• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
Hakikat Pendekatan, Model, Metode, dan Teknik Pembelajaran
 

Hakikat Pendekatan, Model, Metode, dan Teknik Pembelajaran

on

  • 36,433 views

punya kelompok 8

punya kelompok 8

Statistics

Views

Total Views
36,433
Views on SlideShare
36,433
Embed Views
0

Actions

Likes
3
Downloads
512
Comments
2

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel

12 of 2 previous next

  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Hakikat Pendekatan, Model, Metode, dan Teknik Pembelajaran Hakikat Pendekatan, Model, Metode, dan Teknik Pembelajaran Presentation Transcript

    • Nama kelompok 8 Siti Qomariyah Rindi Santika Amri Yeni Fajar Fitria Riri Amanda Fitriana Sonia Nelly
    • HakikatPendekatan,Model, Metode,dan TeknikPembelajaran
    • Hakikat Pendekatan Pembelajaran Pengertian Pendekatan Pembelajaran Istilah pendekatan berasal dari bahasa Inggris approach yang memiliki arti ’pendekatan’. Di dalam dunia pengajaran, approach atau pendekatan dapat diartikan cara memulai pembelajaran. Menurut pendapat Wahjoedi (1999), pendekatan pembelajaran adalah cara mengelola kegiatan belajar dan perilaku siswa agar ia dapat aktif melakukan tugas belajar sehingga dapat memperoleh hasil belajar secara optimal.
    •  Fungsi Pendekatan Pembelajaran Fungsi pendekatan bagi suatu pengajaran adalah sebagai pedoman umum dalam menyusun langkah-Iangkah metode pengajaran yang akan digunakan. Sering dikatakan bahwa pendekatan melahirkan metode. Artinya, metode suatu bidang studi, ditentukan oleh pendekatan yang digunakan. Di samping itu, tidak jarang nama metode pembelajaran diambil dari nama pendekatannya.
    •  Perbedaan Prinsip dan Pendekatan Pembelajaran Prinsip PendekatanLahir dari teori-teori Lahir dari asumsi-asumsiBerperan sebagai kerangka teori Berperan sebagai ancangan ataumetode pembelajaran. pedoman langsung metode pembelajaran.Memberi pedoman kepada Memberi pedoman kepadametode pembelajaran dalam metode pembelajaran terutamabanyak hal, seperti bahan, siswa, dalam hal proses belajarguru, proses belajar mengajar. mengajar.Hubungannya dengan metode Hubungannya dengan(penyusunan metode bersifat tak penyusunan metode bersifatlagsung dalam bentuk saran). langsung dan menentukan wujud metode. Metode lahir dari pendekatan.
    •  Macam-Macam Pendekatan Pembelajaran 1. Pendekatan Umum yaitu pendekatan yang berlaku bagi semua bidang studi di suatu sekolah. Contoh pendekatan umum yang ditetapkan kurikulum antara lain: a. Pendekatan CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif) b. Pendekatan Keterampilan Proses c. Pendekatan Spiral d. Pendekatan Tujuan
    • 2. Pendekatan khusus, yaitu pendekatan yangberlaku untuk bidang studi tertentu, misalnyapendekatan khusus pembelajaran bahasaIndonesia. Beberapa contoh pendekatankhusus yang pernah digunakan dalampembelajaran bahasa misalnya:a. pendekatan komunikatif,b. pendekatan struktural,c. pendekatan Iisan,d. pendekatan langsung,e. pendekatan tak langsung,f. pendekatan alamiah.
    • Hakikat Model Pembelajaran Pengertian Model Pembelajaran Model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas. Dengan kata lain, model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau pola yang dapat kita gunakan untuk mendesain pola-pola mengajar secara tatap muka di dalam kelas dan untuk menentukan material atau perangkat pembelajaran.
    •  Unsur-Unsur Model Pembelajaran Joyce dan Weil (1986: 14-15) mengemukakan bahwa setiap model belajar mengajar atau model pembelajaran harus memiliki empat unsur berikut.a. Sintak (syntax)b. Sistem sosial (the social system)c. Prinsip reaksi (principles of reaction)d. Sistem pendukung (support system)
    •  Fungsi Model Pembelajaran Fungsi model pembelajaran adalah sebagai pedoman perancangan dan pelaksanaan pembelajaran. Karena itu, pemilihan model sangat dipengaruhi oleh sifat dari materi yang akan dibelajarkan, tujuan (kompetensi) yang akan dicapai dalam pembelajaran tersebut, serta tingkat kemampuan peserta didik.
