Pengenalan Kabupaten Bandung Barat

8,315 views
7,811 views

Published on

Kenali Daerah Anda Seperti Anda Mengenali Diri Anda.

Published in: Education
1 Comment
2 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
8,315
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
0
Comments
1
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Pengenalan Kabupaten Bandung Barat

  1. 1. Wilayah AdministratifBerdasarkan data, luas wilayah Kabupaten Bandung Baratyaitu 1.305,77 KM² dengan ibu kota di KecamatanNgamprah, terletak antara 60º 41’ s/d 70º 19’ lintangSelatan dan 107º 22’ s/d 108º 05’ Bujur Timur. Mempunyairata-rata ketinggian 110 M dan Maksimum 2.2429 M daripermukaan laut. Kemiringa wilayah yang bervariasi antara 0– 8%, 8 – 15% hingga diatas 45%, dengan batas wilayahsebagai berikut :Sebelah barat : berbatasan dengan kabupaten CianjurSebelah utara : berbatasan dengan Kabupaten Purwakartadan Kabupaten Subang.Selebah timur : berbatasan dengan Kabupaten bandung danKota Cimahi.Sebelah selatan : berbatasan dengan Selatan KabupatenBadung dan Kabupaten Cianjur.
  2. 2. Cakupan wilayah Kabupaten Bandung Barat, meliputi15 (lima belas) kecamatan yang terdiri dari :Padalarang, Cikalongwetan, Cililin, Parongpong,Cipatat, Cisarua, Batujajar, Ngamprah, Gununghalu,Cipongkor, Cipeundeuy, Lembang, Sindangkerta,Cihampelas dan Rongga.Penggunaan lahan EksistingDilihat dari sisi penggunaan lahan di wilayahKabupaten Bandung Barat, penggunaan lahan untukbudidaya pertanian merupakan penggunaan lahanterbesar yaitu 66.500,294 HA, sedangkan yangtermasuk kawasan lindung seluas 50.150,928 HA,budidaya non peratanian seluas 12.159,151 HA danlainnya seluas 1.768,654 HA.
  3. 3.  Wacana pemekaran Kabupaten Bandung menjadi 2 kabupaten telah muncul sejak tahun l999 Surat permohonan Bupati bernomor :135/1235/Tapem tanggal 22 juni 1999 perihal permohonan persetujuan pemekaran wilayah Kabupaten Dati II Bandung surat keputusan DPRD Dati II Bandung no.5/1999/12/07 tentang persetujuan awal DPRDterhadap pemekaran wilayah Kabupaten Dati II Bandung Undang-Undang Republik Indonesia No12.tahun 2007 Tentang Pembentukan Kabupaten Bandung Barat Menjadi Daerah Otonom di Provinsi Jawa Barat
  4. 4. “BANDUNG BARAT CERMAT” Bersama membangun masyarakat yang cerdas, rasional, maju, agamins, dan sehat. Berbasis pada pengembangan kawasan agroindustri dan wisata ramah lingkungan.Misi menggambarkan bagaimana visi yang akan dicapai dan memberikan kerangka bagi penyusunan dan sasaran yang ingin dicapai, maka untuk mewujudkan visi tersebut diatas, dirumuskan 5 ( lima ) misi, antara lain : 1.Meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan yang amanah, profesional, efektif, efisien, dan ekonomis yang berbasis pada sistem penganggaran yang pro publik. 2.Meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berakhlak, cerdas sehat dan berdaya saing. 3.Memberdayakan perekonomian daerah berbasis ekonomi kerakyatan yang berorientasi pada pengembangan sektor agrobisnis dan agro wisata dalam upaya pengentasan kemiskinan. 4.Mewujudkan pembangunan berkelanjutan berwawasan lingkungan Meningkatkan kualitas derajat kehidupan masyarakat yang berkeadilan. 5.Modernisasi desa melalui peningkatan kapasitas pemerintahan desa dan pemberdayaan masyarakat desa.
  5. 5. Potensi Industri Pengolahan 1.PENGEMBANGAN KAWASAN INDUSTRI TERPADU BATUJAJAR DAN CIPEUNDEUY 2.PEMBANGUNAN IPAL TERPADU DI KAWASAN INDUSTRI BATUJAJAR 3.PENGOLAHAN SAMPAH (INDUSTRI DAUR ULANG) DI TPA SARIMUKTI KECAMATAN CIPATAT4.PENGEMBANGAN INDUSTRI PENGOLAHAN BIO ETANOL SINGKONG DI KECAMATAN SINDANG KERTA
  6. 6. Potensi Perdagangan Dan Jasa1. PENATAAN PASAR DAN TERMINAL PADALARANG, LEMBANG DAN BATUJAJAR PEMBANGUNAN PASAR INDUK DAN TERMINAL INDUK DI KEC.CIPEUNDEUY2. PENGEMBANGAN RUAS JALAN TOL PADALARANG- SUKABUMI-BOGOR,PADALARANG 3. PENATAAN FUNGSI STASIUN KERETA API PADALARANG DAN RENDE 4. PEMBANGUNAN JALAN INTERCHANGE CIPEUNDEUY,CIKALONG WETAN MENUJU KAWASAN WISATA DAN PUSAT PERTUMBUHAN EKONOMI 5. PEMBANGUNAN FLY OVER CIMAREME-CIBURUY
