Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Kebudayaan dari indonesia bagian barat

Related Audiobooks

Free with a 30 day trial from Scribd

See all
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Kebudayaan dari indonesia bagian barat

  1. 1. KEBUDAYAAN DARI INDONESIA BAGIAN BARAT1. Kebudayaan Sumatera Barat :a. Rumah adat Sumatera BaratRumah Gadang merupakan Rumah adat yang berasal dari Sumatera Barat, berasal darisuku Minangkabau. Rumah adat ini biasanya didirikan diatas tanah milik keluarga indukdalam suku/kaum tersebut secara turun temurun.Bentuk Rumah Gadang ini empat persegi panjang dan terbagi atas dua bagian yaitu mukadan belakang, Rumah Gadang terbuat dari bahan kayu, dan kalu di lihat sekilas hampirmenyerupai rumah panggung. Salah satu kekhasan dari rumah adat ini dalam prosespembuatannya adalah tidak memakai paku besi tapi hanya menggunakan pasak yangterbuat dari bahan kayu.b. Seni Tari Sumatera BaratSeni tari tradisional yang berasal dari Sumatera Barat biasanya berasal dari adat budayasuku Minangkabau serta etnis Mentawai. Seni tari dari Minangkabau umumnya sangatdipengaruhi oleh agama Islam. Terdapat beberapa tarian daerah seperti Tari Pasambahan,Tari Piring, Tari Payung dan Tari Indang.2. Kebudayaan Sumatera Selatan :a. Tari TariTanggaiTari tanggai dibawakan untuk menyambut tamu-tamu resmi atau dalam acarapernikahan.Tari ini merupakan perpaduan antara gerak yang gemulai dengan busana khasdaerah. Tarian ini menggambarkan masyarakat Palembang yang ramah danmenghormati, menghargai serta menyayangi tamu yang berkunjung ke daerahnya. TariMejengBesukoSalah satu tarian khas untuk muda-mudi Sumatera Selatan.Tari ini melukiskan kesukariaan para remaja dalam suatu pertemuan. Merekabersenda gurau mengambil hati lawan jenisnya. Bahkan tidak jarang di antara merekaada yang jatuh hati dan menemukan jodohnya melalui pertemuan seperti ini.
  2. 2. b. kerajinan tangan SewetTajungSewet Tajung adalah salah satu kain khas daerah Sumatera Selatan. :Kain khas Sumatera Selatan yang bernama Sewet Tajung ini terdiri atas 2 macam,yaitu yang khusus dipakai oleh wanita, disebut Sewet Tajung Belongsong, sedangkankain sewet tajung yang dipakai kaum pria disebut Sewet Tajung Gebeng.c. Rumah Adat RumahTradisionalLimasRumah Limas merupakan prototipe rumah tradisional Palembang.Rumah tradisional ini selain ditandai dengan atapnya yang berbentuk limas, rumahtradisional ini memiliki lantai bertingkat tingkat yang disebut Bengkilas dan hanyadipergunakan untuk kepentingan keluarga seperti hajatan.3. Kebudayaan Jawa Barat :a. Pencak Silat,merupakan suatu seni beladiri yang berasal dari Indonesia. Dalam perkembangannya kiniistilah "pencak" lebih mengedepankan unsur seni dan penampilan keindahan gerakan,sedangkan "silat" adalah inti ajaran bela diri dalam pertarungan. Pencak silat terdiri dariempat aspek, seperti aspek bela diri, aspek seni budaya, aspek mental spritual, dan aspekolahraga. Ke empat aspek tersebut sangatlah penting dalam persilatan.b. Tari Jaipong,merupakan sebuah jenis tari pergaulan tradisional masyarakat Sunda, Jawa Barat. Dantarian ini cukup popular di Indonesia. Tari Jaipong bisa di pertunjukan oleh satu orangbahkan bisa lebih dari satu,dua orang. Tari jaipong di iringi oleh musik yaitu Degung.c. Kacapi Sulingmerupakan sejenis musik instrumental yang bergantung pada improvisasi dan populer diprovinsi Jawa Barat yang menggunakan dua alat music kecapi dan suling. Kecapi sulingmasih berhubungan dengan tembang Sunda.4. Kebudayaan Kalimantan Barata. Tarian Monong.Tarian penolak penyakit agar penderita mendapatkan kesembuhan. Dalam tarian ini, sipenari berlaku seperti dukun lengkap dengan jampi-jampinya.
