Successfully reported this slideshow.

Metode riset ppt

3,900 views

Published on

tugas PPT metode riset jurnal by karina oktaviani dengan judul Analisa Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Produk Jokers Coffe di Kampus Gunadarma Depok

Published in: Education
  • Be the first to comment

Metode riset ppt

  1. 1. METODE RISETKARINA OKTAVIANI 3EA01
  2. 2. Analisa tingkat kepuasan konsumen terhadap produk jokers coffee di Kampus Gunadarma Depok Karina OktavianiTema : Kepuasan KonsumenFenomena : Coffee sebagai minuman „trend‟ kalanganmahasiswa saat ini.Masalah : Bagaimana tingkat kepuasan konsumen terhadapkualitas produk (rasa, variasi, aroma, kemasan, harga danmerek)Tujuan : untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen atasproduk jokers coffee
  3. 3. Hipotesis :Beberapa atribut mengapa mahasiswa UG mengkonsumsi JokersCoffee :- Rasa- Variasi- Aroma- Kemasan- Harga- Merekhipotesis dari penelitian ini adalah :H1 : Ada pengaruh kepuasan konsumen terhadap produk jokerscoffee.H0 : tidak Ada pengaruh kepuasan konsumen terhadap produkjokers coffee.
  4. 4. METODOLOGI PENELITIANmodel penelitian :Lokasi : Kampus Universitas Gunadarma
  5. 5. Populasi dan Sampel : Populasi nya adalah seluruh mahasiswaUniversitas Gunadarma, sedangkan yang menjadi sampelnyaadalah 30 mahasiswa UG yang pernah mengkonsumsi JokersCoffee.Sumber data : Data Kualitatif dan Data KuantitatifTeknik pengumpulan : Wawancara, Kuisioner dan StudiDokumentasi
  6. 6. ANALISIS DATAhasil pengisian kuesioner dilakukan melalui uji validitas dan uji reliabilitas.Data diolah menggunakan CSI (Customer Satisfaction Index).Tahap-tahap dalam mengukur CSI adalah sebagai berikut :1. Menghitung Weighted Factor yaitu mengubah nilai rata-rata tingkat kepentinganmenjadi angka persen, sehingga didapatkan total Weighting Factor 100 %.2. Menghitung Weighting Score, yaitu nilai perkalian antara nilai rata-rata tingkatkinerja dengan Weighting Factor.3. Menghitung Weighted Total, yaitu menjumlahkan Weighted Score dari semuaatribut.4. Menghitung Satisfaction Index, yaitu Weighted Total dibagi skala maksimal yangdigunakan (dalam penelitian ini skala maksimum adalah 5) kemudian dikali 100 % . 5. Hasil dari analisis CSI akan diperoleh hasil yang ditunjukkan pada tabel 1 yangmemiliki makna sebagai berikut:
  7. 7. Analisis Tingkat Kepentingan dan KinerjaPada analisis ini dapat diketahui sejauh mana tingkat kepentingan dankinerja setiap atribut produk yang dapat memenuhi kebutuhanresponden. Atribut dari produk jokers coffee tersebut adalah rasa,variasi, aroma, kemasan, harga, dan merek.Berdasarkan tabel, atribut yang memiliki nilai kepentingan dankinerja tertinggi adalah rasa, sedangkan atribut yang memilikinilai terendah adalah merek.
  8. 8. Customer Satisfaction Index (CSI)Berikut tabel nilai Customer Satisfaction Index, yang menunjukkan tingkatkepuasan konsumen terhadap produk Jokers Coffee.Berdasarkan perhitungan, nilai CSI produk Jokers Coffee sebesar64,44%, maka konsumen dapat dikatakan “cukup puas” dengan produk yangdipasarkan Jokers Coffee.
  9. 9. PENUTUPKesimpulanTingkat kepuasan konsumen terhadap produk Jokers Coffee dapatdikatakan “Cukup Puas” karena memiliki nilai tingkat CustomerSatisfaction Index (CSI) sebesar 0,6444 atau 64,44% dan atribut yangharus diperbaiki oleh Jokers Coffe adalah hargaSaranBerdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan, saran yang dapatdiajukan adalah:1. Sebaiknya Jokers Coffe lebih memperhatikan atribut harga, karenaatribut tersebut memiliki tingkat kepentingan yang tinggi dimatakonsumen tetapi memiliki nilai kinerja yang masih rendah.2. Sebaiknya produk Jokers Coffee dilengkapi dengan kemasan yanglebih menarik mata agar terlihat ‘elit’ dan izin dari Depkes untukmendapatkan kepercayaan lebih dari konsumen.

×