Kelompok 5(hermawati, adetyo a,pandu yodha aw)

190 views

Published on

pendidikan seumur hidup

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
190
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
9
Actions
Shares
0
Downloads
2
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Kelompok 5(hermawati, adetyo a,pandu yodha aw)

  1. 1. Pendekatan yang Terpusat Pada MasalahKurikulum pada pendekatan ini mengarah padapengetahuan warga belajar pada masalah kehidupanmereka sehari-hari agar dapat menunjukan bahwapengetahuan yang diajarkan itu mempunyairelevansi dan manfaat terhadap kehidupan mereka.
  2. 2. Perancang kurikulum di Thailand mengantisipasi masalah tersebutmenggunakan empat strategi. Keempat strategi tersebut adalahsebagai berikut:a. Sebelum merancang kurikulum, ditentukan lebih dahulu apa yang menjadi kebutuhan warga belajar.b. Perancang kurikulum merencanakan satuan-satuan pelajaran dan proses diskusi untuk pemecahan masalah.c. Menggunakan gambar untuk perangsang diskusi.d. Kurikulum disusun lebih luwes untuk memberi jawaban bagi aneka ragam kebutuhan dan membantu para fasilitator.
  3. 3. pendekatan proyektif adalah suatu pendekatanyang menggunakan diskusi tentang perilakubeberapa tokoh dalam suatu cerita pendek atausandiwara yang melibatkan keadilan tertentu.Pendekatan proyektif ini membantu menemukan sudut-sudut pandang baru untuk dapat melihatpermasalahan secara lebih jelas.
  4. 4. Empat Ciri dari Pendidikan Aktualisasi Diria) Proses Terpusat Pada dan Ditimbulkan Oleh Warga Belajar Pendekatan ini dimulai dengan kepercayaan yang kuat akan kemampuan setiap individu untuk menata kembali kehidupannya sendiri.b)Belajar antara Teman Sekelompok (peer learning) Peerlearning ini dimulai dengan mengadakan hubungan saling percaya mempercayai antara fasilitator dan warga belajar.
  5. 5. c) Membantu Timbulnya “Self Concept” yang Positif Yaitu cara seseorang me1ihat dirinya sendiri serta sampai tingkat mana dirinya sebagai pembawa perubahan Maslow mengatakan bahwa seseorang yang bermotivasi untuk berkembang akan menyelesaikan persoalan yang bertentangan sendiri dengan mengarah ke dalam (mencari dirinya sendiri).
  6. 6. Pemilihan Materi dalam Pendidikan Aktualisasi DiriSelama tujuan pendidikan aktualisasi diri berperanmendorong warga belajar dan menemukan dirinya secarakreatif, menjadi orang pemikir, mempunyai kemampuanmaka material yang digunakan harus dapat mendoronginisiatif warga belajar mendorong ekspresi kreatifsendiri, menantang pemikiran dan menuntun tindakanuntuk belajar dan menemukan dirinya secarakreatif, sendiri, menantang pemikiran, dan menuntuntindakan praktis
  7. 7. Kebutuhan untuk Proses Feedback yang KontinyuKarena base line survey sering menjadi tidak layak danjuga pentingnya petugas lapangan yang terlibat dalamstudi yang pertama dalam masyarakat, maka prosesfeedback harus dimulai dengan kunjungan bersamaoleh petugas ke desa. Sama halnya bila pengalamanbelajar telah direncanakan dan stimulus telahdirancang, maka pengalaman-pengalaman itu harusdiuji dilapangan pada situasi desa yang dapatdibandingkan
  8. 8. Terima Kasih......

×