Sejarah kelas X SMA - Kerajaan Singasari
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Sejarah kelas X SMA - Kerajaan Singasari

on

  • 665 views

PPT Tentang seluk Beluk kerajaan Singasari

PPT Tentang seluk Beluk kerajaan Singasari

Statistics

Views

Total Views
665
Views on SlideShare
650
Embed Views
15

Actions

Likes
1
Downloads
40
Comments
0

1 Embed 15

http://www.slideee.com 15

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Sejarah kelas X SMA - Kerajaan Singasari Sejarah kelas X SMA - Kerajaan Singasari Presentation Transcript

  • Kerajaan Singasari
  • PokokMateri Awal berdirinya Awal berdirinya Masa Kejayaan Masa Kejayaan Kehidupan Agama Kehidupan Agama Kehidupan Politik Kehidupan Politik Raja-raja yang memerintah Raja-raja yang memerintah Runtuhnya Kerajaan Runtuhnya Kerajaan Peninggalan Kerajaan Peninggalan Kerajaan Kehidupan Sosial Kehidupan Sosial
  • Sejarah kerajaan ini berawal dari kerajaan Tumapel, yang dikuasai oleh seorang akuwu (bupati). Letaknya di daerah pegunungan yang suburdi wilayah malang dengan pelabuhannya bernama pasuruan. Dari daerah inilah kerajaan Singosari berkembang dan bahkan menjadi sebuah kerajaan besardi Jawa timur, terutama setelah mengalahkan kerajaan Kediri dalam pertempuran di dekat Ganterpada tahun 1222. Masa Kerajaan Singasari mencapai puncakkejayaan ketika dipimpin oleh Raja Kertanegara (1268-1292) yang bergelar Maharajadhiraja Kertanegara Wikrama Dharmottunggadewa.   Awal Berdirinya Kerajaan Singasari
  • Kehidupan Agama di Kerajaan Singhasari Kepercayaan yang dianut Bahkan didalamkeagamaan terjadi sekatisme antara Agama Hindu dan Budha, dan melahirkan Agama Syiwa Budha pemimpinya diberi jabatan Dharma Dyaksa (kepala agama Buddha). Disamping itu ada pendeta Maha Brahmana yang mendampingi Raja, dengan pangkat Sangkhadharma Dalambidang agama, Kertanagara memperkenalkan penyatuan agama Hindu aliran Syiwa dengan agama Budha aliran Tantrayana. Oleh karena itu dalamPararaton. Kertanagara sering juga disebut Bhatara Siwa Buda. Menurut Nagarakretagama, Kertanagara telah menguasai semua ajaran agama Hindhu dan Buddha, Itu sebabnya Kertanagara dikisahkan pula dalamnaskah-naskah kidung sebagai seorang yang bebas dari segala dosa. Bahkan, salah satu ritual agamanya adalah berpesta minuman keras.
  • Kehidupan Sosial Kerajaan Singasari Dalamkitab Pararaton maupun Negara Kertagama diceritakan bahwa kehidupan sosial masyarakat Singosari cukup baikkarena rakyat terbiasa hidup aman dan tenteramsejakpemerintahan Ken Arokbahkan dari raja sampai rakyatnya terbiasa dengan kehidupan religius. Kehidupan religius tersebut dibuktikan dengan berkembangnya ajaran baru yaitu ajaran Tantrayana (Syiwa Budha) dengan kitab sucinya Tantra. Ajaran Tantrayana berkembang dengan baiksejak pemerintahan Wisnuwardhana dan mencapai puncaknya pada masa Kertanegara, bahkan pada akhirpemirintahan Kertanegara ketika diserang oleh Jayakatwang, sedang melaksanakan upacara Tantrayana bersama Mahamantri dan pendeta terkenal. Gelarkeagamaan Kertanagara dalamNagarakretagama adalah Sri Jnanabajreswara, sedangkan dalamprasasti Tumpang ia bergelarSri Jnaneswarabajra. Kertanagara diwujudkan dalam sebuah patung Jina Mahakshobhya (Buddha) yang kini terdapat di Taman Apsari, Surabaya.
  • Nilai Pancasila dalamkehidupan Kerajaan Singasari Nilai Ketuhanan : Memeluk agama Buddha. Nilai Kemanusiaan : Terbuka dengan kebudayaan asing yang masuk. Nilai Persatuan : Ingin mempersatukan nusantara. Nilai Kerakyatan : Rakyat hidup makmur. Nilai Keadilan :Tidak membeda–bedakan kedudukan.