  3. 3. b. Tari Jongganmerupkan tari pergaulan masyarakat Dayak Kanayatn di daerah Kubu Raya, Mempawah,Landak yang masih dapat ditemukan dan dinikmati secara visual, tarian ini meceritakansuka cita dan kebahagiaan dalam pergaulan muda mudi Dayak. Dalam tarian ini paratamu yang datang pada umumnya diajak untuk menari bersama.c. Tradisi Robo-RoboDiadakan pada Rabu terakhir bulan Sapar (Hijriah) yang menyimbolkan keberkahan.Menurut cerita, ritus ini merupakan peringatan atau napak tilas kedatangan Pangeran MasSurya Negara dari Kerajaan Matan (Martapura) ke Kerajaan Mempawah (Pontianak).Ritual tersebut dimulai ketika Raja, Ratu Mempawah, putra-putrinya serta punggawa danpengawal berangkat dari Desa Benteng, Mempawah, menggunakan perahu bidar, yakniperahu kerajaan dari Istana Amantubillah. Kapal tersebut akan berlayar menuju muaraSungai Mempawah yang terletak di Desa Kuala Mempawah dengan jarak tempuh sekitarsatu jam perjalanan. Di muara sungai akan dilakukan semacam upacara "penyambutan"ke laut seperti ketika Opu Daeng Menambon tiba di muara sungai tersebut untuk pertamakalinya.Robo-robo itu sendiri dimaksudkan sebagai suatu peringatan serangkaian kejadianpenting bermula Haulan pada hari Senin malam Selasa terakhir bulan Syafar gunamengenang hari wafatnya Opu Daeng Manambun. Bagi warga keturunan Bugis diKalbar, robo-robo biasanya diperingati dengan makan bersama keluarga di halamanrumah. Tidak hanya di rumah, makan bersama juga dilakukan siswa di berbagai sekolahbaik tingkat SD hingga SMU pada Rabu pagi.d. Wayang gantungsebuah kesenian yang hampir punah dari daerah Singkawang, Kalimantan Barat..Namanya hampir tidak pernah kedengaran lagi. Salah seorang kakek Chin Nen Sin diDesa Lirang, Singkawang Selatan masih menyimpan boneka wayang gantung asli dariCina.5. Kebuadayaan Jawa Timur :a. Seni TariTari Remong, sebuah tarian dari Surabaya yang melambangkan jiwa, kepahlawanan.Ditarikan pada waktu menyambut para tamu. Reog Ponorogo, merupakan tari daerahJawa Timur yang menunjukkan keperkasaan, kejantanan dan kegagahan.b. MusikMusik tradisional Jawa Timur hampir sama dengan musik gamelan Jawa Tengah sepertiMacam laras (tangga nada) yang digunakan yaitu gamelan berlaras pelog dan berlarasslendro. Nama-nama gamelan yang ada misalnya ; gamelan kodok ngorek, gamelanmunggang, gamelan sekaten, dan gamelan gede.
