Tips sehat menggunakan perangkat ti ( komputer )

3,478 views

Published on

Disusun oleh Rian Andriawan,S.Kom

Published in: Education, Technology, Business
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
3,478
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
138
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Tips sehat menggunakan perangkat ti ( komputer )

  1. 1. Mungkin bagi anda posisimenggunakan PC bukanlah suatuhal yang bermasalah, lho kokbermasalah? Bermasalah di sinimerupakan hal-hal yang tidakdihiraukan oleh para pengunakomputer/netter alias cuekatau MASA BODO
  2. 2. Posisi dudukPosisi tulang punggung juga perlu diperhatikan ketika Andaduduk. Jika Anda duduk di kursi kantor Anda seharian, besarkemungkinan Anda akan mengalami nyeri punggung setelahselesai bekerja. Cara terbaik untuk mengatasinya adalahdengan menggunakan kursi ergonomis yang dapat membantuAnda duduk dalam posisi yang baik dan benar. Selainitu, beberapa alternatif perawatan yang baik untuk Anda cobaantara lain terapi panas maupun terapi pijat yang prinsipnyaadalah untuk melancarkan peredaran darah, di manakebanyakan nyeri punggung juga diakibatkan oleh kuranglancarnya peredaran darah ke daerah punggung.
  3. 3. Hal-hal yang salah dalam menggunakan komputer yang menyebabkan kitasakit:1. Posisi monitor yang menunduk.2. Leher yang tidak sejajar dengan monitor.3. Keyboard membentuk sudut dengan pergelangan tangan.4. Bantalan yang menekan sisi dalam paha.5. Kaki yang tidak menyentuh lantai.6. Menggunakan mouse yang terlalu jauh, mengakibatkan kejang otot lengan.7. Posisi lampu yang tidak tepat.
  4. 4. Berikut ini akan saya share image tantang "Posisi yang salah saat duduk didepan laptop"
  5. 5. Posisi yang benar dalam menggunakankomputer :1. Pandangan sejajar dengan komputer.2. Kepala tidak menunduk.3. Posisi bahu yang santai.4. Posisi punggung yang tertopang.5. Gunakan bantalan yang lunak untuk menopang paha bagian bawah.6. Tangan sejajar lengan bawah.7. Tinggi monitor yang sejajar pandangan dan lengan.8. Kaki pada bantalan kaki.
  6. 6. Apabila anda lama di depan komputer alangkah baiknya :1. Jika bermain komputer dalam jangka waktu panjang alangkah baiknya menyediakan air minum (air putih atau semacamnya) hal ini dilakukan untuk mengurangi dehidrasi, karena kalau dekat komputer kita kena radiasinya, jadi cepat haus dan dehidrasi (kekurangan cairan tubuh). Contohnya netter yang duduk lama terus bangun dan tiba-tiba pandangannya jadi gelap.2. Alangkah baiknya mengistirahatkan mata 10-20 menit setiap 2-3 jam sekali. Bagusnya lihat pemandangan yang jauh dan berwarna hijau karena warna hijau merupakan warna yang cerah dan di buku ditulis dapat menyegarkan mata yang kecapekan.3. Lakukan latihan pergelangan sederhana. Regangkan lengan, kaki, leher dan dada sambil duduk. Ini akan membantu mencegah Anda dari perasaan kaku.4. Jangan duduk kelamaan karena bisa mengganggu atau menyebabkan ginjal dan hati kita cepat rusak. Tips yang pertama itu juga berfungsi untuk mencegah hal ini terjadi (lebih baik mencegah daripada mengobati).
  7. 7. 5. Sesekali bangkit dari duduk Anda untuk melakukan beberapa gerakan ringan push-up, sit- up atau jumping jack.6. Berdirilah setiap setengah jam dilanjutkan dengan berjalan-jalan sedikit. Hal ini akan menjamin sirkulasi darah terus menerus ke lengan dan kaki, dan membuat keduanya menjadi tidak terlalu tegang. Selain memberikan kaki dan jantung latihan yang baik, Anda akan dapat mengambil udara segar lebih banyak.7. Kalau bisa saat berada di dekat layar komputer, Resolusi cahaya atau brightness-nya dikecilkan dan pandangan jarak mata diperjauh dari monitor untuk menghindari radiasi yang berlebihan dari komputer-agar mata tidak terlalu cepat lelah dan cepat rusak.8. Bagi yang suka main komputer/laptop dengan matiin lampu, ini sangat berbahaya, selain mempercepat proses perusakan mata. Hal ini juga bisa membuat otak kita menjadi cepat lemah dan rusak.Biasanya membuat mata kita sakit pada keesokan harinya dan menyebabkan mata tidak tahan melihat terang atau cahaya dari luar.
