Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Taubat_PAI 2010

2,847 views

Published on

slide asisten mata kuliah agama islam itb 2010 kelas 5.

Published in: Education
  • Login to see the comments

Taubat_PAI 2010

  1. 1. TAUBAT
  2. 2.  Agung Pandi Nugroho Teknik Geodesi dan Geomatika ITB Ketua Majelis Syura GAMAIS ITB 2010 KontakPonsel : 08195608980E-mail/FB/Twitter:pandi_n@yahoo.comBloghttp://apandin.wordpress.com
  3. 3. Why?
  4. 4. Karena Allah yang memerintahkan kita untuk bertaubat
  5. 5. “Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengantaubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahanRabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmuke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hariketika Allah tidak menghinakan nabi dan orang-orang mukmin yangbersama Dia; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelahkanan mereka, sambil mereka mengatakan: “Ya Rabb kami,sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah Kami;Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS At Tahrim(66) : 8)
  6. 6.  “….dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, Hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.” QS An Nuur (24) :31 “Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertaubat kepada-Nya. (jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang Telah ditentukan dan dia akan memberikan kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. jika kamu berpaling, Maka Sesungguhnya Aku takut kamu akan ditimpa siksa hari kiamat.” QS Hud (11) :3
  7. 7. Karena Rasulullah mencontohkannya
  8. 8. “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (QS 33:21)
  9. 9. “Demi Allah, sesungguhnya aku meminta ampun dan bertaubat kepada Allah dalam sehari lebih dari tujuh puluh kali.” (HR. Bukhari).
  10. 10. Karena kita manusia
  11. 11. Allah mencintai hambanya yang bertaubat
  12. 12.  “…Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.” Al Baqarah:222 “Allah lebih gembira terhadap taubat hamba- Nya daripada seseorang di antara kamu yang mendapatkan untunya yangtelah hilang di gurun sahara” (Muttafaq ‘alaih)
  13. 13. Siapa saja yang bisa dan harus bertaubat??
  14. 14. “Oleh karena itu para ulama bersepakat dan menyebutkan bahwa taubat dari segala dosa adalah keharusan.” (Imam Nawawi- Riyadusshalihin)
  15. 15. Dosa Kecil dapat Menjadi Besar di Sisi Allah...
  16. 16. “Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka Mengetahui.” Ali Imran:135
  17. 17.  Abdullah bin Mas’ud ra berkata : “Seorang mukmin memandang dosanya bagaikan gunung yang akan runtuh menimpa dirinya, sedangkan seorang pendosa menganggap dosanya seperti seekor lalat yang menclok di hidungnya, cukup diusir dengan tangannya.” (Bukhari-Muslim). Bilal bin Sa’ad rahimahullah berkata : “Jangan kamu memandang kecilnya dosa, tapi lihatlah kepada siapa kamu berbuat dosa itu”
  18. 18.  Rasulullah saw bersabda : “Setiap ummatku selamat kecuali orang-orang yang terang- terangan berlaku dosa. Dan diantara perbuatan terang-terangan melakukan dosa ialah jika seseorang berdosa di malam hari sementara Allah telah menutupi aibnya, namun di pagi hari ia merobek tirai penutup itu sambil berkata : “Hai Fulan, semalam aku melakukan ini dan itu.” (Bukhari-Muslim).
  19. 19.  Rasulullah saw bersabda : “Setiap ummatku selamat kecuali orang-orang yang terang- terangan berlaku dosa. Dan diantara perbuatan terang-terangan melakukan dosa ialah jika seseorang berdosa di malam hari sementara Allah telah menutupi aibnya, namun di pagi hari ia merobek tirai penutup itu sambil berkata : “Hai Fulan, semalam aku melakukan ini dan itu.” (Bukhari-Muslim).