  4. 4. c. Rumah adatBentuk bangunan Jawa Timur bagian barat (seperti di Ngawi, Madiun, Magetan, danPonorogo) umumnya mirip dengan bentuk bangunan Jawa Tengahan (Surakarta).Bangunan khas Jawa Timur umumnya memiliki bentuk joglo , bentuk limasan (daragepak), bentuk srontongan (empyak setangkep).Masa kolonialisme Hindia-Belanda jugameninggalkan sejumlah bangunan kuno. Kota-kota di Jawa Timur banyak terdapatbangunan yang didirikan pada era kolonial, terutama di Surabaya dan Malang.d. Pakaian adatPakaian adat jawa timur ini disebut mantenan. pakaian ini sering digunakan saatperkawinan d masyarakat magetan jawa timure. Kerajinan tanganMacam-macam produk unggulan kerajinan anyaman bambu berupa : caping, topi, baki,kap lampu, tempat tissue, tempat buah, tempat koran serta macam-macam souvenir daribambu lainnya. Sentra industri ini terletak di Desa Ringinagung +- 1,5 arah barat dayakota Magetan.f. PerkawinanPenduduk Jawa Timur umumnya menganut perkawinan monogami. Sebelum dilakukanlamaran, pihak laki-laki melakukan acara nakoake (menanyakan apakah si gadis sudahmemiliki calon suami), setelah itu dilakukan peningsetan (lamaran). Upacara perkawinandidahului dengan acara temu atau kepanggih. Untuk mendoakan orang yang telahmeninggal, biasanya pihak keluarga melakukan kirim donga pada hari ke-1, ke-3, ke-7,ke-40, ke-100, 1 tahun, dan 3 tahun setelah kematian.g. Festival BandengFestival Bandeng selalu digelar setiap tahun. Namun, ada yang berbeda dalam perayaantahun ini. Kegiatan tersebut tidak dibarengi dengan acara lelang (menjual dengan hargatawar yang paling tinggi) bandeng kawak yang sudah menjadi tradisi masyarakatSidoarjo.Kurang biaya dan bencana lumpur Sidorjo menjadi penyebab lelang itu dihilangkan.Walaupun tidak ada lelang, kegiatan tersebut diharapkan bisa mendorong petani untuktetap membudidayakan ikan bandeng dengan bobot tak wajar alias raksasa.Pemkab Sidoarjo sangat memperhatikan pelestarian bandeng karena ikan itu adalah ikonutama Kabupaten Sidoarjo.h. Upacara KasodoUpacara Yadnya Kasada atau Kasodo ini merupakan ritual yang dilakukan setahun sekaliuntuk menghormati Gunung Brahma (Bromo) yang dianggap suci oleh penduduk sukuTengger.
  5. 5. Upacara ini bertempat di sebuah pura yang berada di bawah kaki Gunung Bromo utaradan dilanjutkan ke puncak gunung Bromo. Upacara ini diadakan pada tengah malamhingga dini hari setiap bulan purnama sekitar tanggal 14 atau 15 di bulan Kasodo(kesepuluh) menurut penanggalan Jawa.i. ParikanAda tiga jenis parikan di dalam ludruk pada saat bedayan (bagian awal permainanludruk). Ketiga jenis parikan tersebut adalah lamba (parikan panjang yang berisi pesan),kecrehan (parikan pendek yang kadang-kadang berfungsi menggojlok orang) dandangdutan (pantun yang bisa berisi kisah-kisah kocak).j. KetoprakKetoprak (bahasa Jawa kethoprak) adalah sejenis seni pentas yang berasal dari Jawa.Dalam sebuah pentasan ketoprak, sandiwara yang diselingi dengan lagu-lagu Jawa, yangdiiringi dengan gamelan disajikan.k. Reog PonorogoReog adalah salah satu kesenian budaya yang berasal dari Jawa Timur, khususnya kotaPonorogo. Tak hanya topeng kepala singa saja yang menjadi perangkat wajib kesenianini. Tapi juga sosok warok dan gemblak yang menjadi bagian dari kesenian Reog.l. Karapan SapiKarapan sapi adalah pacuan sapi khas dari Pulau Madura. Dengan menarik sebentukkereta, dua ekor sapi berlomba dengan diiringi oleh gamelan Madura yang disebutsaronen.Pada perlombaan ini, sepasang sapi yang menarik semacam kereta dari kayu (tempat jokiberdiri dan mengendalikan pasangan sapi tersebut) dipacu dalam lomba adu cepatmelawan pasangan-pasangan sapi lain.

×