  • AspekEkonomi Kehidupan masyarakat Singasari didominasi dengan bertani, berdagang dan pengrajin. Kegiatan perdagangan nya dilakukan selama lima hari pasaran yang berbeda. Pada masa itu, perdagangan antarpulau, antarwilayah, bahkan dengan negara lain sudah terselenggara dengan baik.
  • AspekSosial Kehidupan sosialnya terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas atas atas raja dan keluarganya, serta bangsawan lainnya. Kelas bawah yakni rakyat jelata dan masyarakat umum. Para pejabat biasanya memiliki wilayah yang dapat dikenakan pajak yang sebagian hasilnya dijadikan upeti untuk raja. Dibangunnya desa-desa mengikuti hari raya pasaran jawa.
  • Dari segi sosial, kehidupan masyarakat Singasari mengalami masa naikturun. Ketika Ken Arok menjadi Akuwu di Tumapel, dia berusaha meningkatkan kehidupan masyarakatnya. Banyak daerah-daerah yang bergabung dengan Tumapel. Namun pada pemerintahan Anusapati, kehidupan sosial masyarakat kurang mendapat perhatian karena ia larut dalamkegemarannya menyabung ayam. Pada masa Wisnuwardhana kehidupan sosial masyarakatnya mulai diaturrapi. Dan pada masa Kertanegara, ia meningkatkan taraf kehidupan masyarakatnya. Upaya yang ditempuh Raja Kertanegara dapat dilihat dari pelaksanaan politik dalamnegeri dan luarnegeri.
  • Masa Kejayaan Kertanegara adalah raja terakhir dan raja terbesar dalam sejarah kerajaan singasari, ia adalah raja pertama yang mengalihkan wawasannya ke luar jawa. Kertanegara juga mengadakan ekspedisi menaklukan Bali. Faktor pendorong kebesaran Singasari : 1. Memperkuat angkatan perang 2. Mengadakan politik luar negeri 3. Mengajak kerja sama lawan politiknya 4. Wilayahnya subur
  • PolitikDalamNegeri  Mengadakan pergeseran pembantu-pembantunya seperti Mahapatih Raganata digantikan oleh Aragani, dll.  Berbuat baikterhadap lawan-lawan politiknya seperti mengangkat putra Jayakatwang (Raja Kediri) yang bernama Ardharaja menjadi menantunya.  Memperkuat angkatan perang.Raja Kertanegara membangun dan memperkuat angkatan perang baik angkatan darat maupun angkatan laut untuk menciptakan keamanan dan ketertiban di dalamnegeri, serta untukmewujudkan persatuan Nusantara  Berbuat baikterhadap lawan-lawan politiknya seperti mengangkat Jayakatwang ( Raja Kendiri ) yang bernama Ardharaja menjadi menantunya, juga Raden Wijaya ( cucu Mahesa Cempaka ) sebagai menantunya
  • PolitikLuarNegeri • Melaksanakan Ekspedisi Pamalayu (1275 dan 1286 M) untukmenguasai Kerajaan melayu serta melemahkan posisi Kerajaan Sriwijaya di Selat Malaka. • Menguasai Bali. (1284 M) • Menguasai Jawa Barat. (1289 M) • Menguasai Malaka (Pahang) dan Kalimantan (Tanjung Pura)
  • Raja Yang Memerintah 1) Ken Arok. Ken Arokmenjadi raja Singasari setelah membunuh Tumapel Tunggul Ametung dan menaklukkan Kerajaan Kediri tahun 1222 di Ganter. Ken Aroksebagai pendiri dan raja pertama di Singasari yang bergelarSri Ranggah Rajasa Sang Amurwabhumi, kemudian keturunannya terkenal dengan sebutan wangsa Rajasa.
  • 2) Anusapati (anakTunggul Ametung - Ken Dedes) Anusapati menjadi raja Setelah membunuh Ken Arok(ayah tirinya), dengan menyuruh seorang pengalasan (budak). Anusapati memerintah pada tahun 1227-1248 M. Setelah meninggal, Anusapati dicandikan di Candi Kidal dekat kota Malang sekarang. Ia memiliki seorang anakbernama Ranggawuni.
  • 3) Tohjaya (anakKen Arok- Ken Umang). Tohjaya menjadi raja setelah membunuh Anusapati. Tahun 1248 timbul pemberontakan yang dilancarkan oleh : * Ranggawuni (anakAnusapati). * Mahisa Campaka (anakMahisa Wongaleleng atau cucu Ken Arokdan Ken dedes) Ia berhasil melarikan diri namun meninggal di daerah Katang Lumbang akibat luka-luka yang dideritanya
