Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Ppt sidang skripsi

139,997 views

Published on

Ppt sidang skripsi

  1. 1. PRESENTASIPRESENTASI UJIANUJIAN SKRIPSISKRIPSI
  2. 2. ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAPANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK PETIS IKAN TUNA DI KABUPATENPRODUK PETIS IKAN TUNA DI KABUPATEN SAMPANGSAMPANG Disusun olehDisusun oleh :: NamaNama : Mohammad Muhlis: Mohammad Muhlis NPMNPM : 07.03.3.1.1.00021: 07.03.3.1.1.00021 JurusanJurusan : Teknologi Industri Pertanian: Teknologi Industri Pertanian PembimbingPembimbing : Milatul Ulya STP. MT: Milatul Ulya STP. MT supriyanto, STP. MPsupriyanto, STP. MP 2
  3. 3. Latar Belakang  Petis merupakan salah satu produk olahan yang banyak digemari masyarakat madura salah satunya yaitu di Kabupaten Sampang.  Banyaknya home industri (petis ikan tuna) di daerah Kabupaten Sampang sehingga pihak industri dituntut memberikan pelayanan bermutu untuk menumbuhkan preferensi dan harapan konsumen.  Penelitian ini dilakukan di UD. Hj Diya Food Sampang (salah satu industri yang mengolah petis ikan tuna)  Petis merupakan salah satu produk olahan yang banyak digemari masyarakat madura salah satunya yaitu di Kabupaten Sampang.  Banyaknya home industri (petis ikan tuna) di daerah Kabupaten Sampang sehingga pihak industri dituntut memberikan pelayanan bermutu untuk menumbuhkan preferensi dan harapan konsumen.  Penelitian ini dilakukan di UD. Hj Diya Food Sampang (salah satu industri yang mengolah petis ikan tuna) Tujuan penelitian adalah sebagai berikut. 1. Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen pada produk petis ikan tuna. 2. Untuk mengetahui dan menganalisis kepuasan konsumen terhadap atribut produk petis ikan tuna menggunakan Index Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). 2. Untuk mengetahui strategi bauran pemasaran sebagai implikasi dari perilaku konsumen petis ikan tuna. Tujuan penelitian adalah sebagai berikut. 1. Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen pada produk petis ikan tuna. 2. Untuk mengetahui dan menganalisis kepuasan konsumen terhadap atribut produk petis ikan tuna menggunakan Index Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). 2. Untuk mengetahui strategi bauran pemasaran sebagai implikasi dari perilaku konsumen petis ikan tuna. 1. penelitian hanya dilakukan pada produk petis ikan tuna. 2. Penelitian dilakukan di daerah Ketapang, Kedungdung, Tanjung, Sampang kota, dan Aeng Sareh. Tujuan PenelitianTujuan Penelitian Batasan PenelitianBatasan Penelitian
  4. 4. BAB II TINJAUAN PUSTAKA • Petis adalah hasil olahan yang bahan-bahannya sebagian besar berasal dari perikanan, sedangkan untuk menghasilkan produk jadi harus dicampur dengan bumbu atau bahan lain (Moeljanto,1982). • Pengertian Preferensi Konsumen ̶ Menurut Simamora (2003), Preferensi berasal dari kata prefer adalah kecendrungan atau kesukaan seseorang untuk memilih sesuatu. Preferensi konsumen yaitu dapat terbentuk melalui pola pikir konsumen yang didasarkan beberapa alasan antara lain: a. Pengalaman yang diperoleh sebelumnya. b. Kepercayaan turun-temurun. • Importance Performance Analysis (IPA) − Konsep Importance Performance yaitu responden diminta untuk menjawab performance atau tingkat kepuasan dari berbagai dimensi atau atribut yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. • Customer Satisfaction Index (CSI) − Sebagai acuan untuk menentukan tingkat kepuasan konsumen secara menyeluruh dengan pendekatan yang mempertimbangkan tingkat kinerja dari atribut yang di ukur serta untuk menentukan sasaran-sasaran di masa yang akan datang. • Petis adalah hasil olahan yang bahan-bahannya sebagian besar berasal dari perikanan, sedangkan untuk menghasilkan produk jadi harus dicampur dengan bumbu atau bahan lain (Moeljanto,1982). • Pengertian Preferensi Konsumen ̶ Menurut Simamora (2003), Preferensi berasal dari kata prefer adalah kecendrungan atau kesukaan seseorang untuk memilih sesuatu. Preferensi konsumen yaitu dapat terbentuk melalui pola pikir konsumen yang didasarkan beberapa alasan antara lain: a. Pengalaman yang diperoleh sebelumnya. b. Kepercayaan turun-temurun. • Importance Performance Analysis (IPA) − Konsep Importance Performance yaitu responden diminta untuk menjawab performance atau tingkat kepuasan dari berbagai dimensi atau atribut yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. • Customer Satisfaction Index (CSI) − Sebagai acuan untuk menentukan tingkat kepuasan konsumen secara menyeluruh dengan pendekatan yang mempertimbangkan tingkat kinerja dari atribut yang di ukur serta untuk menentukan sasaran-sasaran di masa yang akan datang.
  5. 5. BAB III METODOLOGI PENELITIAN Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 01 Januari sampai tanggal 15 Maret 2013. Tempat pelaksanaan penelitian dilakukan di UD. Hj DIYA FOOD yang terletak di daerah Jhu’ Lanteng Kota Sampang Madura.
  6. 6. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