  8. 8. Hal-hal yang salah dalam menggunakan komputeryang menyebabkan kita sakit:1. Posisi monitor yang menunduk.2. Leher yang tidak sejajar dengan monitor.3. Keyboard membentuk sudut dengan pergelangantangan.4. Bantalan yang menekan sisi dalam paha.5. Kaki yang tidak menyentuh lantai.6. Menggunakan mouse yang terlalujauh, mengakibatkan kejang otot lengan.7. Posisi lampu yang tidak tepat.
  9. 9. Meskin pun pemakaian teknologi tinggi sangat efisiendan bermanfaat , tetapi juga ada efek sampingsehingga anda harus membayar mahal akan efeksamping dari teknologi modern saat ini, karenagadget atau gizmos yang berteknologi tinggi memangsangat membahayakan kesehatan tubuh anda.Di era digital ini , masyarakat sungguh kecanduanteknologi tinggi , karena telah menjadi gaya hidupmodern mulai dari ponsel, komputer , laptop, pemutarmusik hingga televisi, setidaknya anak - anakmaupun orang dewasa menghabiskan paling tidak 8jam/ hari berada di depan layar survey iniberdasarkan riset The Nielsen Company.
  10. 10. DAVID VANCE DARI UNUVERSITAS NORTHAMPTONINGGRIS, MENGINDIKASIKAN KETAGIHAN TERHADAPSMARTPHONE TELAH SERUPA DENGAN PECANDUALKOHOL, MEMANG TEKNOLOGI MODERN SANGATMEMBANTU DAN MENUNJANG KEHIDPUAN SEHARI-HARI, NAMUN ADA BANYAK BAHAYA YANG MENGINTAIKESEHATAN ANDA, APA SAJA YANG PERLU DI WASPADAI?
  11. 11. Telephone Genggam (communication in hand) Pemakaianphonsel berlebihan dapatmenyebabkan : Penelitian ini•Ketegangan pada mata diperkuat oleh Dr. Ashok Agarwal•Tumor otak•Penurunan kwalitas sperma ( bagipria )•Kurang tidur
  12. 12. Sebuah riset yang di lakuakan kepada 361 priadi klinik kesuburuan Cleveland selama lebihdari satu tahun, kesimpulanya rata - rata priayang sering berbicara menggunakan phonselmemiliki sperma dengan kwalitas menurun".Bahaya lain adalah tumor otak akibat terlalusering terkena paparan radiasi dari antenaphonsel yang memancarkan gelombangRF, walaupun belum anda pengakajian secarakongrit tetapi menutut Agensi Riset KankerInternational (IARC)di bawah naungan (WHO)mengklarifikasi jangkuan Gelombang RF padaphonsel dapat "memungkinkan terjadinyakarsinogenik yang menyebabkan kanker padamanusia" Batasilah Frekuensi penggunaanponsel untuk mencegah.
  13. 13. EarphoneMenurut penelitian di eropa baru-baru ini penggunaanearphone untuk mendengarkan musik bersuara kerasselama satu jam setiap hari dapat menyebabkankerusakan pendengaran secara permanen. " semakinlama menggunakan earphone , saraf-saraf di telinga akanmati. sehingga sensivitas pendengaran semakinberkurang.Batas maksimum suara pada pemutar musik adalah 100desibel, namun mendengarkan pada 89 desibel sajasudah berbahaya, earphone jenis apapun dapat merusaktelinga apalagi yang langsung masuk pada telinga karenasuara langsung mengenai gendang telinga, lepasearphone 5 menit setiap satu jam , hindari penggunaan disaat radang tenggorokan karena di saat sakit gendangtelinga lebih tipis menurut Dr. Widya
  14. 14. komputer dan laptopSama dengan penggunaan ponsel dapat berpengaruh pada kesehatanmata, sakit mata, nyeri tulang punggung, sakit pada pergelangan tangandan kram, otot mata jika di paksakan di tempat gelap menyebabkan korneamata tegang, mata manjadi cepat lelah dan iritasi posisi tubuh yang salahmenyebabkan sakit punggung dan kelainan tulang belakang dalam jangkawaktu panjang, radiasi monitor menyebabkan sakit kepala, pemakaianlaptop dengan cara di pangku menyebabkan kemandulan bagi laki-laki,Scrotum atau buah zakar berfungsi untuk menjaga sperma tetap dingin, kulitdi daerah tersebut lebih tipis, sehingga suhu nya lebih redah dari tubuhlain, " Dengan memangku laptop/notebok panas dari alat tersebut akandapat mematikan sperma di dalam Scrotum dalam jangka panjangmenyebabkan kemandulan, menurut Dr, Widya penjelasan di dukung olehDr. Suzanne Kavic dari Universitas Loyola, New Orlenans " pamas darilaptop dapat mempengaruhi produksi dan perkembangan sperma yangmenyulitkan pasangan untuk hamil di kemudian hari.
