Sistem endokrin

6,709 views
6,575 views

Published on

0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
6,709
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
586
Actions
Shares
0
Downloads
164
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Sistem endokrin

  1. 1. "Peace be upon you with Gods blessings and prosper."
  2. 2. Sistem endokrin adalahsistem kontrol kelenjar tanpasaluran (ductless) yangmenghasilkan hormon yangtersirkulasi di tubuh melaluialiran darah untuk mempengaruhiorgan-organ lain. Hormonbertindak sebagai "pembawapesan" dan dibawa oleh alirandarah ke berbagai sel dalamtubuh, yang selanjutnya akanmenerjemahkan "pesan" tersebutmenjadi suatu tindakan. Sistemendokrin tidak memasukkankelenjar eksokrin sepertikelenjar ludah, kelenjarkeringat, dan kelenjar-kelenjar
  3. 3. 1. Kelenjar hipofise atau pituitari (hypophysisor pituitary glanrl) yang terletak didalam rongga kepala dekat dasar otak. Kelenjar hipofise berukuran tidak lebihbesar dari kacang tanah terletak terlindung di dasar tengkorak. Kelenjar initerbagi atas 2 bagian, bagian depan dan bagian belakang. Bagian belakangmerupakan kelanjutan dari hipotalamus (bagian dari otak).Kelenjar ini menghasilkan hormon pertumbuhan (growth hormone), hormonperangsang tiroid (TSH), perangsang gonad (FSH), dan lain-lain. Hormonpertumbuhan banyak dihasilkan selama masa pertumbuhan, tetapi menurun setelahmanusia mencapai usia dewasa. Jika hormon itu dihasilkan dalam jumlah berlebihselama masa pertumbuhan, akan didapatkan anak menjadi sangat tinggi.2. Kelenjar tiroid (thyroid glanrl) atau kelenjar gondok yang terletak di leherbagian depan. Kelenjar tiroid atau kelenjar gondok berbentuk mirip kupu-kupuyang menempel di bagian depan batang tenggorok (trachea). Kelenjar ini ikut naikturun pada waktu menelan. Pembesaran kelenjar tiroid disebut goiter ataustruma. Pembesaran ini dapat disebabkan oleh kebanyakan produksi hormone ataukarena kekurangan iodium hingga produksi hormon berkurang, dan pada kasus lainkarena tumor.Produksi hormon yang berlebihan dapat menyebabkan gejala jantung berdebar,yang bila berlarut-Iarut akan melemahkan jantung, banyak keringat dan beratbadan turun, serta mata menonjol seperti ikan koki. Pembesaran tiroid yang aktifdisebut hot nodule dan yang tidak aktif disebut cold nodule
  4. 4. 3. Kelenjar paratiroid (parathyroidglanrl) dekat kelenjar tiroid.Kelenjar paratiroid menghasilkan parathormon yang turut mengaturkadar calcium darah. Kelenjar ini berukuran sebesar beras, beIjumlah 4,terletak di sudut-sudut kelenjar tiroid, karena itu kadang-kadang ikutterpotong pada operasi tiroid.Jika itu terjadi, bagi yang bersangkutan tidak terlalu menjadi masalahjika masih ada 1-2 kelenjar yang tertinggal. Tanpa kelenjar ini yangbersangkutan akan mengalami kejang otot karena gangguan kadarcalcium darah.4. Kelenjar suprarenal (suprarenalglanrl) yang terletak di kutub atasginjal kiri-kanan. Kelenjar suprarenal, bagian pinggir (cortex) dan tengah(medulla). Bagian cortexmenghasilkan hormon pengatur keseimbangancairan dan elektrolit tubuh (adrenocorticotrophichormone, ACTH) danvital untuk kehidupan. Bagian medulla menghasilkan adrenalin dan jugamerupakan bagian dari sistem simpatis. Kelenjar suprarenal jugamenghasilkan sex-hormone dalam jumlah sedikit.
  5. 5. 5. Pulau Langerhans (islets of langerhans) di dalam jaringan kelenjarpankreas. Kelenjar pancreas melalui pulau-pulau langerhans yangtersebar di dalamnya menghasilkan honnon insulin dan glucagon. Keduahormon ini mengatur kadar dan penggunaan glukosa dalarn darah.Gangguan produksi honnon insulin mengakibatkan terjadinya penyakitdiabetes mellitus.6. Kelenjar kelamin (gonarl)laki di testis dan indung telur pada wanita.Placenta dapat juga dikategorikan sebagai kelenjar endokrin karenamenghasilkan hormon.
  6. 6. Mengapa hormon tidak bisa lepas dari sistem endokrin?Hormon tidak semata – mata hadir dengan sendirinya dalam tubuhmanusia. Hormon juga “dilahirkan” dan sistem endokrinlah yang“melahirkannya”.Meskipun ia sendiri adalah sebuah sistem, nyatanya sistemendokrin juga memiliki sebuah sistem lagi didalamnya. Sistemdidalam sistem tersebut dinamakan sistem kontrol kelenjartanpa saluran atau dalam istilah kedokteran dikenal dengan namaductless. Sistem tersebut memiliki kelenjar – kelenjar, dankelenjar itulah yang kemudian menghasilkan zat yang kita sebutdengan hormon. Dinamakan endokrin karena sistem dalam tubuh manusia initidak memiliki saluran untuk keluar bagi zat yang telahdihasilkannya. Hormon yang dihasilkan dalam saluran ini tidakdalam jumlah yang banyak. Meskipun demikian, hormon tetaptersirkulasi dalam tubuh melalui peredaran darah, hinggaakhirnya menyebar keseluruh tubuh.
  7. 7. Mengapa hormon tidak bisa lepas dari sistem endokrin?Hormon tidak semata – mata hadir dengan sendirinya dalam tubuhmanusia. Hormon juga “dilahirkan” dan sistem endokrinlah yang“melahirkannya”.Meskipun ia sendiri adalah sebuah sistem, nyatanya sistemendokrin juga memiliki sebuah sistem lagi didalamnya. Sistemdidalam sistem tersebut dinamakan sistem kontrol kelenjartanpa saluran atau dalam istilah kedokteran dikenal dengan namaductless. Sistem tersebut memiliki kelenjar – kelenjar, dankelenjar itulah yang kemudian menghasilkan zat yang kita sebutdengan hormon. Dinamakan endokrin karena sistem dalam tubuh manusia initidak memiliki saluran untuk keluar bagi zat yang telahdihasilkannya. Hormon yang dihasilkan dalam saluran ini tidakdalam jumlah yang banyak. Meskipun demikian, hormon tetaptersirkulasi dalam tubuh melalui peredaran darah, hinggaakhirnya menyebar keseluruh tubuh.

×