Kerajaan mataram kuno

28,833 views

Published on

5 Comments
29 Likes
Statistics
Notes
  • cara downloadnya gimana ya ??bisa bantu
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
  • gimna cara downloadnya ini gan kok gak bisa ?
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
  • Permisi, saya ijin untuk mengutip materi anda sebagai refrensi tugas sekolah saya. Sangat bermanfaat, terimakasih.
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
  • tekan save aja, letaknya dipojok kiri atas
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
  • cara downloadnya gimana -,- ?
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
No Downloads
Views
Total views
28,833
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
6
Actions
Shares
0
Downloads
1,346
Comments
5
Likes
29
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Kerajaan mataram kuno

  1. 1. Kerajaan mataram kuno  aillsya dalillah  fadil akbar  fransisca claudia  nurhairunasari  ridho nugroho  widiyarto sentosa
  2. 2. Apek kehidupan politik Pendiri mataram kuno Mataram kuno Keruntuhan mataram kuno Benda peninggalan mataram kuno Sejarah berdirinya aspek keagamaan Aspek kebudayaan Aspek ekonomi
  3. 3. Sejarah berdirinya kerajaan mataram kuno • Kerajaan Mataram (Hindu-Buddha), sering disebut dengan Kerajaan Mataram Kuno sebagai pembeda dengan Mataram Baru atau Kesultanan Mataram (Islam). •Kerajaan Mataram didirikan pada abad ke VIII (8) di JawaTengah sebelah barat kota Magelang.
  4. 4. Letak kerajaan mataram kuno
  5. 5. PENDIRI KERAJAAN MATARAM KUNO DINASTI SANJAYA DINASTI SYALENDRA EMPU SENDOK
  6. 6. Dinasti sanjaya Dinasti Sanjaya adalah dinasti yang rajanya menganut agama Hindu, yang dikenal sebagai pendiri Kerajaan mataram kuno. Dinasti ini menganut agama Hindu aliran Siwa, dan berkiblat ke Kunjaradari di daerah India. Menurut Prasasti Canggal, wangsa ini didirikan pada tahun 732 M oleh Sanjaya.
  7. 7. Raja-raja dinasti sanjaya  Raja Sanjaya (717 – 746 M) Rakai Panangkaran (746 – 784 M) Rakai Panunggalan (784 – 803 M) Rakai Warak (803 – 827 M) Rakai Garung (828 – 847 M) Rakai Pikatan (847 – 855 M) Rakai Kayuwangi (855 – 885 M) Rakai Watuhumalang (894 – 898 M) Watukura Dyah Balitung (898 – 913 M)
  8. 8. Sejarah dinasti sanjaya Sebagai ahli waris Kalingga, Sanjaya kemudian juga menjadi penguasa Kalingga Utara yang disebut Bumi Mataram dalam tahun 732 M
  9. 9. 1. Dinasti Syailendra adalah dinasti yang rajanya beragama budha 2. Peninggalan terbesar Dinasti Syailendra adalah Candi Borobudur yang selesai dibangun pada masa pemerintahan raja Samaratungga (812-833). 3. dinasti Syailendra di Medang, daerah Jawa Tengah bagian selatan. Dinasti ini berkuasa sejak tahun 752 M dan hidup berdampingan dengan dinasti Sanjaya.
  10. 10. RAJA –RAJA DINASTI SYAILENDRA 1) Bhanu (752 – 775 M) 2) Wisnu (775 – 782 M) 3) Indra (782 – 812 M) 4) Samaratungga (812 – 832 M)
  11. 11. sejarah dinasti syailendra Pada tahun 790, Syailendra menyerang dan mengalahkan Chenla (Kamboja), kemudian sempat berkuasa di sana selama beberapa tahun. Tahun 850, era dinasti Syailendra berakhir yang ditandai dengan larinya Balaputradewa ke Sriwijaya.
  12. 12. DINASTI INSYANA atau empu sendok Empu Sendok yang memegang pemerintahan setelah Dyah Wawa meninggal merasa khawatir terhadap serangan yang dilancarkan oleh Kerajaan Sriwijaya. Empu Sendok memindahkan pusat pemerintahannya dari Jawa Tengah ke Jawa Timur Sumber lain menyebutkan perpindahan dari Jawa Tengah ke Jawa Timur disebabkan oleh meletusnya gunung merapi di Jawa Tengah. EMPU SENDOK MERUPAKAN PELETAK DASAR BERDIRINYA KERAJAAN –KERAJAAN DIJAWA TIMUR SEPERTI KERAJAAN MEDANG