  15. 15. Optical mouseMouse yang mengunakan sensor optik untukmenditeksi gerakan, sensor tersebutmengulakan LED(light-emiting diode) yangberwarna merah, sehinga orang-orangmengira lampu tersebut adalah laserLight Emitting Diode adalah suatu lampuindikator dalam perangkat elektronika yangbiasanya memiliki fungsi untuk menunjukkanstatus dari perangkat elektronika tersebut
  16. 16. Risiko kesehatan juga datang darimouse komputer, berdasarkanobservasi oleh WHO radiasimouse optik lima kali lebih besardari phonesel.
  17. 17. MENGGUNAKAN PC YANG SEHAT DAN BENAR1. Persyaratan pencahayaan ruang komputer. Pencahayaan ruang komputer harus memungkinkan orang bekerja dengan enak dan mata tidak mudah lelah. Pekerjaan dengna tingkat ketelitian dan kecermatan seperti di ruang komputer dibutuhkan intensitas nilai pencahayaan 40 sampai dengan 80 foot candles, pada bidang 30 inci dari lantai. Untuk daerah penempatan Visual display units, intensitan nilai pencahayaan sebaiknya tidak lebih dari 50 foot candles, sedangkan penempatan konsole dan panel kontrol harus dihindarkan dari sinar matahari langsung
  18. 18. 2. Tata letak ruang komputer. Pada butir-butir sebelumnya telah dibahas berbagai pertimbangan dalam perencanaan maupun pemilihan ruang komputer, yang meliputi sifat pelayanan, keamanan ruang, persyaratan kondisi ruang dan aliran garapan yang direncanakan atau ditentukan. Berdasarkan pertimbangan-pertimbangan yang telah ditentukan, ruang komputer sebaiknya memenuhi : • Pemilihan material untuk pembuatan ruang dianjurkan memenuhi ketentuan ketahanan terhadap api, berdasarkan standar NEPA. • Dinding dan plafon mampu menyerap suara yang ditimbulkan dalam ruang, dan menahan suara serta panas dari luar ruangan. • Jauh dari daerah atau vents pelepas panas dan asap. • Jauh dari daerah kegiatan mesin pres atau sejenisnya yang menimbulkan sumber getar. • Tidak langsung dibawah lantai yang banyak tandon air atau kegiatan yang menggunakan banyak air. • Tidak terletak di bawah lantai yang airnya tidak bisa dikontrol dengan baik. • Jauh dari pusat pembangkit medan listrik dan medan magnet, seperti gardu induk, gardu transformator, saklar pemutus beban listrik besar, saluran listrik berdaya besar dengan kawat telanjang, motor-motor listrik. • Jauh dari daerah untuk kegiatan proses kimia, seperti pembuatan printed dengan proses etching. • Jauh proses material yang menimbulkan debu atau asap.
  19. 19. Sebagai bagian dari Instalansi Komputer, ruang komputer dalam pengaturannyaharus menunjukkan kesatuan dengan ruang-ruang lain, seperti:• Ruang petugas perawat tekhnis.• Ruang penyimpan pita dan cakram magnetis.• Ruang penyiapan data.• Kantor bagian pemrograman (Programmer Office).Hal lain yang perlu dipikirkan dan direalisasi dalam memilih ruang komputeradalah letaknya harus sedemikian rupa sehingga hanya orang-orang yangberkepentingan dan erat kaitannya dengan pemrosesan data yang dapat danmudah mencapai ruang komputer.
