Kabupaten bandung

5,679 views

Published on

0 Comments
3 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
5,679
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
114
Comments
0
Likes
3
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Kabupaten bandung

  1. 1. KABUPATEN BANDUNG Disusun Oleh : Royan Firdaus - 101611090
  2. 2. Profil DaerahNama Lokasi Daerah : Kabupaten BandungProvinsi : Jawa baratIbu kota : SoreangHari Lahir : 20 April 1641Jumlah Penduduk : 3.174.499 jiwa (Sensus Tahun 2010)Jumlah Kecamatan : 31Jumlah Desa/Kelurahan :277Luas wilayah : 176.239 Km2Batas Wilayah :Utara : Kota Bandung,Kota Cimahi, dan Kabupaten SumedangSelatan : Kabupaten Garut dan Kabupaten CianjurBarat : Kabupaten Bandung BaratTimur : Kabupaten Garut
  3. 3. Visi dan MisiVISI KABUPATEN BANDUNG :"Terwujudnya Kabupaten Bandung yang Maju, Mandiri dan Berdaya Saing, melalui Tata KelolaPemerintahan yang Baik dan Pemantapan Pembangunan Perdesaan, BerlandaskanReligius, Kultural dan Berwawasan Lingkungan"MISI KABUPATEN BANDUNG : Untuk mewujudkan Visi di atas, maka harus ditetapkan jugaMisi yang harus mendapatkan perhatian seksama dimana tugas yang diemban olehPemerintah Kabupaten Bandung adalah:1. Meningkatkan profesionalisme birokrasi;2. Meningkatkan kualitas SDM (pendidikan dan kesehatan) yang berlandaskan Iman dantakwa serta melestarikan budaya sunda;3. Memantapkan pembangunan perdesaan;4. Meningkatkan keamanan dan ketertiban wilayah;5. Meningkatkan ketersediaan infrastruktur dan keterpaduan tata ruang wilayah;6. Meningkatkan ekonomi kerakyatan yang berdaya saing;7. Memulihkan keseimbangan lingkungan dan menerapkan pembangunan berkelanjutan.
  4. 4. Lambang Daerah
  5. 5. Arti LambangLambang berbentuk perisai terbagi atas empat bagian, yaitu :I. Bagian kanan atas berlatar kuning emasDengan gambar gunung (Gb. Tangkuban Perahu) berwarna hijau, melambangkanbahwa Kabupaten Bandung termasyhur karena tanahnya yang subur di daerahbergunung-gunung, dan sebagai ciri memiliki gunung Tangkuban Perahu yang sangatterkenal dengan legenda Sangkuriang.II. Bagian melintang bergerigi Merupakan bentuk bendungan kokoh kuat berwrnahitam. Melambangkan masyarakat Kabupaten Bandung memiliki pendirian yangkokoh dan kuat, baik secara fisik dalam membendung hawa nafsu.
  6. 6. Arti LambangIII. Pohon kina berwarna hijau dan berlatar belakang merahMelambangkan di Kabupaten Bandung kaya akan air, baik air maupun air danau. KabupatenBandung di lintasi oleh sungai Citarum, sungai Cikapundung, dab sungai-sungai kecil lainnya.Kabupaten Bandung danau/situ Patengang, Situ Cileunca, Situ Lembang, Situ Ciburuy, dan danau-danau lainnya.IV. Dibawah perisai tertulis dalam pita kuning : REPEH RAPIH KERTARAHARJAArtinya :REPEH : Suasana kehidupan yang aman dan tentram.RAPIH : Suasana kehidupan yang rukun dan tertib dalam lingkungan yang bersih, sehat dan asri.KERTARAHARJA : Tatanan kehidupan yang sejahtera lahir dan batin secara seimbang, serasi adil dan merata.(Sumber : Perda No. 11 Tahun 1956)
  7. 7. Peta Tempat
  8. 8. Batas WilayahBatas Wilayah :Utara : Kota Bandung,Kota Cimahi, dan KabupatenSumedangSelatan : Kabupaten Garut dan Kabupaten CianjurBarat : Kabupaten Bandung BaratTimur : Kabupaten Garut
  9. 9. TopografiSebagian besar wilayah Kabupaten Bandung adalah pegunungan. Di antarapuncak-puncaknya adalah: Sebelah utara terdapat Gunung Bukittunggul(2.200 m), Gunung Tangkubanperahu (2.076 m) di perbatasan denganKabupaten Purwakarta. (kedua-duanya kini termasuk dalam wilayahKabupaten Bandung Barat). Sedangkan di selatan terdapat Gunung Patuha(2.334 m), Gunung Malabar (2.321 m), serta Gunung Papandayan (2.262m) dan Gunung Guntur (2.249 m), kedua-duanya di perbatasan denganKabupaten Garut.