  13. 13. Aspek Kehidupan Politik Untuk mempertahankan wilayah kekuasaannya, Mataram Kuno menjalin kerjasama dengan kerajaan tetangga, misalnya Sriwijaya, Siam dan India. Selain itu, Mataram Kuno juga menggunakan sistem perkawinan politik. Misalnya pada masa pemerintahan Samaratungga yang berusaha menyatukan kembali Wangsa Syailendra dan Wangsa Sanjaya dengan cara anaknya yang bernama Pramodyawardhani(Wangsa Syailendra) dinikahkan dengan Rakai Pikatan (Wangsa Sanjaya). Wangsa Sanjaya merupakan penguasa awal di Kerajaan Mataram Kuno, sedangkan Wangsa Syailendra muncul setelahnya yaitu mulai akhir abad ke-8 M. Dengan adanya perkawinan politik ini, maka jalinan kerukunan beragama antara Hindu (Wangsa Sanjaya) dan Buddha (Wangsa Syailendra) semakin erat.
  14. 14. Aspek Ekonomi Daerah itu amat subur sehingga rakyat menggantungkan kehidupannya pada hasil pertanian. Hal ini mengakibatkan banyak kerajaan-kerajaan serta daerah lain yang saling mengekspor dan mengimpor hasil pertaniannya.Usaha untuk meningkatkan dan mengembangkan hasil pertanian telah dilakukan sejak masa pemerintahan Rakai Kayuwangi.
  15. 15. Aspek keagamaan Kerajaan Mataram Kuno meskipun dalam praktik keagamaannya terdiri atas agama Hindu dan agama Buddha, masyarakatnya tetap hdup rukun dan saling bertoleransi. Sikap itu dibuktikan ketika mereka bergotong royong dalam membangun Candi Borobudur.
  16. 16. Aspek kebudayaan Semangat kebudayaan masyarakat Mataram Kuno sangat tinggi. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya peninggalan berupa prasasti dan candi. Prasasti peniggalan dari Kerajaan Mataram Kuno, seperti prasasti Canggal (tahun 732 M), prasasti Kelurak (tahun 782 M), dan prasasti Mantyasih (Kedu). Selain itu, juga dibangun candi Hindu, seperti candi Bima, candi Arjuna, candi Nakula, candi Prambanan, candi Sambisari, cadi Ratu Baka, dan candi Sukuh. Selain candi Hindu, dibangun pula candi Buddha, misalnya candi Borobudur, candi Kalasan, candi Sewu, candi Sari, candi Pawon, dan candi Mendut. Mereka juga telah mengenal bahasa Sansekerta dan huruf Pallawa. Selain tiu, masyarakat kerajaan Mataram Kuno juga mampu membuat
  17. 17. BENDA-BENDA PENINGALAN SEJARAH DI KERAJAAN MATARAM KUNO candi prasasti
  18. 18. CANDI BROBUDUR
  19. 19. Candi prambanan
  20. 20. Candi mendut
  21. 21. Candi plaosan
  22. 22. Candi sambisari
  23. 23. Prasasti Canggal Ditemukan di halaman Candi Gunung Wukir di desa Canggal berangka tahun 732 M dalam bentuk Candrasangkala.
  24. 24. Prasasti Mantyasih Ditemukan di Mantyasih Kedu, Jateng berangka tahun 907 M yang menggunakan bahasa Jawa Kuno.
  25. 25. prasasti kalasan ditemukan di desa Kalasan Yogyakarta berangka tahun 778 M, ditulis dalam huruf Pranagari (India Utara) dan bahasa Sansekerta.
  26. 26. prasasti kelurak ditemukan di desa Prambanan berangka tahun 782 M ditulis dalam huruf Pranagari dan bahasa Sansekerta
  27. 27. RUNTUHNYA KERAJAAN MATARAM KUNO Kemunduran kerajaan Mataram Kuno disebabkan karena kedudukan ibukota kerajaan yang semakin lama semakin lemah dan tidak menguntungkan. Hal ini disebabkan oleh: • Tidak memiliki pelabuhan laut sehingga sulit berhubungan dengan dunia luar • Sering dilanda bencana alam oleh letusan Gunung Merapi • Mendapat ancaman serangan dari kerajaan Sriwijaya.
  28. 28. THANK YOU

×