Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Kuesioner

58,872 views

Published on

Published in: Education

Kuesioner

  1. 1. SURAT PERMOHONAN MENJADI RESPONDENKepada Yth.Bapak/Ibu/Saudara/iDi TempatDengan hormat,Saya mahasiswa Pascasarjana Institut Teknologi Bandung Program Studi Manajemen dan RekayasaKonstruksi (MRK),Nama : Fajar Susilowati, STNIM : 25008302Sedang mengadakan penelitian tentang “Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Perilaku Citizenship,Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional pada Pekerja Lapangan di Konstruksi”. Saudara terpilihsebagai responden untuk memberikan pendapat sebagai masukan guna mengetahui pengaruhkepemimpinan terhadap perilaku citizenship, kepuasan kerja dan komitmen organisasional pada pekerjalapangan di konstruksi tersebut.Dalam menjawab kuesioner yang saya berikan, mohon kepada Bapak/Ibu/Saudara/i untuk memberikanjawaban yang sejujur-jujurnya dan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Adapun jawaban yangBapak/Ibu/Saudara/i berikan tidak akan berpengaruh pada diri Bapak/Ibu/Saudara/i karena penelitian inidilakukan semata-mata untuk pengembangan ilmu pengetahuan.Besar harapan saya, Bapak/Ibu/Saudara/i bersedia untuk mengisi kuesioner ini. Atas kesediaannya sayaucapkan terima kasih. Hormat saya, Fajar Susilowati, ST. NIM. 25008302
  2. 2. A. DATA RESPONDEN :Sebelum menjawab pertanyaan dalam kuesioner ini, mohon Saudara mengisi data berikut terakhirterlebih dahulu. (Jawaban yang saudara berikan akan diperlakukan secara rahasia).Lingkari untuk jawaban pilihan saudara. a. Jabatan (ditulis) :…………………………………………………………………………… b. Jenis Kelamin : 1. Laki-laki 2. Perempuan c. Lokasi kerja (ditulis) :…………………………………………………………………………… d. Berapa lama saudara telah bekerja di Konstruksi ? 1. di bawah 5 th 2. 5 – 10 th 3.11–15 th 4.16–19 th 5.di atas 20 th e. Berapa usia anda saat ini ? 1. di bawah 26 th 2.26 – 30 th. 3.31 – 35 th 4.36 – 40 th 5.41 – 45 th 6.46 – 50 th 7. di atas 50 th f. Apa pendidikan terakhir saudara ? 1.SD 2.SLTP 3.SLTA 4. D1 5. D2 6.D3 7. S1 8. Lainnya, ……………………………………. g. Apa status kepegawaian saudara di tempat kerja sekarang ? 1. Pegawai tetap 2. Diperbantukan 3. DipekerjakanB. PETUNJUK PENGISIAN KUESIONER1. Dari daftar pertanyaan yang ada dikelompokkan dalam 4 (empat) bagian utama indikator pengukuran (Lihat Tabel)2. Responden diharapkan membaca terlebih dahulu diskripsi masing-masing pertanyaan sebelum memberikan jawaban.3. Responden dapat memberikan jawaban dengan memberikan tanda check (√) pada salah satu pilihan jawaban yang tersedia. Hanya satu jawaban saja yang dimungkinkan untuk setiap pertanyaan.4. Pada masing-masing pertanyaan terdapat lima alternative jawaban yang mengacu pada teknik skala Likert, yaitu: • Sangat Setuju (SS) =5 • Setuju (S) =4 • Netral (N) =3 • Tidak Setuju (TS) =2 • Sangat Tidak Setuju (STS) = 15. Data responden dan semua informasi yang diberikan akan dijamin kerahasiaannya,oleh sebab itu dimohon untuk mengisi kuesioner dengan sebenarnya dan seobjektif mungkin.
