Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Posisi menggunakan komputer dengan benar

2,633 views

Published on

posisi tubuh yang benar

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Posisi menggunakan komputer dengan benar

  1. 1. Akbar Nurdipa Nadia Kamilia Najla Rosyidah Wisnu Satrio Nugroho Yolanda Avigail
  2. 2. Ketika kita menggunakan komputer dan kadang-kadang kita merasakan rasa lelah, nyeri khususnya dibagian tangan, atau mata terasa penat, Gangguan kesehatan lain yang paling banyak dilaporkan akibat pengguna komputer adalah gangguan penglihatan. Gangguan penglihatan dapat menimbulkan kelainan fisik. Hal ini terjadi karena saat penglihatan menjadi kabur, maka pengguna komputer akan mengubah posisi tubuh maju kedepan mendekatkan diri agar dapat melihat objek ‘yang ada di monitor lebih jelas. Gangguan penglihatan yang disebabkan karena penggunaan komputer Hal tersebut bisa disebaban karena kita salah didalam mengatur posisi anggota tubuh kita. Kita harus mengatur posisi sehat di depan komputer. Hal-hal seperti ini adalah salah satu contoh permasalahan yang menyinggung tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) setiap hari. Kesehatan & Keselamatan Kerja (K3), adalah suatu aspek yang harus pertama kali menjadi perhatian dalam melakukan setiap kegiatan apapun, termasuk ketika bekerja menggunakan komputer. Penelitian telah mengungkapkan bahwa bekerja dengan komputer dapat menyebabkan gangguan kesehatan bahkan keselamatan.
  3. 3. Oleh karena itu, K3 merupakan aspek yang harus menjadi perhatian apabila bekerja dengan komputer. Penelitian yang sudah dilakukan menyimpulkan bahwa pengguna komputer dapat menderita nyeri kepala, nyeri otot, dan tulang terutama bahu, pergelangan tangan, leher, punggung, dan pinggang bagian bawah. Selain itu, pengguna komputer juga masih dapat terserang penyakit lain seperti kesemutan, badan bengkak, anggota badan kaku, sakit ginjal, mata merah, berair, nyeri, dan bahkan gangguan penglihatan. Posisi tubuh, posisi peralatan komputer, pencahayaan ruangan, dan kondisi lingkungan sangat mempengaruhi kesehatan, keselamatan, dan kenyamanan saat bekerja dengan komputer.
  4. 4. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk terhindar resiko bekerja dengan komputer adalah sebagai berikut : 1. Aturlah posisi tubuh ketika bekerja menggunakan komputer sehingga merasa aman; 2. Aturlah posisi perangkat komputer dan ruangan sehingga merasa nyaman; 3. Makan, minum dan beristirahatlah yang cukup. Jangan menahan-nahan membuang air kecil karena terlalu asyik bekerja menggunakan komputer; 4. Sesekali gerakanlah badan untuk mengurangi ketegangan otot dan pikiran. Olah ragalah secara teratur; Sesekali alihkan pandangan ke luar ruangan untuk relaksasi mata.
  5. 5. 1. Posisi Leher dan Kepala Pada saat berkerja dengan komputer, posisi kepala dan leher harus tegak dengan wajah menghadap langsung kelayar monitor. Leher tidak boleh membungkuk atau menengadah karena hal ini dapat menyebabkan sakit pada leher.
  6. 6. 2. Posisi Punggung dan Pundak Posisi Badan: Badan pada posisi tegak didepan komputer dan jarak pandang antara mata dan monitor sekitar 45-70 cm. Posisi Punggung: Posisi punggung yang baik saat menggunakan komputer adalah posisi punggung yang tegak, tidak miring ke kiri atau ke kanan, tidak membungkuk dan tidak bersandar terlalu miring ke belakang. Untuk mendapatkan posisi punggung yang baik, seharusnya ditunjang dengan tempat duduk yang baik dan nyaman. Posisi Pundak: Posisi pundak yang baik adalah posisi pundak yang tidak terlalu terangkat dan tidak terlalu ke bawah. Bila otot-otot di bahu masih tegang, ini berarti posisi pundak belum benar.
  7. 7. 3. Posisi Lengan dan Siku Posisi lengan yang baik adalah apabila dapat mengetik dan menggunakan mouse yang nyaman. Masing-masing orang mempunyai posisi nyaman tersendiri. Posisi lengan yang baik adalah bila tangan berada disamping badan, dan siku membentuk sudut yang lebih besar dari 90 derajat.
  8. 8. 4. Posisi Menggunakan Mouse dan Keyboard Posisi menggunakan mouse yang benar adalah memegang mouse secara ringan dan klik dengan tegas. Gerakan mouse dengan pergelangan tangan. Jangan tumpukan pergelangan atau lengan bagian depan dimeja ketika menggerakan mouse. Sementara posisi mengguanakan keyboard yang benar adalah menyejajarkan pergelangan tangan dengan telapak tangan. Upayakan pergelangan tangan kalian selalu sejajar dengan telapak tangan. Lemaskan pergelangan tangan kalian seperti mengambang dan jangan tegang.
  9. 9. 5. Posisi Kaki Pada saat berkerja dengan komputer, kaki harus dapat diletakan di lantai atau sandaran kaki dengan seluruh tapak kaki menyentuh lantai dan siku yang membentuk sudut tidak kurang dari 90 derajat.
  10. 10. THANK you FOR YOUR ATTENTION REMEMBERTHIS Lakukanlah

×