Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Ti ku

386 views

Published on

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Ti ku

  1. 1. Teknologi informasi Sk/kd indikator apersepsi materi evaluasi
  2. 2. Teknologi informasi Sk/kd indikator apersepsi materi evaluasi STANDAR KOMPETENSI : KOMPETENSI DASAR :
  3. 3. Teknologi informasi Sk/kd indikator apersepsi materi evaluasiINDIKATOR PEMBELAJARAN : 1. 2. 3. 4. 5.
  4. 4. Teknologi informasi Sk/kd indikator apersepsi materi evaluasi APERSEPSI :
  5. 5. Teknologi informasi Sk/kd indikator apersepsi materi evaluasi SOFTWARE Software komputer adalah sekumpulandata elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yangdisimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah.
  6. 6. Teknologi informasi Sk/kd indikator apersepsi materi evaluasi JENIS-JENIS SOFTWARE
  7. 7. Teknologi informasi Sk/kd indikator apersepsi materi evaluasi Freeware atau perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu. suite browser dan mail client dan Mozilla News, juga didistribusikan di bawah GPL (Free Software).
  8. 8. Teknologi informasi Sk/kd indikator apersepsi materi evaluasi Free Software lebih mengarah kepada bebas penggunaan tetapi tidak harus gratis program-program di bawah GPL,
  9. 9. Teknologi informasi Sk/kd indikator apersepsi materi evaluasi Shareware Bebas tetapi lebih dibatasi untuk waktu tertentu penggunaannya terdapat sebuah demonstrasi Tempo penggunaan 15-30 hari Untuk dapat menggunakan kembali aplikasi tersebut maka penyedia shareware mungkin mengharuskan Anda untuk membeli lisensi atau serial number, maupun product key-nya.
  10. 10. Teknologi informasi Sk/kd indikator apersepsi materi evaluasiOpen Sourcetersedia untuk pengguna tetapi di bawah hak cipta, dan secara bebas diizinkan untukmendistribusikan kembali perangkat lunak tersebut.GNOME Office - Gnumeric
  11. 11. Teknologi informasi Sk/kd indikator apersepsi materi evaluasi Adware sebagai perangkat lunak iklan, iklan muncul dalam bentuk pop-up tersedia bagi pengguna komputer tanpa biaya
  12. 12. Teknologi informasi Sk/kd indikator apersepsi materi evaluasi Spyware Spyware akan berjalan secara diam-diam (running in the background) pada sistem untuk menginstal perangkat lunak lain pada komputer berisi kode program yang mengirimkan informasi mengenai komputer penggunanya kepada pengembang atau ke beberapa lokasi lain setiap kali pengguna terhubung ke Internet.
  13. 13. Teknologi informasi Sk/kd indikator apersepsi materi evaluasi Nagware program yang secara rutin akan mengeluarkan peringatan kepada pengguna untuk membeli aplikasi atau produk sebelum masa percobaannya berakhir.
  14. 14. Teknologi informasi Sk/kd indikator apersepsi materi evaluasi Malware akan mengeksploitasi data komputer tanpa izin penggunanya. dapat membajak browser . dapat melacak situs website mana saja yang dikunjungi. dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah lagi seperti virus. dapat menyembunyikan dirinya dalam Windows. akan menginstal ulang sendiri beberapa aplikasi dan bahkan ada beberapa komponen sistem yang dihilangkan atau dihapus sepenuhnya,
  15. 15. Teknologi informasi Sk/kd indikator apersepsi materi evaluasi Scareware memberikan pemberitahuan kepada Anda bahwa komputer yang sedang Anda pergunakan saat ini sudah terinfeksi oleh virus yang berpotensi membahayakan. program akan menampilkan peringatan virus palsu dan memerintahkan untuk membeli versi lengkap untuk menghapus infeksi virus (fiksi).
  16. 16. Teknologi informasi Sk/kd indikator apersepsi materi evaluasi Macam- Macam Software Komputer A. APLIKASI Aplikasi angka Kspread : Star Office Calc : Open Office Calc : Lotus 123
  17. 17. Teknologi informasi Sk/kd indikator apersepsi materi evaluasiAplikasi Pengolah KataLotus Word Pro ,Corel Word Perfect ,Star Office WriterOpen Office Writer
  18. 18. Teknologi informasi Sk/kd indikator apersepsi materi evaluasi Aplikasi Pengolah Grafis GIMP INKSCAPE
  19. 19. Teknologi informasi Sk/kd indikator apersepsi materi evaluasiAplikasi PresentasiMs powerpoint
  20. 20. Teknologi informasi Sk/kd indikator apersepsi materi evaluasi Aplikasi Pengolah Data Dbase III, Dbase IV dan Foxbase Microsoft Access
  21. 21. Teknologi informasi Sk/kd indikator apersepsi materi evaluasi Hardware “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
  22. 22. Teknologi informasi Sk/kd indikator apersepsi materi evaluasi Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi : 1. input divice (unit masukan) 2. Process device (unit Pemrosesan) 3. Output device (unit keluaran) 4. Backing Storage ( unit penyimpanan) 5. Periferal ( unit tambahan)