  10. 10. Sejarah SingkatKabupaten Bandung lahir melalui Piagam Sultan AgungMataram, yaitu pada tanggal 9 bulan Muharram tahun Alifatau sama dengan hari sabtu tanggal 20 April 1641 Masehi.Bupati pertamanya adalah Tumenggung Wiraangunangun(1641-1681 M). dari bukti sejarah tersebut ditetapkan bahwa20 April sebagai Hari Jadi Kabupaten Bandung. Jabatan bupatikemudian digantikan oleh Tumenggung Nyili salah seorangputranya.
  11. 11. Hasil Keajinan KhasHasil Kerajinan Dari Kabupaten Bandung yang khas adalahKerajinan Pembuatan Wayang GolekKarena wayang golek juga terkenal sebagaiProduk Tradisional.Yang bertempat di :GIRIHARJA RT 01/01KELURAHAN JELEKONGKEC. BALEENDAH
  12. 12. Potensi Lahan Kabupaten BandungPotensi LahanLahan merupakan sumberdaya alam yang paling pentingdalam usaha budidaya pertanian. Potensi Lahan di KabupatenBandung, terdiri dari Lahan Sawah seluas 36.212 hektar atau20,55% dari luas wilayah Kabupaten Bandung (176,239Ha), Lahan Kering seluas 140.027 hektar (79,45 %), terdiridari lahan kering pertanian seluas 74.778 Ha (42,43 %) danlahan kering bukan pertanian 65.249 Ha (37,02 %)
  13. 13. Dari Lahan PersawahanLahan Sawah : 36.212 HaTerdiri dari :
  14. 14. Dari Lahan KeringLahan Kering(Darat) : 140.027 HaTerdiri dari :
  15. 15. Potensi Desa Wisata•Desa Alam Endah Kecamatan Rancabali•Desa Ciburial Kecamatan Cimenyan•Desa Rawabogo Kecamatan Ciwidey•Desa Lamajang Kecamatan Pangalengan•Desa Jelekong Kecamatan Baleendah•Desa Mekarsari Kecamatan Pasirjambu•Desa Cibolerang Cinunuk Kecamatan Cileunyi•Desa Lakasana Kecamatan Ibun
  16. 16. Potensi Pariwisata
  17. 17. Air Terjun SindulangTerletak di Desa Tanjungwangi Kecamatan Cicalengka Kab. Bandung. Jaraktempuh 8 km dari jalan raya Cicalengka ke arah utara. Ketinggian air terjun 50 mdengan kondisi alam berbukit dan hutan pinus. Curug Sindulang merupakanwana wisata harian, dengan menawarkan melihat pesona alam kota Bandungdari ketinggian.
  18. 18. Kawah PutihDi temukan oleh seorang Jerman, Dr. Franz Wilhelm Junghun pada tahun 1837, yang juga seorangpengusaha perkebunan Belanda. Kondisi lembah Gunung Patuha pada waktu itu masih berupahutan lebat, dipenuhi pohon-pohon kayu jenis lokal, seperti rasamala, saninten, huru, samida, danlain sebagainya. Meski sudah ditemukan pada 1837, tapi kawasan ini baru menjadi objek wisatapada 1987 setelah dikembangkan oleh PT Perhutani (Persero) Unit III Jabar dan Banten.Terletak di wilayah selatan dengan jarak tempuh dari kota Bandung 46 KM menuju arah CiwideyKab. Bandung
  19. 19. Ranca UpasObyek wana wisata Bumi Perkemahan Ranca Upas memiliki area seluas 215 ha memiliki kekayaanalam perbukitan serta hutan alam yang sangat luas. Di atas ketinggian sekitar 1.700 dpl, hawa yangsangat sejuk di kisaran 18-23C menambah suasana alam di kawasan ini semakin memikat.Hutan alam di kawasan ini ditumbuhi beberapa jenis pepohonan sepertiPuspa, Jamuju, Huru, Kitambang, Kihujan, Hamirung, Kurai dan Pasang. Sementara fauna yang dapatditemukan antara lain burung tekukur, gagak, elang serta surili, monyet dan macan.Pengunjung akan dimanjakan oleh adanya obyek Penangkaran rusa Ranca Upas seluas 4-5 ha yangberada di dalam kawasan ini. Kawanan rusa tipe jinak yang pada awalnya didatangkan dari KebunBinatang Ragunan Jakarta menjadikan daya pikat tersendiri obyek wana wisata Bumi PerkemahanRanca Upas ini.
  20. 20. Cimanggu Hot Spring WaterKolam pemandian air panas Cimanggu berada pada ketinggian kurang lebih 1.100m dpl yang di sekitarnya terdapat hamparan perkebunan teh yang luas. Dikawasan obyek wisata ini para pengunjung dapat berjalan-jalan santai sambilmenikmati kesejukan udara dan keindahan alam di sekitar obyek wisata yangmempunyai dataran landai serta kawasan yang sedikit bergelombang.