  7. 7. Analisis Analisis IPA dan CSI Menganalisi semua hasil kuesioner yang sifatnya pernyataan, dari tingkat kepentingan dan tingkat kinerja dengan menghitung semua data yang diperoleh untuk mendapatkan data-data perbaikan dan nilai kepuasan konsumen.
  8. 8. Tabel 4.8 skor dan penilaian tingkat kepentingan dan tingkat kinerja produk petis ikan tuna UD. Hj Diya Food
  9. 9. TingkatTingkat kesesuaiankesesuaian TingkatTingkat kesesuaiankesesuaian
  10. 10. Gambar 4.8 Diagram kartesius tingkat kepentingan dan tingkat kinerja atribut kepuasan pelanggan produk petis ikan tuna UD. Hj Diya Food.
  11. 11. Analisis customer satisfaction indexAnalisis customer satisfaction index Metode Costumer Satisfaction Index (CSI) digunakan untuk menentukan tingkat kepuasan konsumen secara menyeluruh dengan melakukan pendekatan yang mempertimbangkan tingkat harapan dan kinerja dari setiap artibut kualitas produk yang diukur.Nilai rata-rata tingkat kepentingan dan tingkat kinerja masing-masing atribut kualitas produk yang diperoleh dari perhitungan CSI yaitu sebesar 0.60 nilai ini tingkat kepuasan konsumen ada pada rentang 0.51-0.65 artinya batasan nilai tersebut berada pada tingkat “cukup puas” Metode Costumer Satisfaction Index (CSI) digunakan untuk menentukan tingkat kepuasan konsumen secara menyeluruh dengan melakukan pendekatan yang mempertimbangkan tingkat harapan dan kinerja dari setiap artibut kualitas produk yang diukur.Nilai rata-rata tingkat kepentingan dan tingkat kinerja masing-masing atribut kualitas produk yang diperoleh dari perhitungan CSI yaitu sebesar 0.60 nilai ini tingkat kepuasan konsumen ada pada rentang 0.51-0.65 artinya batasan nilai tersebut berada pada tingkat “cukup puas”
  12. 12. Customer satisfaction index (CSI) Nilai CSI diperoleh dengan membagi Weighted Average (penjumlahan seluruh Weighted Score) dengan skala maksimum (skala lima) yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil dari perhitungan diperoleh nilai CSI 0.60 dinilai cukup puas (CP). Customer satisfaction index (CSI) Nilai CSI diperoleh dengan membagi Weighted Average (penjumlahan seluruh Weighted Score) dengan skala maksimum (skala lima) yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil dari perhitungan diperoleh nilai CSI 0.60 dinilai cukup puas (CP).
  13. 13. 1.1. Faktor-faktor yang dominan yang mempengaruhi preferensi konsumenFaktor-faktor yang dominan yang mempengaruhi preferensi konsumen dalam penelitian ini yaitu produk memiliki ciri khas dari produk pesaing,dalam penelitian ini yaitu produk memiliki ciri khas dari produk pesaing, pengaruh lingkungan dan individu seperti budaya, kelas sosial, pengaruhpengaruh lingkungan dan individu seperti budaya, kelas sosial, pengaruh pribadi, keluarga dan situasi serta SDM konsumen.pribadi, keluarga dan situasi serta SDM konsumen. 2.2. Berdasarkan hasilBerdasarkan hasil Customer Satisfaction IndexCustomer Satisfaction Index (CSI), tingkat kepuasan secara(CSI), tingkat kepuasan secara keseluruhan terhadap kualitas produk petis ikan tuna UD. Hj Diya Food yaitukeseluruhan terhadap kualitas produk petis ikan tuna UD. Hj Diya Food yaitu mempunyai predikat “cukup puas”. Hal ini dapat dilihat dari CSI yang bernilaimempunyai predikat “cukup puas”. Hal ini dapat dilihat dari CSI yang bernilai 60 persen.60 persen. 3.3. Strategi pemasaranStrategi pemasaran (marketing mix(marketing mix ) yang ada pada perusahaan atau) yang ada pada perusahaan atau industri UD. Hj Diya Food perlu diperhatikan terkait denganindustri UD. Hj Diya Food perlu diperhatikan terkait dengan product,product, place, price and promotionplace, price and promotion . Karena atribut kebanyakan berada pada. Karena atribut kebanyakan berada pada kuadran IV (IPA), artinya konsumen masih menilai kurang penting dankuadran IV (IPA), artinya konsumen masih menilai kurang penting dan pelaksanaannya dilakukan dengan baik (berlebihan).pelaksanaannya dilakukan dengan baik (berlebihan).
  14. 14. 1.1. UD. Hj Diya Food sebaiknya lebih konsentrasi memperbaiki atribut produk rasa danUD. Hj Diya Food sebaiknya lebih konsentrasi memperbaiki atribut produk rasa dan ketersediaan karena penelitian ini hanya terbatas beberapa tempat karena beberapa daerahketersediaan karena penelitian ini hanya terbatas beberapa tempat karena beberapa daerah di Kabupaten Sampang banyak yang belum mengenal produk petis ikan tuna UD. Hj Diyadi Kabupaten Sampang banyak yang belum mengenal produk petis ikan tuna UD. Hj Diya food.food. 3.3. Dapat dilakukan penelitian lanjutan mengenai preferensi konsumen danDapat dilakukan penelitian lanjutan mengenai preferensi konsumen dan marketing mixmarketing mix produk petis ikan tuna di seluruh kabupaten Sampang,produk petis ikan tuna di seluruh kabupaten Sampang, karena pada penelitian ini tempat pengambilan sampel respondenkarena pada penelitian ini tempat pengambilan sampel responden dibatasi pada beberapa daerah.dibatasi pada beberapa daerah.

×