuatberbicara diradio menjadi lebih mengerti dan bermakna bagipara pendengar.MELATIH BICARA DI RADIO•Mulai menulis ulang, yaitu menuliskan semua hal yang ingindisampaikan dalam bahasa yang mudah dan simpel.•Sebelum siaran lakukan ad-libbing(tanpa tulisan), yaituberbicara tanpa harus membaca tulisan, melakuakn percakapantanpa melihat catatan/tulisan. Biarkan seperti mengalir.•Sebelum siaran, berkompromilah dan beradaptasi dengansemua materi pendukung siaran, seperti; ruang siaran, mixer,komputer, mikrofon, tempat duduk, bloking atau posisi dudukyang nyaman, crew, dan produser.
  • BERBICARA DI TELEVISIPublik speaking di televisi benar benar ketat dan banyak persyaratannya, antara lain:4.Persiapan fisik jika pendengar radio selalu berekpektasi pembicaranya sehat, pemirsa televisi justrulebih detail dan kritis karena pembicaranya dapat terlihat dengan jelas baik audio dan visualnya.Maka jika pembicaranya sakit akan langsung diketahui pemirsa. Oleh sebab itu pembicara televisiharus menjaga kesehatannya.2. Persiapan busana; busana tak kalah pentingnya dalam pencitraan selain persiapan fisik.3. Persiapan membaca rundown dan script; dengan memiliki peta maka anda akan selamat sampaiditujuan.4. Persiapan membaca istilah asing; jika ada istilah asing dalam script maka sebaiknya andamelafalkan bagaimana membacanya dan artinya apa.5. mata, suara, tubuh, adalah aset utama; berbeda dengan radio yang asetnya adalah pendekatanemosional suara, televisi pendekatannya komunikasi verbal dan non verbal pembicara semuanyamendapat perhatian pemirsa.6. Blocking tubuh dengan kamera televisi; bloking (penempatan lokasi shot) sangat diperlukan,karena setiap kamera memerlukan set-up teknis yang berbeda; berdasarkan posisi duduk, berdiri,tata rias wajah, tata cahaya lampu, dan suasana panggung.7. Berbicara dari hati dan tetap menghormati hak orang lain; tidak melakukan intimidasi dalammenjalankan fungsi kekritisanya dalam membawakan acara.
  • Tips publik speaking dalam berbicara di radio dan televisi1. Aktiflah meng up-date perkembangan terkini tentang media.3. Membaca istilah asing dan memperkaya perbendaharaan artinya.5. Memperkaya pengetahuan dasar etika dari berbagai rujukan dan referensi sangat dianjurkan.7. Membuka network/jaringan dengan media koran, radio, televisi sangat dianjurkan.