  7. 7. Potensi Perkebunan, Pertanian, Peternakan, Pariwisata1.PENGEMBANGAN POTENSI PERKEBUNAN TEH, KELAPA, KARET DAN KOPI DI KECAMATAN CIPATAT, CIPEUNDEUY DAN CIKALONG WETAN 2.PENGEMBANGAN BUDIDAYA PERTANIAN HOLTIKUTULTURA YAITU SAYURAN, BUAH- BUAHAN, BUNGA HIAS DAN BUNGA POTONG DI KECAMATAN LEMBANG, PARONGPONG, NGAMPRAH DAN CISARUA3.PENGEMBANGAN BUDIDAYA PETERNAKAN SAPI PERAH DI KECAMATAN LEMBANG, CISARUA, PAROMPONG DAN PENGEMBANGAN SAPI POTONG DI KECAMATAN CIKALONG WETAN 4.PENGEMBANGAN BUDIDAYA PERIKANAN JALA TERAPUNG DI WADUK SAGULING DAN CIRATA
  8. 8. Potensi Pertambangan dan Energi 1. PEMBANGKIT LISTRIK PANAS BUMI TANGKUBAN PARAHU 2. PENGOLAHAN AIR BERSIH SAGULING UNTUK KEBUTUHAN RUMAH TANGGA DAN INDUSTRI3. PLTA CISOKAN DENGAN KAPASITAS 1.040 MW
  9. 9.  Wisata Kuliner Wisata Alam :  Perkemahan  Kolam Renang  Situ dan Bendungan  Taman dan Perkebunan  Goa dan Situs Purbakala  Pemandian Air Panas  Air Terjun
  10. 10. Tahu Tauhid Tahu Tauhid ini memang beda rasanya dengan tahu pada umumnya. Dari rasa asinnya, kelembutan tekstur dan juga kekenyalannya membuat tahu ini menjadi buruan dari para pelancong yang datang ke kota Bandung. Tahu ini dijual dalam bentuk yang sudah matang maupun yang masih mentah.
  11. 11. Bumi perkemahan Cikole merupakan lokasi wisata yangberdekatan dengan Gunung Tangkuban Perahu yang merupakansalah satu destinasi andalan dari Jawa Barat, terletak sekitar 30km dari Kota Bandung, tepatnya di Desa Cikole, KecamatanLembang, Kabupaten Bandung Barat, Bumi Perkemahan Cikolememiliki luas lahan sekitar 4,88 ha dan berada pada ketinggian3000 m diatas permukaan laut, dengan kondisi lahan seperti itumaka Bumi Perkemahan Cikole tentu memiliki iklim dan udarayang sejuk.
  12. 12. KEBUN BUNGA CIHIDEUNG Terletak di kecamatan Parongpong, dilokasi ini tersedia aneka jenis bunga tanaman hias, bibit buah buahan dan argo wisata.
  13. 13. Goa Pawon adalah sebuah tempat yang penting bagiorang Sunda karena di sana pernah ditemukankerangka manusia purba yang konon adalah nenekmoyang orang Sunda (masih diteliti di balai ArkeologBandung). Goa ini sebenarnya adalah sebuah situspurbakala yang terletak di Desa Gunung Masigit,Kecamatan Cipatat, Padalarang, Kabupaten BandungBarat, atau sekitar 25 km arah barat Kota Bandung.
  14. 14. Obyek Wisata Air Panas Ciater, bagi masyarakatIndonesia, apa lagi Jawa Barat dan Wilayah laindi Nusantara ini, sudah mengenalnya. Karenaobyek wisata ini, selain dijadikan sebagaisarana rekreasi keluarga, obyek wisata airpanas Ciater ini juga dapat dimanfaatkan untukkesehatan.
  15. 15. Situ Ciburuy terletak di jalan raya Bandung-Jakarta, tepatnya didesa Ciburuy kecamatan Padalarang. Situ Ciburuy memiliki luaskurang lebih 25 ha dengan pulau yang rindang di tengahnya.Untuk mencapai pulau tersebut, pengunjung dapat menyewaperahu yang berwarna-warni dengan harga Rp. 15.000,- . SituCiburuy baru saja selesai ditata lebih rapi, antara lain denganmemperbaiki jalan masuk ke tepi danau, dan melengkapi dengankedai-kedai makanan dan minuman, buah-buahan, cenderamata,pentas kesenian, rumah makan dan fasilitas untuk berperahu.
  16. 16. KAWAH GUNUNG TANGKUBAN PARAHU Panorama alam yang berada d daerahi Lembang, kurang lebih 30 km sebelah utara kota Bandung, menyajikan pesona alam yang begitu mengagumkan.
  17. 17. Curug Malela yang terletak di KampungManglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga,Kabupaten Bandung Barat dan berbatasandengan Kabupaten Cianjur di barat lautBandung.
  18. 18. CURUG CIMAHI Curug atau juga Air Terjun Cimahi ini, memiliki ketinggian sekitar 75 m, merupakan salah satu curug yang tertinggi di wilayah Bandung. Air yang jatuh dari ketinggian ini akan terlihat seperti butiran mutiara saat jatuh kebawah.
  19. 19. CURUG CIOMAS, MARIBAYA Rekreasi dengan pemandangan indah dan berudara sejuk ini, selain memiliki sumber air panas mengandung mineral, juga terdapat air terjun Ciomas setinggi 25 meter.
  20. 20. UNTUK LEBIH JELAS TENTANG KABUPATEN BANDUNG BARAT SILAHKAN MENGUNJUNGI:www.bandungbaratkab.go.id

×