  • 4) Ranggawuni. BergelarSri Jaya Wisnuwardhana 1248 - 1268. Wisnuwardhana memerintah Singasari bersama-sama Mahisa Cempaka sebagai Ratu Anggabaya, yaitu pejabat tinggi yang bertugas menanggulangi bahaya yang mengancamkerajaan, gelarnya Narasinghamurti.
  • 5) Kertanegara. BergelarSrimaharajadhiraja Sri Kartanegara (1269 – I292), merupakan raja Singasari yang terbesar. Tahun 1275 dikirimnya ekspedisi Pamalayu. Daerah- daerah yang ditaklukkannya antara lain Bali, Pahang, Sunda, Bakulapura (Kalimantan Barat Daya) dan Gurun (Maluku) serta mengadakan hubungan persahabatan dengan Jaya Singawarman - Raja Campa. Tahun 1292 di taklukan oleh Jayakatwang dari Kediri.
  •   Keruntuhan Kerajaan singasari yang sibuk mengirimkan angkatan pernagnya ke luar jawa, akhirnya mengalami keropos di bagian dalam. Pada tahun1292 terjadi pemberontakan Jayakatwang, bupati gelanggelang, yang merupakan sepupu, sekaligus ipar,sekaligus besan dari Kertanegara sendiri. Dalam serangan itu Kertanegara mati terbunuh. Setelah runtuhnya singosari, Jayakatwang menjadi raja dan membangun ibu kota baru di Kediri. Riwayat kerajaan Tumapel- Singasari pun berakhir.
  • Peninggalan Kerajaan Singasari 1. Candi Singosari      Candi ini berlokasi di Kecamatan Singosari,Kabupaten Malang dan terletak pada lembah di antara Pegunungan Tengger dan Gunung Arjuna. Berdasarkan penyebutannya pada Kitab Negarakertagama serta Prasasti Gajah Mada yang bertanggal 1351 M di halaman komplek candi, candi ini merupakan tempat "pendharmaan" bagi raja Singasari terakhir, Sang Kertanegara, yang mangkat(meninggal) pada tahun 1292 akibat istana diserang tentara Gelang- gelang yang dipimpin oleh Jayakatwang. Kuat dugaan, candi ini tidak pernah selesai dibangun.
  • 2. Candi Jago Arsitektur Candi Jago disusun seperti teras punden berundak. Candi ini cukup unik, karena bagian atasnya hanya tersisa sebagian dan menurut cerita setempat karena tersambar petir. Relief-relief Kunjarakarna dan Pancatantra dapat ditemui di candi ini. Sengan keseluruhan bangunan candi ini tersusun atas bahan batu andesit.
  • 3. Candi Sumberawan Candi Sumberawan merupakan satu-satunya stupa yang ditemukan di Jawa Timur. Dengan jarak sekitar 6 km dari Candi Singosari, Candi ini merupakan peninggalan Kerajaan Singasari dan digunakan oleh umat Buddha pada masa itu. Pemandangan di sekitar candi ini sangat indah karena terletak di dekat sebuah telaga yang sangat bening airnya. Keadaan inilah yang memberi nama Candi Rawan.
  • 4. Arca Dwarapala  Arca ini berbentuk Monster dengan ukuran yang sangat besar. Menurut penjaga situs sejarah ini, arca Dwarapala merupakan pertanda masuk ke wilayah kotaraja, namun hingga saat ini tidak ditemukan secara pasti dimanan letak kotaraja Singhasari.
  • Prasasti Lainnya 5. Prasasti Manjusri, Prasasti Manjusri merupakan manuskrip yang dipahatkan pada bagian belakang Arca Manjusri, bertarikh 1343, pada awalnya ditempatkan di Candi Jago dan sekarang tersimpan di Museum Nasional Jakarta 6. Prasasti Mula Malurung, Prasasti Mula Malurung adalah piagam pengesahan penganugrahan desa Mula dan desa Malurung untuk tokoh bernama Pranaraja. Prasasti ini berupa lempengan-lempengan tembaga yang diterbitkan Kertanagara pada tahun 1255 sebagai raja muda di Kadiri, atas perintah ayahnya Wisnuwardhana raja Singhasari. Kumpulan lempengan Prasasti Mula Malurung ditemukan pada dua waktu yang berbeda. Sebanyak sepuluh lempeng ditemukan pada tahun 1975 di dekat kota Kediri, Jawa Timur. Sedangkan pada bulan Mei 2001, kembali ditemukan tiga lempeng di lapak penjual barang loak, tak jauh dari lokasi penemuan sebelumnya. Keseluruhan lempeng prasasti saat ini disimpan di Museum Nasional Indonesia, Jakarta. 7. Prasasti Singosari
  • Sekian Semoga Prenstasi kami bermanfaat. Jangan lupa diulang di rumah yaaaa 