  21. 21. WaliniBandung selatan selain terkenal dengan perkebunan teh-nya juga terdapat pemandianair panas, Seperti halnya Cimanggu, Walini yang terletak sekitar 46 km dari arahBandung menawarkan pula pemandian air panas dengan memanfaatkan melimpahnyasumber air panas alam dengan fasilitas 3 kolam yang terdiri dari1 kolam renang untukdewasa 2 kolam renang untuk anak-anak, Bungalow, Restaurant, ATV Adventure, FlyingFox, Mushola dan tempat parkir yang luas.
  22. 22. Situ PatenganSitu Patengan memiliki total luas cagar alamnya sekitar 123.077,15 hektar dengan luasdanaunya sendiri 45 ribu hektar. Danau ini punya kedalaman 3 sampai dengan 4 m. Dengan luasdan kedalaman seperti ini, danau ini menjadi habitat yang tepat untuk berbagai jenis ikanseperti nila, tawes, dan gurami.Danau ini terbuka terus selama 24 jam, namun untuk fasilitas rekreasinya hanya ada sejak pukul06.00 sampai dengan pukul 18.00. Situ Patengan terletak di Kecamatan Ranca Bali, Objek wisataini masuk dalam wilayah Kabupaten Bandung, tepatnya daerah Bandung bagian selatan yangberjarak kurang lebih sekitar 40 km dari Kota Bandung.
  23. 23. Kawah CibuniKawah Cibuni yang terletak di kaki Gunung Patuha temasuk di dalam kawasanPerkebunan Rancabali, afdeeling Rancabali II. Daerah ini juga disebut Cibuni karenaberada di dalam kawasan Perkebunan Teh Cibuni, Ciwidey. Jaraknya dari Bandungsekitar 50 kilometer dan terletak tidak jauh dari kompleks Cagar Alam TalagaPatengan.
  24. 24. Arung Jeram Sungai CisangkuiARUNG JERAM Sungai Cisangkuy terletak di Desa Lamjang Kec. Pangalengan.Alur sungai Cisangkuy sangat baik untuk berarung jeram, karena kondisi sungainya yanglebar, arus airnya deras, juga alur lintasan untung bearung sangat jauh kuarng lebih sekitar 5 km.dengan waktu tempuh 1 (satu) jamAkomodasi :Penginapan Villa, Akses Jalan baik.
  25. 25. Cibolang Hot Spring WaterSumber air yang ada berupa mata air yang ada berupa air panas saat ini dimanfaatkan dengan caramembuat penampungan untuk keperluan minum dan MCK. Potensi visual lansekap menuju lokasicukup menarik dengan pemandangan alam berupa perkebunan teh dan pegunungan, sedangkangejala alam/potensi visual lansekap di dalam kawasan yang mempunyai karakteristik khas adalahair panas dan kawah.Wana wisata ini digunakan untuk wisata harian. Kegiatan wisata harian yang dapat dilakukanadalah piknik, mandi air panas dan berenang.
  26. 26. Situ CileuncaSitu Cileunca merupakan obyek wisata alam dan danau buatan dengan luas 181 Ha serta beradapada ketinggian 1550 M dpl.Di obyek wisata ini selain menawarkan pesona alam pegunungan yang sejuk terdapat juga wanawisata lainnya seperti Flying Fox, Wisata Olahraga Arung Jeram, Jet ski dan Ground Camping area disekitar danau. Untuk menambah lengkap wisata para wisatawan dapat berwisata belanja di pabriksusu KPBS Pangalengan dengan membeli berbagai macam makanan hasil olahan dengan bahandasar susu sapi .
  27. 27. TERIMAKASIHKUNJUNGILAH KABUPATEN BANDUNG
  28. 28. Referensihttp://www.bandungkab.go.id/arsip/2345/gambaran-umum-sumber-daya-alamhttp://www.bandungkab.go.id/page/content/type/module/id/248/title/g-desa-wisatahttp://www.bandungkab.go.id/page/content/type/module/id/14/title/f-potensi-pariwisatahttp://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Bandunghttp://www.bandungkab.go.id/arsip/2275/cimanggu-hot-spring-waterhttp://www.bandungkab.go.id/arsip/2277/kawah-putihhttp://www.bandungkab.go.id/arsip/2278/air-terjun-sindulanghttp://www.bandungkab.go.id/arsip/2273/walinihttp://www.bandungkab.go.id/arsip/2270/situ-patenganhttp://www.bandungkab.go.id/arsip/2271/kawah-cibunihttp://www.bandungkab.go.id/arsip/2269/arung-jeram-sungai-cisangkuyhttp://www.bandungkab.go.id/arsip/2267/cibolang-hot-spring-waterhttp://www.bandungkab.go.id/arsip/2265/situ-cileuncahttp://www.bandungkab.go.id/page/content/type/module/id/2/title/lambang-dan-artihttp://www.bandungkab.go.id/page/content/type/module/id/3/title/visi-misi

×