Press Release Rci 1

943 views

Published on

ini adalah press release pertama

the rising of creative indonesia

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
943
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
14
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Press Release Rci 1

  1. 1. Press Release THE RISING OF CREATIVE INDONESIA Presiden RI mencanangkan tahun 2009 sebagai tahun industri kreatif. Ironisnya, pendapatan domestik bruto kita sebagian besar masih disumbangkan dari sektor-sektor non-kreatif. Kementerian Perdagangan dalam buku Rencana Pengembangan ekonomi kreatif Indonesia 2025 (2009) menyatakan bahwa industri kreatif sendiri baru menyumbangkan 5,67% dari PDB pada tahun 2006. Bahkan, ada kecenderungan menurun dari tahun 2002 ke tahun 2006. Ini kenyataan ironis mengingat industri kreatif akan semakin menjadi tumpuan harapan kemajuan bangsa ditengah menipisnya sumber daya alam. Dunia telah melampui tahap ekonomi pertanian dan ekonomi industri, berada pada ekonomi informasi dan menjelang ekonomi kreatif. Dalam setiap tahapannya, ada tuntutan kapasitas, kemampuan dan pola pengelolaan yang berbeda. Kreativitas bukan sekedar perkara ekonomi atau perkara kecerdasan seseorang, kreativitas adalah perkara pola pikir, mental dan gaya hidup kita. Oleh karena itu, inisiatif mewujudkan indonesia kreatif membutuhkan sebuah energi luar biasa untuk menciptakan kreativitas sebagai gaya hidup. Magister Perubahan dan Pengembangan Organisasi (MPPO) Fakultas Psikologi Universitas Airlangga berkolaborasi bersama Komunitas Imajinasikan Indonesia (I2) menggagas sebuah inisiatif yang kami sebut sebagai Terbitnya Indonesia Kreatif (The Rising of Creative Indonesia) atau kami menyebutnya sebagai RCI. Inisiatif ini tujuan utamanya adalah : 1. Menciptakan ruang berbagi kreativitas para pihak dalam konteks indONEsia Kreatif. 2. Menstimuli para pihak untuk lebih berfikir terbuka, berani mencoba ide baru dan berani menerima perbedaan dalam kerangka indONEsia kreatif.
  2. 2. 3. Menstimuli para praktisi perubahan dan pengembangan Organisasi agar menjadi lebih berani mengkreasikan gagasan keorganisasiannya yang mendukung indONEsia Kreatif 4. Mempromosikan kreativitas sebagai ciri dan gaya hidup bangsa IndONEsia dalam mewujudkan kualitas hidup yang tinggi. Ada beberapa program yang kami selenggarakan dalam payung RCI ini, diantaranya adalah: 1. SL MPPO JILID II 2010 a. Bintang Tamu: • Singgih Susilo Kartono (http://www.magno-design.com) • Mira Lesmana (Laskar Pelangi) • Dynand Faris (http://www.jemberfashioncarnaval.com/) • Anis Baswedan (Universitas Paramadina) • Dr. Seger Handoyo (MPPO) b. Pagelaran ini akan mengimprovisasi keberhasilan Shared Learning MPPO Jilid I 2009, dengan mensintesakan metode Accelerated Learning dan World Cafe Conversation. Kedua teknologi partisipatif yang inovatif ini dimaksudkan agar partisipan dapat berpartisipasi penuh sebagai sumber pembelajaran dan pembelajar. Kami menyebut teknologi ini sebagai thematic partisipative show. Sebuah pagelaran yang memberdayakan partisipan untuk aktif mengkombinasikan inspirasi dari dirinya dengan inspirasi dari bintang tamu sehingga melahirkan ide ide baru yang berbeda. c. Teknologi yang mengubah cara kita belajar menjadi menyenangkan, masif dan penuh gelora energi kreatif. Setiap sumber kreativitas (bintang tamu) akan berbagi inspirasi utama yang didapatkan dalam menempuh perjalanan meretas karya kreatif mereka. Pidato mereka akan dilakukan di panggung sharing yang menjadi titik perhatian utama dalam arena acara ini. Setelah narasumber kreativitas menyampaikan pidato mereka maka fasilitator SL MPPO akan memfasilitasi proses mengkreasikan pengetahuan luar biasa.
