Kebudayaan dalam islam

28,196 views
27,843 views

Published on

Kebudayaan adalah gabungan antara tenaga batin dan tenaga lahir manusia. Yang dimaksud ialah bahwa suatu pemikiran manusia yang dilaksanakan dalam bentuk perbuatan adalah merupakan kebudayaan

Published in: Education
0 Comments
6 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
28,196
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
4
Actions
Shares
0
Downloads
572
Comments
0
Likes
6
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Kebudayaan dalam islam

  1. 1. KEBUDAYAAN DALAM ISLAM By : kel. 3 Kebudayaan dalam Islam (PAI)
  2. 2. PENGERTIAN Di dalam Kamus Bahasa Indonesia, disebutkan bahwa: “budaya“ adalah pikiran, akal budi, adat istiadat. Sedang “kebudayaan” adalah hasil kegiatan dan penciptaan batin (akal budi) manusia, seperti kepercayaan, kesenian dan adat istiadat. Secara umum arti kebudayaan ialah suatu hasil daya pemikiran dan tenaga lahir manusia. Kebudayaan adalah gabungan antara tenaga batin dan tenaga lahir manusia. Yang dimaksud ialah bahwa suatu pemikiran manusia yang dilaksanakan dalam bentuk perbuatan adalah merupakan kebudayaan. Kebudayaan dalam Islam (PAI)
  3. 3. KEBUDAYAAN DALAM ISLAMDari pengertian sebelumnya, dapat disimpulkanbahwa pemikiran suatu bangsa yang diwujudkandengan tindakan bisa disebut dengan kebudayaanbangsa tersebut. Jadi sebuah pemikiran orang Islamyang direalisasikan dalam bentuk tindakan adalahmerupakan kebudayaan Islam, dengan syaratpemikiran tersebut harus berdasarkan perintah Allahatau ajaran-ajaran dalam Islam itu sendiri. Kebudayaan dalam Islam (PAI)
  4. 4. KEBUDAYAAN DALAM ISLAM Jika demikian, maka dalam Islam agama samawitidak bisa dikatakan sebagai kebudayaan. Karenaagama-agama tersebut adalah wahyu dari Allahkepada para nabi untuk dijadikan pedoman bagiseluruh umat manusia agar selamat dunia dan akhirat. Berbeda dengan agama agama-agama yangsekarang sudah banyak mengalami perubahan yangdihasilkan pemikiran manusia sendiri, maka agama-agama tersebut merupakan kebudayaan. Kebudayaan dalam Islam (PAI)
  5. 5. CONTOH KEBUDAYAAN DALAM ISLAM Dalam bidang ibadah : Artinya : Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku’. (Q.S Al- Baqarah:43) Dalam bidang perniagaan : Artinya : Hendaklah kamu berniaga karena sembilan persen daripada rezeki itu adalah di dalam perniagaan (H.R. Ahmad) Kebudayaan dalam Islam (PAI)
  6. 6. CONTOH KEBUDAYAAN DALAM ISLAM Dalam bidang pertanian : Artinya : Tidaklah percuma seorang Islam atau menenam tanaman, lalu dimakan daripadanya oleh burung dan manusia atau binatang, bahkan mendapat pahala sedekah (Riwayat Bukhari dan Muslim) Perintah-perintah di atas tersebut bukan termasuk kebudayaan karena ia adalah wahyu dari Allah SWT. Tetapi apabila kita hendak melaksanakan perintah di atas, semisal: "dirikanlah sembahyang" maka pasti timbullah pemikiran kita, bagaimana hendak bersembahyang, dimana tempat untuk melaksanakannya dan lain-lain. Dan dari pemikiran tersebut terwujudlah usaha atau tindakan yang akhirnya menghasilkan sebuah kebudayaan. Kebudayaan dalam Islam (PAI)
  7. 7. Seperti yang kita ketahui bahwa suatu kebudayaanbisa menghasilkan kemajuan. Maka, jika ajaran/perintahagama Islam yang ini diamalkan sungguh-sungguh, umatIslam akan mencapai suatu kemajuan. Dan kemajuan yangdihasilkan itu, akan mengakibatkan semakin banyaknyakebudayaan Islam. Singkatnya, semakin banyak umat Islam mengamalkanhukum Islam, semakin banyak kemajuan dihasilkan dansemakin banyak pula kebudayaan atau tamadun Islamyang lahir. Kebudayaan dalam Islam (PAI)
  8. 8. WUJUD KEBUDAYAAN DALAM ISLAM Wujud Ideal (gagasan) adalah kebudayaan yang berbentuk kumpulan ide- ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, peraturan yang sifatnya abstrak. Wujud Aktivitas adalah wujud kebudayaan sebagai suatu tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat. Wujud Artefak (benda) adalah wujud kebudayaan fisik yang berupa hasil dari aktivitas, perbuatan, dan karya semua manusia dalam masyarakat berupa benda-benda atau hal-hal yang dapat diraba, dilihat, dan didokumentasikan. Kebudayaan dalam Islam (PAI)
  9. 9. AKULTURASI KEBUDAYAAN Akulturasi kebudayaan adalah proses bercampurnya dua atau lebih kebudayaan karena percampuran bangsa-bangsa dan saling mempengaruhi. Salah satu contoh akulturasi antara kebudayaan Islam dengan kebudayaan Indonesia bisa kita lihat dari bentuk atap masjid yang bersusun ganjil, semakin ke atas semakin kecil dari tingkatan paling atas berbentuk limas. Kebudayaan dalam Islam (PAI)