  3. 3. DAFTAR KUESIONER Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Perilaku Citizenship, Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional pada Karyawan Perusahaan Konstruksi1. KUESIONER KEPEMIMPINAN Alternatif Jawaban No Pendapat Tentang Kepemimpinan Atasan SS S N TS STS 1 Memotivasi kerja karyawan melalui promosi jabatan 2 Memotivasi karyawan melalui pemberian penghargaan berupa upah insentif 3 Memberikan teguran kepada karyawan yang tidak dapat menyelesaikan tugasnya 4 Memberikan peringatan kepada karyawan yang tidak masuk kerja tanpa keterangan 5 Memberikan penghargaan berupa pujian kepada karyawan yang berprestasi 6 Selalu mendorong karyawan agar berprestasi yang lebih bagus dalam bekerja 7 Memberikan rangsangan berupa pemberian bonus pada setiap penyelesaian pekerjaan yang memuaskan 8 Menekankan karyawan agar setiap pekerjaan dapat diselesaikan dengan memuaskan atau sempurna 9 Memberikan kesempatan kepada karyawan untuk dapat meraih atau meningkatkan jabatan yang lebih tinggi di perusahaan 10 Memberikan keyakinan bahwa karyawan mampu dalam melaksanakan tugasnya dengan baik2. KUESIONER ORGANISATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) Alternatif Jawaban No Pertanyaan SS S N TS STS 1 Saya cukup percaya bahwa pimpinan akan selalu berusaha adil. 2 Atasan saya tidak akan pernah mencari keuntungan dengan membohoingi bawahannya. 3 Saya cukup percaya dengan kejujuran atasan saya. 4 Saya merasa sangat setia/loyal terhadap atasan saya. 5 Saya akan mendukung atasan saya meskipun dalam kondisi darurat 6 Saya merasa bahwa pekerjaan saya menjamin karir dan masa depan. 7 Melihat kinerja pimpinan dimasa lalu, saya tidak punya alasan untuk meragukan kompetensinya. 8 Saya percaya bahwa pimpinan saya tidak akan mempersulit pekerjaan saya. 9 Sebagian besar karyawan percaya dan menghormati pimpinan. 10 Pimpinan saya melaksanakan pekerjaan secara profesional.
  4. 4. 3. KUESIONER KOMITMEN ORGANISASI Alternatif Jawaban No Pertanyaan SS S N TS STS 1 Saya merasa ikut memiliki organisasi di tempat saya bekerja. 2 Saya merasa terikat secara emosional dengan organisasi di tempat saya bekerja 3 Organisasi di tempat saya bekerja sangat berarti bagi saya. 4 Saya merasa menjadi bagian dari organisasi di tempat saya bekerja. 5 Saya merasa masalah organisasi di tempat saya bekerja juga seperti masalah saya. 6 Saya sulit terikat dengan organisasi lain seperti organisasi di tempat saya bekerja. 7 Saya mau berusaha di atas batas normal untuk mensukseskan perusahaan di tempat saya bekerja 8 Saat ini saya tetap tinggal di perusahaan karena komitmen terhadap organisasi. 9 Alasan utama saya tetap bekerja di perusahaan ini adalah karena loyalitas terhadap perusahaan. 10 Saya merasa tidak komitmen jikameninggalkan organisasi di tempat saya bekerja4. KUESIONER KEPUASAN KERJA Alternatif Jawaban No Pertanyaan SS S N TS STS 1 Atasan saya cukup mampu dalam melaksanakan tugasnya 2 Atasan berlaku adil terhadap semua karyawan 3 Atasan saya menunjukkan sedikit ketertarikan dalam memperhatikan bawahannya 4 Saya merasa senang dengan hasil kerja saya selama ini. 5 Hasil kerja saya selalu dinilai secara positif oleh atasan saya 6 Saya merasakan lingkungan kerja yang harmonis dan kondusif 7 Saya merasakan pimpinan sudah memperhatikan terhadap kesejahteraan karyawan 8 Pihak manajemen perusahaan selalu memperhatikan tingkat keselamatan karyawannya 9 Manajemen perusahaan selalu memberikan kompensasi terhadap prestasi kerja karyawan 10 Saya merasa bangga dan loyal terhadap pekerjaan saya

×