  3. 3. d. Pagelaran ini akan memainkan sebuah skenario yang dimainkan oleh 5 bintang tamu dan 1000 aktor partisipan/peserta. Para bintang tamu ikut bermain peran dan akan diberikan arahan sebelum memainkan perannya. Seluruh aktor nantinya akan saling menceritakan tentang praktek–praktek kreatif dan kepemimpinan. Diakhir pagelaran, semua orang akan bersama – sama membuat sebuah resolusi kreatif untuk Terbitnya Indonesia Kreatif. e. Para bintang tamu adalah orang–orang sukses dalam praktek–praktek kreatif serta praktisi yang ahli dalam kepemimpinan organisasi kreatif yang akan berbicara tentang praktek kepemimpinan dan organisasi kreatif. Dalam waktu maksimal 30 menit, narasumber diharapkan dapat berbagi tentang: • Pengalaman-pengalaman puncak (peak experiences) narasumber dalam melakukan proses kreatif atau kepemimpinan kreatif • Pelajaran atau inspirasi utama dari keseluruhan pengalaman puncak yang penah dialami f. Peserta : 1000 orang yang terdiri dari Komunitas Kreatif, Praktisi Kreatif, Mahasiswa, Siswa, Masyarakat Umum, dsb. g. Pelaksanaan: Jumat, 09 April 2010 : 17.00 - 23.50 WIB di Gramedia Expo 2. INDIPRENEURSHIP FESTIVAL (IF) a. Pernah dengar musik indie? Pernah nonton film indie? Apa yang terbayang dalam benak anda? Banyak orang bilang, indie itu melambangkan keberanian menampilkan dirinya yang unik. Berbeda dari yang umum (mainstream), pengusung indie tidak mau didikte dan mengikuti selera kebanyakan. Indie juga menyiratkan kreativitas pilihan yang menjadi pilihan hidupnya maupun bagaimana cara menujudkannya. IndiPreneurship mengusung semangat yang serupa. Bagaimana menghasilkan karya yang berdampak luas sesuai dengan kapasitas dirinya yang unik dan berdasarkan prinsip entrepreneurship.
  4. 4. b. IndiPreneurship Festival merupakan sebuah ajang bagi kaum kreatif muda Indonesia untuk menyatukan high-tech, high concept dan high touch sekaligus dengan prinsip-prinsip entrepreneurship. IndiPreneurship Festival akan menjadi wadah untuk melatih diri sekaligus sebagai ajang mengekspresikan kapasitas kreatif setiap orang muda Indonesia untuk menciptakan nilai tambah bagi bangsa Indonesia maupun untuk menciptakan perubahan sosial yang positif. c. Indiprenuership Festival terdiri dari beberapa aktivitas yaitu kompetisi, workshop dan festival. Orang-orang muda diundang untuk mengikuti kompetisi indipreneurship dalam dua kategori yaitu bisnis dan sosial. Kategori sosial menantang orang muda untuk mengirimkan usulan karya yang dapat menciptakan perubahan sosial positif yang dapat diproduksi sendiri oleh masyarakat pengguna. Kategori bisnis menantang orang muda untuk mengirimkan usulan karya yang unik dan dapat menciptakan nilai tambah bagi bangsa Indonesia. d. Para peserta kompetisi akan mendapatkan kesempatan mengikuti indipreneurship workshop untuk mengembangkan keliaran berimajinasi dalam menciptakan karya kreatif sekaligus menyusun rancangan kerja untuk merealisasikan karya kreatif tersebut. Setelah itu, para peserta akan menyusun rancangan (prototipe) karya kreatif mereka beserta rancangan kerja yang berisi upaya-upaya kreatif mewujudkan rancangan tersebut. e. Rancangan karya kreatif tersebut akan dinilai oleh panel juri yang terdiri dari praktisi industri kreatif. Rancangan karya kreatif terpilih akan diperkenalkan kepada publik pada indipreneurship festival yang akan diselenggarakan Desember 2010. 3. BERBAHAYA.ORG a. Pembuatan media interaksi para kreator muda dalam bentuk website yang disebut sebagai berbahaya.org. Web ini didesain sebagai ruang ngobrol buat
  5. 5. orang-orang berjiwa muda. Didalamnya ada tantangan untuk berani menemukan dan menampilkan keunikan diri. Media belajar menyenangkan untuk berani menciptakan karya unik yang berdampak perubahan positif. Di sinilah tempat buat kamu semua bisa berbagi dan saling dukung menjadi manusia berjiwa muda, beda dan berbahaya b. Apa saja yang bisa Sobat Berbahaya (panggilang bagi pengunjung website ini) lakukan di berbahaya.org? Sobat berbahaya bisa jadi: • Penikmat (menikmati semua isi yang ada di berbahaya.org)  • Penyebar ide berbahaya (masukkan ke bagian Tanda Bahaya, pilih dan  pakai yang disukai)   • Pemain (bisa ngobrol, main quiz, ataupun mengenali keunikan diri)  • Reporter (ajak obrol orang lain atau buat tulisan tentang acara dan  karya tertentu. Masuk saja ke bagian Menjadi Bahaya)  • Host (fasilitator obrolan yang muda beda dan berbahaya. Masuk saja ke  bagian Menjadi Bahaya)   Ketua Panitia Pelaksana Ketua Panitia Pengarah The Rising of Creative Indonesia The Rising of Creative Indonesia Romy Hidayat Budi Setiawan, M.Psi Contact Person: Dana Oktiana P 08179394910 dana.imanager@gmail.com http://berbahaya.org

×