  20. 20.  “…dan barang siapa memberi contoh keburukan dalam Islam maka baginya dosa perbuatan itu dan juga dosa orang yang mencontohnya setelah itu tanpa dikurangi sedikitpun dosa itu dari pelakunya.” (Muslim).
  21. 21. Syarat yang harus dipenuhi
  22. 22.  Menghentikan kemaksiatan Menyesalinya Bertekad untuk tidak melakukan kematsiatan itu lagi Dan …. Membebaskan diri dari hak orang lain**syarat dan ketentuan berlaku
  23. 23. 1) Orang yang istiqamah diatas taubat2) Orang yang taubat, istiqamah dalam ketaatan, tapi tidak bisa lepas dari dosa tanpa sengaja.3) Bertaubat beberapa saat , lalu melakukan dosa dengan sengaja tapi tetap melakukan ketaan4) Bertaubat sesaat lalu kembali lagi dalam dosanya tanpa ada hasrat untuk bertaubat lagi.Ihya Ulumuddin : al-ghazali
  24. 24.  Orang yang istiqamah diatas taubat Maksiat lalu taubat dan istiqamah hingga akhir hidupnya. Menambal segala kekurangannya dengan kebaikan dan tidak berkeinginan untuk mengulanginya lagi. An-nafs al-Muthmainnah (jiwa yang tenang)
  25. 25.  Orang yang taubat, istiqamah dalam ketaatan, tapi tidak bisa lepas dari dosa tanpa sengaja. Tingkatan umum orang yang bertaubat Tidak bisa lepas dari dosa karena dorongan keadaan, tapi dalam hatinya mencela perbuatan tersebut dan langsung bertaubat lagi. Usaha yang bisa dilakukan memperbanyak amal kebaikan.
  26. 26.  Bertaubat beberapa saat , lalu melakukan dosa dengan sengaja tapi tetap dalam ketaan (STMJ?) Nafsunya selalu menggoda untuk menunda- nunda taubat. 50-50 An-nafas al-Musawwilah (nafsu yang selalu menggoda)
  27. 27.  An-nafs al-ammarah bis-suu’ (nafsu yang senantiasa memerintahkan kejahatan)
  28. 28. Selama Hayat masih dikandung badanSelama Matahari masih terbit dari Timur.
  29. 29.  “Allah yang Mahamulia dan Maha Agung menerima taubat hamba-Nya selama belum sekarat.” (h.r. Tirmidzi) Dan tidaklah tobat itu diterima Allah dari orang-orang yang mengerjakan kejahatan (yang) hingga apabila datang ajal kepada seseorang di antara mereka, (barulah) ia mengatakan: "Sesungguhnya saya bertobat sekarang" Dan tidak (pula diterima tobat) orang-orang yang mati sedang mereka di dalam kekafiran. Bagi orang-orang itu telah Kami sediakan siksa yang pedih. (QS. An-nisa- 18)
  30. 30.  “Barang siapa yang bertaubat sebelum matahari terbit dari arah barat, maka Allah akan menerima tobatnya.” (h.r. Muslim)
  31. 31. Kapanpun, tapi bukan berarti kita menunda- nunda.
  32. 32.  Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barang siapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan. (Qs 3 :185)
  33. 33. Kenapa harus ditunda padahal kita tak tau kapan kita akan dijemput oleh malaikat maut? Sudah siapkah kita?
  34. 34.  Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa,.. (QS 3 133)
  35. 35. Jadi…apa itu „taubat‟?
  36. 36. Taubat adalah kembali dari kondisi jauh dari Allah swt menuju kedekatan kepada-Nya.Pengakuan atas dosa, penyesalan, berhenti, dan tekad untuk tidak mengulanginya kembali di masa yang akan datang.
  37. 37. Menurut imam Al-GhazaliAda tiga unsur, yaitu Pengetahuan Penyesalan Dan keinginan yang berkaitan dengan masa sekarang, lalu dan masa depan.
  38. 38.  Al-Quran www.dakwatuna.com www.eramuslim.com Al-Mastakhlah fii Tazkiyatil anfus – Sa’id bin Muhammad Daib Hawwa. Riyadus Shalihin – imam Nawawi
  39. 39. Terima Kasihquestion:?Ponsel : 08195608980E-mail/FB/Twitter: pandi_n@yahoo.comBlog : http://apandin.wordpress.com

×