Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Kelompok 4 (erfina, galih, yessi)

401 views

Published on

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Kelompok 4 (erfina, galih, yessi)

  1. 1. A. Himbauan Untuk Reformasi Sosial menurut Illich dan Freire Illich mengharapkan terjadinya revolusi kebudayaan dan ia yakin bahwa perbaikan sistem sekolah formal akan menimbulkan regenerasi masyarakat yang diinginkan. Freire yang mengkritisi sekolah tradisional dalam paham yang lebih politis dengan istilah mereka yang tertindas dan penindas.
  2. 2. Rogers menerapkan terapi yang terpusat pada klien,kemudian beralih pada pendidikan yang tidak diarahkan,dengan mempergunakan prinsip-prinsip penentuan dirisendiri dan penentuan arah sendiri. Maslow mengemukakan bahwa hidup yang lebih baikakan dimungkinkan jika kemampuan manusia dapat melihatdirinya sendiri dengan cara baru sehingga dapat tumbuh baiksecara individu maupun sebagai sosial.
  3. 3. Perilaku mewujudkan diri yang ekspresif di satu pihakdengan perilaku pemecahan masalah di lain pihak. Perbedaanpokok pada dua pendapat ini terletak pada konsep kurikulum,pengajaran tidak terarah, penguasaan pengetahuan danketerampilan yang diberikan dengan gaya pengajaran bebaspenuh. Skinner mengikuti aliran behavioristik, berpendapat bahwaperilaku manusia tidak ditentukan oleh hal-hal yang ada di luarfisik. Perasaan, sikap, niat, dan pemikiran hanyalah mengikutiperilaku dan tidak menjadi penyebab perilaku.
  4. 4. Teori andragogi merupakan gabunganunsur psikologi humanisme denganpendekatan sistem untuk pembelajaran.Berdasarkan asumsi andragogi bahwa wargabelajar mempunyai kebutuhan psikologis yangtidak hanya mengarahkan dirinya sendiri tetapijuga mereka dapat diakui oleh orang lainbahwa mereka sedang mengarahkan dirinya.
  5. 5. Pendidikan nonformal tidak terikat olehpandangan apapun, karena pendidikannonformal berkembang terus menerusmengikuti perkembangan pemikiran dan teoribelajar yang juga terus berkembang.
  6. 6. 1) Brainstorming,2) Human relation Training,3) Latihan motivasi4) Sinektik,5) Permainan simulasi,
  7. 7. 1. Pendekatan yang Terpusat Pada Masalah Kurikulum pada pendekatan ini mengarah pada pengetahuan warga belajar pada masalah kehidupan mereka sehari-hari agar dapat menunjukan bahwa pengetahuan yang diajarkan itu mempunyai relevansi dan manfaat terhadap kehidupan mereka.
  8. 8. Pendekatan proyektif adalah suatu pendekatan yangmenggunakan diskusi tentang perilaku beberapa tokohdalam suatu cerita pendek atau sandiwara yangmelibatkan keadilan tertentu. Pendekatan proyektif inimembantu menemukan sudut-sudut pandang baru untukdapat melihat permasalahan secara lebih jelas. Dalampendekatan ini para pendengar dapat terancang untukmemberikan komentar sesuai dengan pengalamannya dandengan cara demikian dia merasa aman secara psikologis.
  9. 9. Empat ciri dari pendidikan aktualisasi diri:a. Proses terpusat pada dan diitimbulkan oleh warga belajar.b. Belajar antara teman sekelompok.c. Membantu timbulnya “self concept” yang positif yaitu cara seseorang melihat dirinya sendiri serta sampai tingkat mana dirinya sebagai pembawa perubahan.d. Imajinasi yang kreatif
  10. 10. Terima kasih

×