Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Strategi pembelajaran

GURU YANG AKAN MENGAJAR HARUS MENGENAL STRATEGI SEHINGGA TUJUAN DIHARAPKAN TERCAPAI

  • Login to see the comments

Strategi pembelajaran

  1. 1. STRATEGI PEMBELAJARAN PAI
  2. 2. STRATEGI digunakan untuk memperoleh kesuksesan atau keberhasilan dalam mencapai TUJUAN  Militer Cara penggunaan seluruh kekuatan militer untuk memenangkan suatu peperangan - Kekuatan pasukan (kuantitas & kualitas) - Informasi kekuatan lawan - Menyusun tindakan  siasat, taktik, teknik, waktu penyerangan, dsb.  Sepakbola Untuk memenangkan pertandingan - Potensi tim - Pola penyerangan - Pola pertahanan - Kekuatan lawan
  3. 3. Hasil belajar (kognitif, afektif, psikomotorik Bagaimana caranya ya? Strategi
  4. 4. GURU YANG AKAN MENGAJAR HARUS MENGENAL STRATEGI SEHINGGA TUJUAN DIHARAPKAN TERCAPAI
  5. 5. Konsep Pembelajaran • Iklim pembelajaran guru berpengaruh yang sangat besar terhadap keberhasilan dan kegairahan belajar (Wahab, 1986), • Kualitas dan keberhasilan pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kemampuan dan ketepatan guru dalam memilih dan menggunakan metode pembelajaran.
  6. 6. Istilah-istilah dalam Proses pembelajaran yang memiliki kemiripan makna • Pendekatan Pembelajaran • Strategi Pembelajaran • Metode Pembelajaran • Teknik Pembelajaran • Model-Model Pembelajaran
  7. 7. Pendekatan Pembelajaran • Dalam proses pembelajaran, Noeng Muhadjir (2000: 140) memberikan defenisi pendekatan sebagai cara untuk menganalisis, memperlakukan, dan mengevaluasi suatu objek. Misalnya, dalam pembelajaran peserta didik dilihat dari sudut interaksi sosialnya, maka ada pendekatan individual dan pendekatan kelompok. • Menurut Anthony (St Y Slamet, 2007: 50) pendekatan mengacu kepada seperangkat asumsi yang saling berkaitan dan berhubungan dengan pengajaran. Pendekatan merupakan dasar teoritis untuk suatu metode.
  8. 8. • Dalam proses pembelajaran, Noeng Muhadjir (2000: 140) memberikan defenisi pendekatan sebagai cara untuk menganalisis, memperlakukan, dan mengevaluasi suatu objek. Misalnya, dalam pembelajaran peserta didik dilihat dari sudut interaksi sosialnya, maka ada pendekatan individual dan pendekatan kelompok. • Menurut Anthony (St Y Slamet, 2007: 50) pendekatan mengacu kepada seperangkat asumsi yang saling berkaitan dan berhubungan dengan pengajaran. Pendekatan merupakan dasar teoritis untuk suatu metode.
  9. 9. Pembelajaran terdapat dua jenis pendekatan (1) pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach) (2) pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada guru (teacher centered approach).
  10. 10. Strategi Pembelajaran  Strategi Pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien (Kemp dlm Wina Senjaya, 2008).  J. R David, Wina Senjaya (2008) menyebutkan bahwa dalam strategi pembelajaran terkandung makna perencanaan. Artinya, bahwa strategi pada dasarnya masih bersifat konseptual tentang keputusan- keputusan yang akan diambil dalam suatu pelaksanaan pembelajaran.
  11. 11. Pengertian Strategi Strategi merupakan :  Rencana tindakan (rangkaian kegiatan) : penggunaan metode, pemanfaatan berbagai sumber daya/ kekuatan dalam pembelajaran  Untuk mencapai tujuan tertentu Sehingga perlu dirumuskan TUJUAN yang dapat diukur keberhasilannya, sebelum menentukan strategi. Pendidikan a plan, method, or series of activities designed to achieves a particular educational goal (J.R. David, 1976)
