Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
INDIVIDU DALAM 
ORGANISASI 
Oleh: 
- Abdul Jalil (130422605291) 
- Falanni Firyal Fawwaz (130422612501) 
- Riangga Fandi N...
Organisasi Rasional 
Organisasi adalah koordinasi rasional atas aktivitas-aktivitas sejumlah 
individu untuk mencapai tuju...
Kewajiban Pegawai Terhadap 
Perusahaan 
Kewajiban moral utama pegawai adalah untuk bekerja mencapai 
tujuan perusahaan dan...
Kewajiban Perusahaan 
Terhadap Pegawai 
Pendangan rasional: perusahaan memberikan kompensasi 
secara sukarela dan sadar se...
Gaji 
Pegawai : Sarana untuk memenuhi kebutuhan 
Sudut pandang 
ekonominya dan keluarganya. 
Perusahaan : Biaya produksi y...
Kondisi Kerja
Spesialisasi Pekerjaan 
Horisontal Vertikal 
• Fungsi: menghapus kebutuhan untuk memberikan pelatihan. 
• Horisontal: memb...
Kerugian Spesialisasi 
Tidak Adil 
Tidak Adanya 
Kebebasan
Organisasi Politik 
Model politik melihat organisasi sebagai suatu sistem yang terdiri dari 
sejumlah koalisi kekuatan yan...
Hak Pegawai 
Analogi antara pemerintah dan manajamen 
Hak pegawai mencakup: 
1. Hak privasi 
2. Hak kebebasan suara hati 
...
Hak privasi 
• Ada 2 jenis privasi yaitu privasi psikologis 
dan privasi fisik. 
• Ada 3 elemen yang perlu diperhatikan 
d...
Kebebasan suara hati 
Hak atas kebebasan suara hati melindungi 
kepentingan-kepentingannya dengan 
mewajibkan individu yan...
Whistleblowing 
Ada 2 sifat: 
1. Whistleblowing internal 
2. Whistleblowing eksternal
Hak Untuk Berpartisipasi 
• Mengijinkan pegawai untuk ikut 
berpartisipasi merupakan “perintah etis” 
• Pemimpin partisipa...
Hak Atas Proses Layak 
dan PHK Sepihak 
• Doktin PHK sepihak didasarkan pada asumsi bahwa sebagai 
pemilik perusahaan, pen...
Hak pegawai dan penutupan pabrik 
• Hak-hak pegawai harus tetap dihargai sekaligus usaha bisnis tempat 
pegawai tersebut b...
Serikat Pekerja dan Hak untuk 
berorganisasi 
• Pegawai berhak dengan bebas menjalin 
hubungan satu dengan yang lain. 
• H...
POLITIK ORGANISASIONAL 
Politik Organisasional = 
Proses dimana individu/ kelompok 
menggunakan taktik kekuasaan yang dibe...
Taktik yang sering digunakan oleh 
para pelaku politik dalam organisasi, yakni : 
 Menyalahkan atau menyerang pihak lain....
ETIKA TAKTIK 
POLITIK 
Taktik Politik dapat digunakan untuk mencapai 
kepentingan pribadi dengan mengorbankan 
kepentingan...
Pengaruh Taktik Politik terhadap hubungan-hubungan 
yg ada dalam organisasi 
Utilitas 
Tujuan 
Konsistens 
i Tindakan 
pol...
ORGANISASI YANG PENUH 
PERHATIAN 
Sejumlah pemikir menyatakan bahwa organisasi dapat dan 
harus dilihat sebagai jaringan h...
1. 
 Stanley Raggio seharusnya melakukan penyelidikan 
ulang situasi tersebut dengan melibatkan masyarakat 
di El Salvado...
2. 
 Ya, perusahaan-perusahaan seperti The Gap perlu berusaha agar para 
pemasoknya memberikan gaji lebih besar dibanding...
3. 
 Ya, karena Perusahaan The Gap secara tidak 
langsung memanfaatkan keahlian para pekerja melalui 
Mandarin dan antara...
TERIMA KASIH 

Individu dalam organisasi - ETIKA BISNIS
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Individu dalam organisasi - ETIKA BISNIS

6,644 views

Published on

INDIVIDU DALAM ORGANISASI

Published in: Business
  • Dating for everyone is here: ♥♥♥ http://bit.ly/39sFWPG ♥♥♥
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
  • Sex in your area is here: ♥♥♥ http://bit.ly/39sFWPG ♥♥♥
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here

