Penyusunan proposal desa
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Penyusunan proposal desa

on

  • 2,061 views

Penyusunan Proposal Pamsimas Desa

Penyusunan Proposal Pamsimas Desa

Statistics

Views

Total Views
2,061
Views on SlideShare
2,061
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
20
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Penyusunan proposal desa Penyusunan proposal desa Presentation Transcript

  • PENYUSUNAN PROPOSAL PAMSIMAS DESA Oleh : Lely Armiastuti.ST Konsultan Pamsimas Kab.Rejang Lebong
  • PEMBENTUKAN TIM PENYUSUN PROPOSAL Pembentukan tim penyusun proposal dan kader AMPL difasilitasi oleh Kepala Desa/Lurah bertujuan untuk memilih dan menyepakati siapa saja anggota masyarakat untuk menjadi tim penyusun proposal Kriteria pemilihan dan jumlah anggota tim penyusun adalah berdasarkan kesepakatan dalam musyawarah desa/kelurahan. Peserta musyawarah terdiri dari anggota masyarakat, tokoh masyarakat/agama/adat, kepala sekolah dan guru SD/sederajat, dan para pelaku pembangunan berbasis masyarakat yang telah masuk di desa/kelurahan.
  • Proses Penyusunan Proposal Tim Penyusun Proposal melaksanakan penyusunan proposal sesuai format proposal desa/kelurahan dengan menggunakan data dan informasi dari proses IMAS. Hasil penyusunan proposal desa/kelurahan (bila diperlukan) dapat dibahas kembali dengan masyarakat melalui musyawarah desa untuk memperoleh koreksi dan kesepakatan. Musyawarah ini difasilitasi oleh Kepala Desa/Lurah.
  • Identifikasi Masalah dan Analisis Situasi (IMAS) IMAS dilakukan untuk memberikan gambaran kondisi riil dan terkini tentang kebutuhan dan sumber daya/potensi pembangunan air minum dan sanitasi di masyarakat.  IMAS dapat memanfaatkan dokumen perencanaan masyarakat atau dokumen perencanaan desa/kelurahan terkait isu air minum dan sanitasi, untuk direview apakah masih sesuai dengan kondisi kondisi riil dan terkini di masyarakat.
  • Lanjutan…. IMAS dilakukan setelah musyawarah desa pembentukan tim penyusun proposal dan kader AMPL.  Tim penyusun proposal bersama perwakilan masyarakat dari setiap dusun, laki dan perempuan, kaya, dan miskin melakukan IMAS dengan menggunakan instrument MPA (Methodology for Participatory Assessment) dengan difasilitasi Fasilitator Masyarakat.
  • Hasil IMAS data dasar desa terkait kondisi air minum dan sanitasi data kondisi perilaku sanitasi masyarakat Opsi kegiatan pembangunan SPAM yang akan diusulkan dalam proposal desa/kelurahan. Jenis kegiatan yang diusulkan merupakan kegiatan konstruksi yang dapat dilaksanakan oleh masyarakat dalam jangka waktu tidak lebih dari 5 bulan. Hasil IMAS digunakan sebagai dasar dalam penyusunan proposal
  • PENGAJUAN PROPOSAL DESA Diajukan oleh Kepala Desa/Lurah kepada Ketua Panitia Kemitraan Pokja AMPL Kabupaten/Kota.  Jadwal dan alamat pengajuan proposal adalah sesuai batas waktu penyampaian proposal sebagaimana disampaikan pada saat sosialisasi tingkat kabupaten/kota
  • Berkas proposal diajukan dalam amplop tertutup, yang terdiri dari: Surat pengajuan proposal yang telah ditandatangani Kepala Desa/Lurah Surat pernyataan dari tim penyusun proposal Formulir Proposal Program Pamsimas yang telah dilengkapi dan telah ditandatangani dua wakil tim penyusun proposal Peta rencana SPAM desa/kelurahan. RAB Kegiatan SPAM dan Sanitasi (perhitungan kasar)
  • PENERIMAAN & PEMBUKAAN PROPOSAL OLEH PAKEM (PANITIA KEMITRAAN)
  • Penerimaan Dan Pembukaan Proposal Desa/Kelurahan  Proposal desa/kelurahan hanya dapat dibuka oleh Pakem sesuai jadwal pembukaan proposal desa/kelurahan yang disepakati pada saat sosialisasi atau sesuai perubahan jadwal yang telah diumumkan. Proposal desa/kelurahan dibuka dengan kehadiran minimal 3 orang anggota Pakem dari unsur yang berbeda, misal perwakilan dari pemerintah daerah, kelompok masyarakat/praktisi/pakar, dan perwakilan BPSPAMS/Asosiasi BPSPAMS.
  • lanjutan…Penerimaan & Pembukaan Pakem mengelompokkan desa/kelurahan berdasarkan jenis usulan kegiatan dan menjumlahkan usulan biaya pembangunan dari seluruh proposal pada masing-masing kelompok jenis kegiatan, dengan merinci usulan biaya atas (1) rencana nilai kontribusi masyarakat dan (2) usulan nilai bantuan Pamsimas. Menyusun berita acara dengan lampiran daftar desa/kelurahan dan proposal biaya pembangunan masing-masing desa/kelurahan. Anggota Pakem yang menghadiri pembukaan proposal menandatangani berita acara dan melaporkannya kepada Ketua Pokja AMPL dengan tembusan kepada DPMU.
  • Lanjutan…. Berita Acara Pembukaan Proposal & Lampiran Daftar Desa/Kelurahan yang menyampaikan proposal sesuai Format PT-2.1-05 Juknis Pemilihan Desa 2013
  • TERIMAKASIH Editor .www.mataharidibukitkaba.blogspot.com