  10. 10. KONSEP KEBUDAYAAN ISLAMKebudayaan yang telah terseleksi oleh nilai-nilaikemanusiaan yang universal berkembang menjadiperadaban. Dalam perkembangannya perludibimbing oleh wahyu dan aturan-aturan yangmengikat agar tidak terperangkap pada ambisi yangbersumber dari nafsu hewani sehingga akanmerugikan. Dan di sinilah agama Islam berfungsiuntuk membimbing manusia dalam mengembangkanakal budinya sehingga menghasilkan kebudayaanyang beradab atau berperadaban Islam Kebudayaan dalam Islam (PAI)
  11. 11. PRINSIP-PRINSIP KEBUDAYAAN ISLAM Kebudayaan yang tidak bertentangan dengan Islam. Contoh: jumlah mahar dalam pernikahan Kebudayaan yang sebagian unsurnya bertentangan dengan Islam. Contoh: tradisi jahiliyah, seperti thowaf di Ka’bah dengan telanjang Kebudayaan yang bertentangan dengan Islam. Contoh: budaya “ ngaben“ di Bali Kebudayaan dalam Islam (PAI)
  12. 12. SEJARAH INTELEKTUAL ISLAM Catatan A.I. Sabra dapat kita jadikan salah satu pegangan untuk melihat kontribusi peradaban Islam dalam sains. Dalam pengamatannya, peradaban Islam memang mengimpor tradisi intelektual dari peradaban Yunani Klasik. Tetapi proses ini tidak dilakukan begitu saja secara pasif, melainkan dilakukan melalui proses penyesuaian dengan nilai-nilai Islam. Dengan demikian peradaban Islam mampu mengambil, mengolah, dan memproduksi suatu sistem pengetahuan yang baru, unik, dan terpadu yang tidak pernah ada sebelumnya. Ada dua hal yang dicatat Sabra sebagai kontribusi signifikan peradaban Islam dalam sains. Pertama adalah dalam tingkat pemikiran ilmiah yang diilhami oleh kebutuhan dalam sistem kepercayaan Islam. Penentuan arah kiblat secara akurat adalah salah satu hasil dari konjungsi ini. Kebudayaan dalam Islam (PAI)
  13. 13. MASJID SEBAGAI PUSAT KEBUDAYAAN ISLAMMasjid pada umumnya dipahami oleh masyarakatsebagai tempat ibadah khusus, sepertishalat, padahal fungsi masjid lebih luas dari itu.Pada zaman Rasulullah, masjid berfungsi sebagaipusat peradaban. Nabi mensucikan jiwa kaummuslimin, mengajar Al-qur’an, bermusyawarahberbagai permasalahan umat hingga masalahupaya-upaya peningkatan kesejahteraan umat. Kebudayaan dalam Islam (PAI)
  14. 14. MASJID SEBAGAI PUSAT KEBUDAYAAN ISLAMDalam perkembangan berikutnya muncul kelompok-kelompok yang sadar untuk mengembalikan fungsimasjid sebagaimana mestinya. Kini mulai tumbuhkesadaran umat akan pentingnya peranan masjiduntuk mencerdaskan mensejahterakan jamaahnya.Menurut ajaran Islam masjid memiliki dua fungsiutama, yaitu : (1) sebagai pusat ibadah ritual, dan (2)berfungsi sebagai pusat ibadah sosial. Dari keduafungsi gtersebut titik sentralnya bahwa fungsi masjidsebagai pusat pembinaan umat Islam Kebudayaan dalam Islam (PAI)
  15. 15. PERKEMBANGAN KEBUDAYAAN ISLAMKalau tidak karena adanya kesungguhan dan kejujuran Muhammadmenyampaikan risalah Tuhan, niscaya kehidupan yang kita lihat inilambat laun akan menghilangkan apa yang telah diajarkannya itu."Tuhan tidak akan memaksa seseorang di luar kesanggupannya.Segala usaha baik yang dikerjakannya adalah untuk dirinya, danyang sebaliknya pun untuk dirinya pula. Ya Allah, jangan kamidianggap bersalah, bila kami lupa atau keliru. Ya Allah, janganlahKaupikulkan kepada kami beban seperti yang pernah Kaupikulkankepada mereka yang sebelum kami. Ya Allah, jangan hendaknyaKaupikulkan kepada kami beban yang kiranya takkan sanggup kamipikul. Beri maaflah kami, ampunilah kami dan berilah kami rahmat.Engkau jugalah Pelindung kami terhadap mereka yang tiada berimanitu." (Quran, 2: 286) Kebudayaan dalam Islam (PAI)
  16. 16. NILAI-NILAI ISLAM DALAM KEBUDAYAAN ISLAMIslam masuk ke Indonesia lengkap dengan budayanya.Karena Islam lahir dan berkembang dari negeriArab, maka Islam yang masuk ke Indonesia tidak terlepasdari budaya Arabnya. Pada awal-awal masuknyadakwah Islam ke Indonesia dirasakan sangat sulitmembedakan mana ajaran Islam dan mana budayaArab. Masyarakat awam menyamakan antara perilakuyang ditampilkan oleh orang arab dengan perilakuajaran Islam. Seolah-olah apa yang dilakukan oleh orangarab itu semua mencerminkan ajaran Islam, bahkanhingga kini budaya arab masih melekat pada tradisimasyarakat Indonesia. Kebudayaan dalam Islam (PAI)
  17. 17. SEKIAN,TERIMA KASIH Kebudayaan dalam Islam (PAI)

×