Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Leaflet puasa2013

924 views

Published on

Leaflet Puasa 2013

Published in: Health & Medicine
  • Be the first to comment

Leaflet puasa2013

  1. 1. TETAP BUGAR dengan Diabetes, Hipertensi, Penyakit Jantung Koroner, Asma, dan PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronik) Selama Bulan Ramadhan Tips “Puasa itu sehat/menyehatkan” JADIKAN BULAN PUASA SEBAGAI LANGKAH AWAL MERUBAH PERILAKU DAN MENERAPKAN GAYA HIDUP SEHAT UNTUK MENGENDALIKAN PENYAKIT TIDAK MENULAR Dari Anas Ibnu Malik Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersab- da: “Makan sahurlah kalian, karena sesungguhnya dalam makan sahur itu ada berkahnya.” Muttafaq Alaihi. Dari Sulaiman Ibnu Amir Al-Dlobby bahwa Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Apabila seseorang di antara kamu berbuka, hendaknya ia berbuka dengan kurma, jika tidak mendapatkan- nya, hendaknya ia berbuka dengan air karena air itu suci.” Riwayat Imam Lima. Hadits shahih menurut Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban, dan Hakim. Direktorat Pengendalian Penyakit Tidak Menular Direktorat Jenderal PP dan PL Kementerian Kesehatan R.I. 2013 9. Atasi Stres Antara lain dengan mem- perdalam agama, memper- banyak ibadah. 10. Kontrol Tekanan Darah Secara Rutin bagi penderi- ta Hipertensi, kontrol gula darah secara teratur bagi penyandang Diabetes, dan kontrol secara rutin untuk penyakit tidak menular lainnya . 11. Kenali tanda-tanda penyakit, baik hipertensi, hipoglikemi dan gejala penyakit tidak menular lainnya. Kenali juga tanda-tanda kegawatdaruratan penyakit tidak menular lainnya yang mungkin terjadi. 12. Bila Diperlukan Obat-Obatan, seperti untuk Hipertensi, Diabetes , Asma dan PPOK . Sesuaikan jadwal minum obat selama bulan puasa misalnya saat berbuka puasa, sebelum tidur dan sahur, serta minum secara teratur sesuai anjuran Petugas Kesehatan/ Dokter
  2. 2. “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan bagi kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan bagi orang-orang sebelummu, agar kamu bertak- wa” [Al Baqarah:183] Memadukan ibadah Puasa dan Mencegah/Me- ngatasi penyakit tidak menular seperti Diabetes, Hipertensi, Penyakit Jantung Koroner, Asma, PPOK ( Penyakit Paru Obstruktif Kronik ) Dengan tips sebagai berikut : 1. Berbuka Puasa dengan air putih dan makan- an manis yang berasal dari buah-buahan, kurma dan lain-lain. 2. Setiap Berbuka Puasa Dan Sahur Hidangan minimal harus ada salah satu jenis yang berasal dari 4 kelompok makanan, yaitu: - Makanan Pokok (beras, jagung, roti, ubi, dll), - Lauk-pauk (kacang-kacangan, tempe, tahu, ikan, ayam, susu dan hasil olahannya, dll), - Sayur (semua jenis sayur-sayuran) dan - Buah (semua jenis buah-buahan) - Hindari merokok saat berbuka dan sahur. 6. Asap Rokok Membahayakan diri anda dan orang sekitar anda. Hentikan merokok sekarang juga. Bulan puasa merupakan saat yang tepat untuk berhenti merokok, sehingga pada bulan-bulan berikutnya akan lebih mudah meninggalkan perilaku tersebut. 7. Lakukan Aktifitas Fisik yang memungkinkan. 8. Tidak Minum Minuman Beralkohol 3. Hindari makan makanan terlalu asin setiap hari, baik pada saat berbuka puasa maupun sahur. 4. Hindari makan makanan tinggi lemak setiap hari, baik saat berbuka puasa maupun sahur. 5. Perbanyak minum air putih 8 – 10 gelas dari mulai buka puasa sampai waktu sahur. gunakan seperlunya 2-3 porsi 2-3 porsi 2-3 porsi 3-5 porsi 3-8 porsi Khusus untuk buah, makan 1 kali (1 porsi) lagi setelah shalat tarawih atau menjelang tidur.

×