Tentang Jawa Timur (About East Java)

7,207 views

Published on

Bagi yg membutuhkan Informasi lumayan lengkap tentang Jawa Timur ^^

Published in: Education
0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
7,207
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
170
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Tentang Jawa Timur (About East Java)

  1. 1. Jawa Timur
  2. 2. A. Letak Geografis
  3. 3. B. Sejarah Jawa Timur
  4. 4. Setelah kemerdekaan Indonesia, Indonesia terbagi menjadi 8 provinsi dan Jawa Timur termasuk salah satu provinsi tersebut. Gubernur pertama Jawa Timur adalah R. Soerjo, yang juga dikenal sebagai pahlawan nasional.
  5. 5. C. Suku bangsa Mayoritas penduduk Jawa Timur adalah Suku Jawa, namun demikian, etnisitas di Jawa Timur lebih heterogen. Suku Jawa menyebar hampir di seluruh wilayah Jawa Timur daratan. Suku Madura mendiami di Pulau Madura dan daerah Tapal Kuda (Jawa Timur bagian timur), terutama di daerah pesisir utara dan selatan. Hampir di seluruh kota di Jawa Timur terdapat minoritas Suku Madura.
  6. 6. D. Bahasa Daerah Di daerah Mataraman, Bahasa Jawa yang dituturkan hampir sama dengan Bahasa Jawa Tengahan (Bahasa Jawa Solo-an). Di daerah pesisir utara bagian barat (Tuban dan Bojonegoro), dialek Bahasa Jawa yang dituturkan mirip dengan yang dituturkan di daerah Blora- Rembang di Jawa Tengah.
  7. 7. E. Agama Mayoritas suku Jawa umumnya menganut agama Islam, sebagian kecil lainnya menganut agama Kristen dan Katolik, dan ada pula yang menganut Hindu dan Buddha. Sebagian orang Jawa juga masih memegang teguh kepercayaan Kejawen. Agama Islam sangatlah kuat dalam memberi pengaruh pada Suku Madura. Suku Osing umumnya beragama Islam dan Hindu. Sedangkan mayoritas Suku Tengger menganut agama Hindu.
  8. 8. F. Kesenian Jawa Timur memiliki sejumlah kesenian khas, contohnya : merupakan seni panggung yang umumnya seluruh pemainnya adalah laki-laki. ludruk orkanda 1. (SD).mp4 merupakan seni pertunjukan yang menampilkan sekelompok orang, pemainnya memakai topeng besar dan memakainya menggunakan mulut. Reog Ponorogo (SD).mp4
  9. 9. 3. Besutan :
  10. 10. 5. Seni Tari : antara lain tari Ngremo, Tari Gambyo (merupakan suatu tarian yang disajikan untuk menyambut tamu atau mengawali suatu resepsi perkawinan. Ciri khas, selalu dibuka dengan gendhing Pangkur. Tariannya terlihat indah dan elok apabila si penari mampu menyelaraskan gerak dengan irama kendang dan gending.), Tari Srimpi, Tari Bondan (Tari Bondan merupakan bagian dari tari klasik yang merupakan tari gembira. Tarian ini mengungkapkan rasa kasih sayang seorang ibu kepada putranya yang baru lahir.), dan Kelana.Tari Ngremo (SD).mp4
  11. 11. G. Makanan Khas Makanan Khas Jawa Timur antara lain : 1. Rawon 1. Rujak Petis
  12. 12. 3. Lontong Balap 4. Nasi Krawu
  13. 13. 5. Getuk Pisang 6. Sate Kerang
  14. 14. 7. Wingko Babat 8. Brem

×