  23. 23. Teknologi informasi Sk/kd indikator apersepsi materi evaluasi 1. Unit Masukan ( Input Device )
  24. 24. Teknologi informasi Sk/kd indikator apersepsi materi evaluasi JOYSTIK headphone Graphics Pads
  25. 25. Teknologi informasi Sk/kd indikator apersepsi materi evaluasi 2. Process device (unit Pemrosesan) Kualitas power supplay menentukan kwalitas kinerja komputer. Daya sebesar 300- 400 wat yang disalurkan power supplay biasanya cukup bagi komputer yang digunakan untuk pengetikan ataupun grafik. Sementara, daya 400-500 watt dibutuhkan jika komputer bekerja menggunakan banyak menggunakan Periferal ( unit tambahan). menyediakan arus listrik untuk berbagai peralatan CPU power supplay mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik Power Supplay tetap untuk digunakan komputer.
  26. 26. Teknologi informasi Sk/kd indikator apersepsi materi evaluasi RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory biasanya disebut dengan istilah pendek yaitu Memori. Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempatpenyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-datapenting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi. RAM (Random Access Memory) – Memory
  27. 27. Teknologi informasi Sk/kd indikator apersepsi materi evaluasi Kartu grafis, atau kartu video adalah kartu ekspansi yang berfungsi untuk menciptakan dan menampilkan tampilan-tampilan Kartu grafis (unit di layar. keluaran) fungsi lain, seperti menangkap video, dan adaptor untuk penala TV, menguraikan Kartu grafis ini terdiri dari rangkaian MPEG-2 dan MPEG-4, FireWire, dan komponen elektronika. Biasanya tertancap menghubungkan menuju beberapa layar. pada slot di papan utama CPU pada Beberapa perusahaan yang membuat komputer. kartu grafis terkenal antara lain adalah ATI, Matrox, dan NVIDIA.
  28. 28. Teknologi informasi Sk/kd indikator apersepsi materi evaluasi Pengertian Prosesor, atau yang biasanya disebut dengan CPU, adalah otak dari komputer. Prosesor adalah komponen yang mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan komputer untuk bisa digunakan menjelajah internet, memutar lagu di iTunes, dan menjalankan sistem operasiProsesor (unit pemprosesan)
  29. 29. Teknologi informasi Sk/kd indikator apersepsi materi evaluasi Motherboard atau Papan induk adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung, motherboard biasa disingkat dengan kata mobo. Pada motherboard inilah perangkat keras seperti Harddisk, ram, prosesor, kartu grafis, dan perangkat keras lain dihubungkan.Motherboard (unit pemprosesan) Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.
  30. 30. Teknologi informasi Sk/kd indikator apersepsi materi evaluasi monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil Monitor pemrosesan data ataupun informasi masukan.
  31. 31. Teknologi informasi Sk/kd indikator apersepsi materi evaluasi Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya. Jenis printer ada tiga macam, yaitu jenis Printer Dot metrix, printer Ink jet, Printer
  32. 32. Teknologi informasi Sk/kd indikator apersepsi materi evaluasi Sepaker di sini pengertiannya sama dengan speaker pada umumnya, Speaker adalah transduser yang mengubahsinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya speaker yang berbentuk selaput.
  33. 33. Teknologi informasi Sk/kd indikator apersepsi materi evaluasi Harddisk adalah sebuah salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sekunder, di dalam harddisk berisi piringan magnetis. Harddisk (HDD)
  34. 34. Teknologi informasi Sk/kd indikator apersepsi materi evaluasi Modem Modulator adalah suatu rangkaian yang berfungsi melakukan proses modulasi, yaitu proses “menumpangkan” data pada frekuensi gelombang pembawa (carrier signal) ke sinyal informasi/pesan agar bisa dikirim ke penerima melalui media tertentu ( seperti media kabel atau udara), biasanya berupa gelombang sinus.
  35. 35. Teknologi informasi Sk/kd indikator apersepsi materi evaluasi kartu suara Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi 3:- Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer. - Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI - Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire
  36. 36. Teknologi informasi Sk/kd indikator apersepsi materi evaluasi SEKIAN DARI SAYA.... TERIMAKASIH ADELIA HARDINI
  37. 37. Teknologi informasi Sk/kd indikator apersepsi materi evaluasi EVALUASI :

×