    •  Ciri Model Pembelajarana. Rasional teoretik yang logis yang disusun oleh penciptanya atau pengembangnya,b. Landasan pemikiran tentang apa dan bagaimana siswa belajar (tujuan pembelajaran yang akan dicapai),c. Tingkah laku yang diperlukan agar model tersebut dapat dilaksanakan secara berhasil, dand. Lingkungan belajar yang diperlukan agar tujuan pembelajaran itu dapat tercapai (Kardi dan Nur dalam Trianto 2007).
    •  Macam Model Pembelajaran Menurut Karli dan Yuliariatiningsih (2002), macam-macam model pembelajaran adalah: (a) model pembelajaran kontekstual (CTL), (b) model pembelajaran berdasarkan masalah, (c) model pembelajaran konstruktivisme, (d) model dengan pendekatan lingkungan, (e) model pengajaran langsung, (f) model pembelajarn terpadu, dan (g) model pembelajaran interaktif.
    •  Cara Memilih Model Pembelajaran Dalam memilih suatu model pembelajaran harus mempertimbangkan antara lain materi pelajaran, jam pelajaran, tingkat perkembangan kognitif siswa, lingkungan belajar, dan fasilitas penunjang yang tersedia. Dengan cara itu, tujuan (kompetensi) pembelajaran yang telah ditetapkan dapat dicapai.
    • Hakikat Metode Pembelajaran Pengertian Metode Pembelajaran Prawiradilaga (2007) Menyatakan bahwa metode Pembelajaan adalah prosedur, urutan, langkah-langkah dan cara yang digunakan guru dalam mencapaitujuan pembelajaran. Dapat dikatakan metode pembelajaran adalah proses pembelajaran yang difokuskan kepada pencapaian tujuan.
    •  Macam-Macam Metode Pembelajarana.Metode Umum (Metode Umum Pembelajaran) adalah metode yang digunakan untuk semua bidang studi atau mata pelajaran. Misalnya metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi.b.Metode Khusus (Metode Khusus Pembelajaran Bidang Studi Tertentu) adalah metode pembelajaran tiap-tiap bidang studi, misalnya metode khusus pengajaran bahasa.
    •  Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Metode Dalam memilih metode pembelajaran ada beberapa hal yang perlu diperhatikan (Suryobroto 1986, diacu dalam solihatin2007 adalah : a. Tujuan yang akan dicapai, b. Bahan yang akan diberikan, c. Waktu dan perlengkapan yang tersedia, d. Kemampuan dan banyaknya murid, e. Kemampuan guru mengajar.
    • Hakikat Teknik Pembelajaran Pengertian Teknik Pembelajaran Menurut Sudrajat (2008 : 1) mengemukakan bahwa teknik pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik. Misalkan, penggunaan metode ceramah pada kelas dengan jumlah siswa yang relatif banyak membutuhkan teknik tersendiri, dan akan berbeda dengan penggunaan metode ceramah pada kelas yang jumlah siswanya terbatas.
    •  Faktor-Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Penentuan Teknik Pembelajaran Teknik pembelajaran ditentukan berdasarkan metode yang digunakan, dan metode disusun berdasarkan pendekatan yang dianut. Faktor- faktor yang dapat mempengaruhi penentuan teknik pembelajaran di antaranya: situasi kelas, lingkungan, dan kondisi siswa, sifat-sifat siswa, dan kondisi yang lain.
    •  Perbedaan Metode Pembelajaran dan Teknik Pembelajaran Metode TeknikMencakup semua tahap dalam Hanya tertuju kepada satu tahapproses belajar mengajar. proses belajar mengajar, yaitu pada tahap pelaksanaan.Bersifat prosedural (menggam- Bersifat implementasional (meng-barkan prosedur langkag-lang- gambarkan pelaksanaankah menyeluruh proses belajar pengajaran di kelas).mengajar).Tidak tampak dengan melihat Tampak pada saat melihat guruguru yang sedang mengajar di yang sedang mengajar di kelas.kelas.Ditunjukkan untuk mencapai Ditujukan untuk mencapai tujuantujuan umum. khusus.
    •  Macam-Macam Teknik Pembelajaran Teknik Umum (Teknik Umum Mengajar) Teknik umum adalah cara-cara yang dapat digunakan untuk semua bidang studi. Teknik Khusus (Teknik Khusus Pengajaran Bidang Studi Tertentu) Teknik khusus adalah cara mengajarkan (menyajikan atau memantapkan) bahan- bahan pelajaran bidang studi tertentu. “END”