Individu dalam organisasi - ETIKA BISNIS

  1. 1. INDIVIDU DALAM ORGANISASI Oleh: - Abdul Jalil (130422605291) - Falanni Firyal Fawwaz (130422612501) - Riangga Fandi Negara (130422612379) - Rizqi Hasanah (130422605293) - Soraya Verdiana Sari (130422605282)
  2. 2. Organisasi Rasional Organisasi adalah koordinasi rasional atas aktivitas-aktivitas sejumlah individu untuk mencapai tujuan atau sasaran eksplisit bersama, melalui pembagian tenaga kerja dan fungsi dan melalui hierarki otoritas dan tanggung jawab ASUMSI ORGANISASI RASIONAL Sebagian besar informasi dikumpulkan dari tingkat operator, naik melewati sejumlah tingkat manajemen formal, yang masing-masing mengumpulkan informasi serupa, sampai akhirnya mencapai manajemen tertinggi.
  3. 3. Kewajiban Pegawai Terhadap Perusahaan Kewajiban moral utama pegawai adalah untuk bekerja mencapai tujuan perusahaan dan menghindari kegiatan-kegiatan yang mungkin mengancam tujuan tersebut. Hal-hal yang mengakibatkan pegawai gagal melaksanakan kewajiban: KONFLIK KEPENTINGAN PENCURIAN INSIDER TRADING Suap dan Pemberian Pencurian Komputer dan Rahasia Perdagangan Menjual dan membeli saham berdasar informasi dari dalam
  4. 4. Kewajiban Perusahaan Terhadap Pegawai Pendangan rasional: perusahaan memberikan kompensasi secara sukarela dan sadar sebagai imbalan atas jasa mereka. Masalah Kelayakan Gaji Kondisi Kerja Pegawai
  5. 5. Gaji Pegawai : Sarana untuk memenuhi kebutuhan Sudut pandang ekonominya dan keluarganya. Perusahaan : Biaya produksi yang harus ditekan agar harga produk tidak terlalu tinggi dari kemampuan pasar.
  6. 6. Kondisi Kerja
  7. 7. Spesialisasi Pekerjaan Horisontal Vertikal • Fungsi: menghapus kebutuhan untuk memberikan pelatihan. • Horisontal: membatasi jangkauan tugas dalam suatu pekerjaan dan meningkatkan pengulangan dalam cakupan tugasnya. • Vertikal: membatasi jangkauan pengawasan dan pengambilan keputusan atas kegiatan dalam suatu pekerjaan.
  8. 8. Kerugian Spesialisasi Tidak Adil Tidak Adanya Kebebasan
  9. 9. Organisasi Politik Model politik melihat organisasi sebagai suatu sistem yang terdiri dari sejumlah koalisi kekuatan yang saling bersaing dan terbentuk jalur pengaruh dan komunikasi secara formal dan informal. Individu membentuk koalisi yang selanjutnya saling bersaing memperebutkan sumber daya keuntungan dan pengaruh sehingga tujuan organisasi yang terbentuk paling kuat dan dominan. Realita dasar organisasi adalah kekuasaan yaitu kemampuan individu atau kelompok untuk mempengaruhi perilaku pihak lain menuju cara yang diinginkan.
  10. 10. Hak Pegawai Analogi antara pemerintah dan manajamen Hak pegawai mencakup: 1. Hak privasi 2. Hak kebebasan suara hati 3. Hak untuk berpartisipasi 4. Hak atas proses yang layak dan PHKsepihak 5. Hak pegawai dan penutupan pabrik. 6. Hak untuk berorganisasi
  11. 11. Hak privasi • Ada 2 jenis privasi yaitu privasi psikologis dan privasi fisik. • Ada 3 elemen yang perlu diperhatikan dalam mengumpulkan informasi privasi 1. Relevansi 2. Persetujuan 3. metode
  12. 12. Kebebasan suara hati Hak atas kebebasan suara hati melindungi kepentingan-kepentingannya dengan mewajibkan individu yang bersangkutan untuk tidak bekerja sama dalam aktivitas-aktivitas yang secara sadar dianggap merugikan.
  13. 13. Whistleblowing Ada 2 sifat: 1. Whistleblowing internal 2. Whistleblowing eksternal
  14. 14. Hak Untuk Berpartisipasi • Mengijinkan pegawai untuk ikut berpartisipasi merupakan “perintah etis” • Pemimpin partisipatif 1. teori Douglas McGregor 2. teori Raymond Miles 3. teori Resis Likert
  15. 15. Hak Atas Proses Layak dan PHK Sepihak • Doktin PHK sepihak didasarkan pada asumsi bahwa sebagai pemilik perusahaan, pengusaha memiliki hak untuk memutuskan siapa yang bekerja padanya sejauh pegawai bebas menerima atau menolak pekerjaan yang diberikan • Hak atas proses layak mengacu pada proses yang adil saat para pembuat keputusan menetapkan sanksi pada para bawahannya.
  16. 16. Hak pegawai dan penutupan pabrik • Hak-hak pegawai harus tetap dihargai sekaligus usaha bisnis tempat pegawai tersebut bekerja terpaksa ditutup. • Delapan langkah untuk menekan pengaruh merugukan penutupan pabrik: 1. Pemberitahuan sebelumnya 2. Pesangon 3. Jaminan kesehatan 4. Pensiun awal 5. Transfer 6. Pelatihan kembali 7. Pembelian oleh pegawai 8. Pembayaran pajak lokal