  12. 12. Strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efktif dan efisien Strategi pembelajaran adalah suatu set materi dan prosedur pembelajran yang digunakan secara bersama-sama untuk menimbulkan hasil belajar pada siswa
  13. 13. • Dari pendekatan pembelajaran yang telah ditetapkan selanjutnya diturunkan ke dalam strategi pembelajaran. Secara bahasa, strategi dapat diartikan sebagai siasat, kiat, trik atau cara, sedangkan secara umum strategi adalah suatu garis besar haluan dalam bertindak untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan (Pupuh Fathurrohman dan M. Sobry Sutikno, 2007: 3).
  14. 14. Dilihat dari strateginya, pembelajaran dapat dikelompokkan ke dalam dua bagian pula, yaitu: (1) exposition- discovery learning dan (2) group- individual learning (Rowntree dalam Wina Senjaya, 2008). Ditinjau dari cara penyajian dan cara pengolahannya, strategi pembelajaran dapat dibedakan antara strategi pembelajaran induktif dan strategi pembelajaran deduktif.
  15. 15. Strategi pembelajaran sifatnya masih konseptual dan untuk mengimplementasikannya digunakan berbagai metode pembelajaran tertentu. Dengan kata lain, strategi merupakan “aplan of operation achieving something” sedangkan metode adalah “a way in achieving something” (Wina Senjaya (2008).
  16. 16. Metode Pembelajaran • Metode adalah cara yang digunakan untuk mencapai tujuan secara efektif dan efesien (Suwardi, 2007: 61). • Metode pembelajaran berarti cara-cara yang dipakai oleh guru agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efesien. • Dalam kamus Besar Bahasa Indonesia, metode diartikan sebagai cara teratur yang digunakan untuk melaksanakan suatu pekerjaan agar tercapai sesuai dengan yang dikehendaki (2005: 740).
  17. 17. Metode merupakan langkah operasional dari strategi pembelajaran yang dipilih dalam mencapai tujuan belajar, sehingga dalam menggunakan suatu metode pembelajaran harus disesuaikan dengan jenis strategi yang digunakan.
  18. 18. Teknik Pembelajaran Dapat diartikan sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik Contoh : penggunaan metode ceramah pada kelas dengan jumlah siswa yang relatif banyak membutuhkan teknik tersendiri, yang tentunya secara teknis akan berbeda dengan penggunaan metode ceramah pada kelas yang jumlah siswanya terbatas
  19. 19. Taktik Pembelajaran Merupakan gaya seseorang dalam melaksanakan metode atau teknik pembelajaran tertentu yang sifatnya individual Contoh : terdapat dua orang sama-sama menggunakan metode ceramah, tetapi mungkin akan sangat berbeda dalam taktik yang digunakannya. Dalam penyajiannya, yang satu cenderung banyak diselingi dengan humor karena memang dia memiliki sense of humor yang tinggi, sementara yang satunya lagi kurang memiliki sense of humor, tetapi lebih banyak menggunakan alat bantu elektronik karena dia memang sangat menguasai bidang itu.
  20. 20. Apabila antara pendekatan, strategi, metode, teknik dan bahkan taktik pembelajaran sudah terangkai menjadi satu kesatuan yang utuh maka terbentuklah apa yang disebut denganmodel pembelajaran. Jadi, model pembelajaran pada dasarnya merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru. Dengan kata lain, model pembelajaran merupakan bungkus atau bingkai dari penerapan suatu pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran.
  21. 21. Untuk lebih jelasnya, posisi hierarkis dari masing-masing istilah tersebut:
  22. 22. RUJUKAN • Hamzah B Uno, Model Pembelajaran; Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif, Jakrarta: Bumi Aksara, 2009. • Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Ed.III; Jakarta: Balai Pustaka, 2005. • J.J Hasibuddin dan Moedjiono, Proses Belajar Mengajar, Cet. XIX; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2002. • Wina Senjaya. 2008. Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group. • Abin Syamsuddin Makmun, Psikologi Pendidikan, Bandung: Rosda Karya Remaja, 2003. • Pupuh Fathurrohman & M. Sobry Sutikno, Strategi Belajar Mengajar; Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami, Bandung: PT Refika Aditama, 2007. • Suwardi, Manajemen Pembelajaran; Menciptakan Guru Kreatif dan Berkompetensi, Surabaya: STAIN Salatiga Press, 2007. • Noeng Muhadjir, Ilmu Pendidikan dan Perubahan Sosial; Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif, Yogyakarta: Rake Sarasin, 2000. • Iskandarwassid dan Dadang Senendar, Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008. • St. Y. Slamet, Dasar-dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar, Surakarta: LPP UNS, 2007.
  23. 23. Tujuan/Komp. Materi Pendek. Strategi Metode Teknik Taktik Pendekt: Kerangka berfikir dalam menyel. masalah/melak. pembel. Strategi merup. kumpulan sejumlah metode dlm. mencap./melaks. pembel. Sedangkan metode merup. kumpul. sejumlah teknik, dan teknik adalah taktik atau cara kerja. (seni mengajar seorang guru).
  24. 24. Langkah Desain Pembelajaran Hubungannya Dengan Penetapan Strategi Pembelajaran (Degeng). Analisis Tuj. dan Karakteristik Isi Analisis Sumber belajar Pengukuran Hasil Pembel. Analisis Karak. Si Belajar. Penetapan Tuj. /Komp. dan Isi Penetapan Strategi Penyampaian Pengorgani- sasian Isi Penetapan Strategi Penetapan Strategi Pengelolaan
  25. 25. Sistem pembelajaran Input (siswa dan sumber daya yang ada) Proses pembelajaran Output (tercapainya tujuan pendidikan) Bergantung pada tujuan pendidikan Bermanfaat untuk merancang/merencanakan proses pembelajaran.
  26. 26. Definisi Desain Pembelajaran • Sebagai disiplin, desain pembelajaran membahas berbagai penelitian dan teori tentang strategi serta proses pengembangan pembelajaran dan pelaksanaannya. • Sebagai ilmu, desain pembelajaran merupakan ilmu untuk menciptakan spesifikasi pengembangan, pelaksanaan, penilaian, serta pengelolaan situasi yang memberikan fasilitas pelayanan pembelajaran dalam skala makro dan mikro untuk berbagai mata pelajaran pada berbagai tingkatan kompleksitas. • Sebagai sistem, desain pembelajaran merupakan pengembangan sistem pembelajaran dan sistem pelaksanaannya termasuk sarana serta prosedur untuk meningkatkan mutu belajar
  27. 27. Jadi .. • Desain pembelajaran adalah praktek penyusunan media teknologi komunikasi dan isi untuk membantu agar dapat terjadi transfer pengetahuan secara efektif antara guru dan peserta didik.
  28. 28. Komponen Utama Desain Pembelajaran • Tujuan Pembelajaran  penjabaran kompetensi yang akan dikuasai oleh pembelajar. • Pembelajar (pihak yang menjadi fokus) yang perlu diketahui meliputi, karakteristik mereka, kemampuan awal dan pra syarat. • Analisis Pembelajaran, merupakan proses menganalisis topik atau materi yang akan dipelajari • Strategi Pembelajaran dan Bahan Ajar • Penilaian Belajar  pengukuran kemampuan atau kompetensi yang sudah dikuasai atau belum.
  29. 29. Model-model Desain Pembelajaran 1. Model Dick and Carrey 2. Model Kemp 3. Model ASSURE 4. Model ADDIE 5. Model Hanafin and Peck

×