  20. 20. 3. Persyaratan teknis ruang komputer. Syarat tekhnis ruang komputer tidak lepas dari sifat amannya ruang terhadap gangguan-gangguan, yaitu : • Terjaminnya nilai temperatur ruang. • Terjaminnya nilai kelembaban ruang. • Bebas debu. • Bebas pengaruh medan magnet dan listrik. • Bebas getaran. • Bebas asap. • Bebas dari gas-gas tertentu • Bebas zat kimia. • Terjaminnya nilai pencahayaan. • Akustik ruang.
  21. 21. 4. Mengatur posisi duduk. Penempatan kursi, meja mouse, keyboard, dan layar komputer yang benar akan membantu membuat perubahan dalam mencegah resiko gangguan kesehatan. Berikut tips mengatur posisi duduk yang benar : Area komputer, Biarkan area komputer di ruangan teratur. Alat-alat yang sering digunakan sebaiknya dekat sehinnga mudah menjangkaunya.Hindari menyimpan sesuatu dibawah meja yang dapat mengganggu posisi kaki. • Duduk dengan posisi yang baik, Ketika duduk, tempatkan pantat tepat dikursi. Duduk tegap dan cobalah untuk menjaga pinggul, bahu dan telinga dalam posisi lurus. • Kaki sebaiknya menyentuh lantai, Jika kaki tidak menyentuh lantai, rendahkan kursi atau gunakan sandaran kaki. • Posisi monitor, Monitor harus ditempatkan di mana bagian atas monitor berada tepat di mata dan langsung berhadapan. Jarak antara operator dengan monitir kira-kira 15 – 30 inch. • Istirahat dengan ganti posisi, Jalan-jalan sebentar dapat mengurangi stress dan ketegangan pada otot dengan melentangkan badan membuat perbedaan yang besar .
  22. 22. 5. Memperkirakan jarak pandang dengan komputer. Dalam menggunakan komputer yang baik dan demi keselamatan kerja dari pengguna komputer (brainware) harus terlebih dahulu mengetahui prosedur-prosedur yang aman dalam bekerja. Sikap posisi duduk yang baik, jarak pandang mata terhadap komputer haruslah ditaati demi kesehatah dan keselamatan kerja. Pengaturan posisi duduk dalam menggunakan komputer, jarak pandang dan juga prosedur perawata komputer perlu diketahui oleh para brainware. Usaha dalam mengurangi kelelahan mata, punggung dan leher dapat dilakukan sebagai berikut : • Garis pandang dari mata harus tegak lurus pada monitor berjarak 50 cm. • Bagian belakang punggung belakang sandaran kursi harus keras, tapi berbantal empuk, tegak posisi 90. • Lakukan gerakan untuk melemaskan otot. • Istirahatlah sebentar-sebentar tapi sering. • Tinggalkan komputer sejenak dan lakukan refresing. • Usahakan penerangna tidak menyilaukan mata. • Tinggi atau letak monitor sesuai dengan arah pandang mata, agar mudah melihatnya. • Perbanyaklah makan makanan yang mengandung vitamin A, seperti ; wortel, pisang dan sebagainya.
  23. 23. 6. Menghidupkan dan mematikan komputer sesuai dengan prosedur. Dalam mengaktifkan komputer yang baik agar tidak terjadi kerusakan pada komputer haruslah mengikuti prosedur yang ada, langkah-langkah yang dilakukan dapat mengikuti petunjuk sebagai berikut : • Sambungkan kabel listrik. • Hidupkan stavol (sebagai penyeimbang arus). • Hidupkan CPU dengna menekan tombol power (on/off). • Hidupkan monitor dengan menekan tombol power (on/off). • Tunggu hingga muncul tampilan yang disebut dengan dekstop.
  24. 24. Dalam mematikan komputer juga perlu diperhatikan prosedur yangbenar. Langkah-langkah dalam mematikan komputer yang baiksebagai berikut : Close program aplikasi yang telah selesai digunkan dengan cara close windows atau dengan klik file lalu exit. Klik / start / begin / mulai yang biasanya berada disebelah kiri bawah. Pilih shut down (mematikan komputer). Muncul dialog box shut down, pilih shut down. Klik yes, tunggu hingga monitor sudah tidak aktif. Matikan komputer atau layar pada tombol power monitor Matikan tombol power pada CPU (jika sistem shut down tidak otomatis, jika CPU otomatis mati maka tombol power tidak perlu ditekan).

×