  17. 17. Serikat Pekerja dan Hak untuk berorganisasi • Pegawai berhak dengan bebas menjalin hubungan satu dengan yang lain. • Hak pekerja untuk berorganisasi dalam serikat pekerja berasal dari hak untuk diperlakukan sebagai manusia yang bebas dan sederajat.
  18. 18. POLITIK ORGANISASIONAL Politik Organisasional = Proses dimana individu/ kelompok menggunakan taktik kekuasaan yang dibentuk secara non formal untuk mencapai tujuannya sendiri, dan individu-individu politik cenderung menutupi maksud/ metode mereka.
  19. 19. Taktik yang sering digunakan oleh para pelaku politik dalam organisasi, yakni :  Menyalahkan atau menyerang pihak lain.  Mengendalikan Informasi.  Mengembangkan dukungan bagi gagasan seseorang.  Membangun image.  Menjalin hubungan dengan pihak yang berpengaruh.  Membentuk koalisi kekuasaan dan mengembangkan aliansi yang kuat.  Menciptakan kewajiban.  Menguasai sumber daya langka yang dibutuhkan orang lain.  Membentuk hubungan yang menguntungkan.
  20. 20. ETIKA TAKTIK POLITIK Taktik Politik dapat digunakan untuk mencapai kepentingan pribadi dengan mengorbankan kepentingan organisasi dan kelompok, namun taktik politik juga dapat digunakan untuk tujuan organisasi dan sosial yang kadang diperlukan untuk melindungi yang lemah, dan kadang merupakan satu-satunya pertahanan yang dimiliki untuk menghadapi taktik pihak lain.
  21. 21. Pengaruh Taktik Politik terhadap hubungan-hubungan yg ada dalam organisasi Utilitas Tujuan Konsistens i Tindakan politik dengan hak moral Kewajaran konsekuen si Pengaruh pada Perhatian
  22. 22. ORGANISASI YANG PENUH PERHATIAN Sejumlah pemikir menyatakan bahwa organisasi dapat dan harus dilihat sebagai jaringan hubungan dimana “individu-individu yang terkait’’ membentuk jaringan hubungan pribadi dengan “individu-individu terkait lainnya’’ , misalnya dengan menjalin persahabatan dengan berusaha meningkatkan kesejahteraan pegawai, klien, dan konsumen. Sehingga organisasi caring ini dapat menumbuhkan kepercayaan yang tinggi, dan hal ini sangat menguntungkan, karena organisasi tidak perlu melakukan banyak investasi untuk mengawasi para pegawainya dan memastikan bahwa para pegawainya tidak melanggar perjanjian kontraktual.
  23. 23. 1.  Stanley Raggio seharusnya melakukan penyelidikan ulang situasi tersebut dengan melibatkan masyarakat di El Salvador terutama perempuan yang telah dipecat, direktur pabrik Mandarin, perkumpulan gereja, dan pejabat pemerintahan setempat.  Ya, Gap harus menyerah pada tuntutan serikat pekerja untuk melakukan investigasi bersama dengan National Labor Relation Committee, menekan Mandarin untuk mempekerjakan kembali para pegawainya yang telah dipecat dan menuntut dilakukan pengawasan dari pihak ketiga untuk memastikan bahwa pedoman Gap telah dilaksanakan.
  24. 24. 2.  Ya, perusahaan-perusahaan seperti The Gap perlu berusaha agar para pemasoknya memberikan gaji lebih besar dibandingkan strandar industri setempat. Karena pemasok The Gap (Pabrik Mandarin) baru memenuhi 18% dari kebutuhan karyawan. Seharusnya The Gap memberikan kesejahteraan kepada karyawannya, baik di Amerika maupun di Mandarin.  Ya, mereka harus membayar gaji yang sama untuk para pekerja di negara Dunia Ketiga dengan gaji pekerja Amerika. Karena hal tersebut merupakan keuntungan tersendiri bagi warga negara yang mampu bekerja pada perusahaan asing (The Gap) dan mereka pantas menerima gaji yang sesuai karena mengerjakan pekerjaan yang serupa dengan pekerjaan di Amerika, hanya berbeda kondisi geografis saja.  Ya, mereka perlu memberikan jaminan kesehatan dan tingkat keselamatan kerja yang sama seperti yang diberikan di Amerika. Karena setiapkaryawan berhak memperoleh hak yang sama atas kesehatan dan keselamatan kerja dan sudah seharusnya perusahaan menyamakan hak karyawan yang sama-sama bekerja untuk The Gap.
  25. 25. 3.  Ya, karena Perusahaan The Gap secara tidak langsung memanfaatkan keahlian para pekerja melalui Mandarin dan antara Perusahaan The Gap dan pabrik Mandarin telah malakukan hubungan bisnis sehingga keduanya harus mematuhi perjanjian yang telah disepakati, diantaranya Perusahaan The Gap menerapkan serangkaian prinsip dan pedoman sourching. Upaya The Gap bertanggung jawab terhadap pekerja di pabrik pemasok yaitu dengan mengirim Gap Field Representative untuk melaksanakan wawancara dengan calon pemasok sebelum penandatanganan hubungan bisnis dalam menjamin bahwa semua kriteria tersebut dipenuhi.
  26. 26. TERIMA KASIH 

×