• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
Pengembangan media bk
 

Pengembangan media bk

on

  • 3,260 views

 

Statistics

Views

Total Views
3,260
Views on SlideShare
3,210
Embed Views
50

Actions

Likes
1
Downloads
45
Comments
0

2 Embeds 50

http://amaterasulovers.blogspot.com 49
http://amaterasulovers.blogspot.com.au 1

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Adobe PDF

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Pengembangan media bk Pengembangan media bk Document Transcript

    • Pengembangan media Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang Visit http://amaterasulovers.blogspot.com 1. PENGENALAN MEDIA BIMBINGAN DAN KONSELING Pengertian Media a. Kata media berasal dari bahasa latin “medium” yang berati pengantar atau perantara b. Sedangkan menurut para ahli pengertian media sebagai berikut: 1) Gagne, media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsang untuk belajar 2) Heinich, media merupakan saluran alat komunikasi 3) Miarso, media adalah sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan yang dapat merangsang pikiran, perhatian, dan kemauan siswa untuk belajar. Pengertian Media Bimbingan dan Konseling Media Bimbingan dan Konseling adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan Bimbingan dan Konseling yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa/ konseli untuk memahami diri, mengarahkan diri, mengambil keputusan serta memecahkan masalah yang dihadapi. Kedudukam Media Dalam Sistem Bimbingan dan Konseling Bimbingan dan Konseling dikatakan sebagai system karena didalamnya mengandung komponen yang saling berkaitan untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan, salah satunya adalah media. Manfaat Media 1. Manfaat media secara umum a. Memperjelas pesan agar tidak terlalu verbalis b. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu tenaga dan daya indra c. Memberikan rangsangan yang sama dengan media d. Untuk membantu proses layanan Bimbingan dan Konseling lebih menarik 2. Mannfaat media dalam Bimbingan dan Konselig a. Meningkatkan kualitas layanan Bimbingan dan Konseling b. Memperlancar proses Bimbingan dan Konseling c. Sebagai alat bantu untuk mewujudkan situasi Bimbingan dan Konseling yang efektif d. Sebagai alat bantu untuk mencapai tujuan Bimbingan dan Konseling. 2. JENIS-JENIS MEDIA BIMBINGAN DAN KONSELING Berdasarkan bentuk dan cara penyajiannya, maka media Bimbingan dan Konseling dapat diklasifikasikan menjadi dua macam, yaitu media grafis dan media soft. Untuk lebih jelasnya bisa dibaca pada penjelasan di bawah ini: Media Grafis Media grafis adalah media visual yang menyajikan fakta, ide atau gagasan melalui penyajian kata-kata, kalimat, angka-angka, dan simbol atau gambar.
    • Pengembangan media Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang Visit http://amaterasulovers.blogspot.com Contoh : papan bimbingan, poster, leaflet. Kelebihan media grafis: a. Pembuatannta mudah dan biaya murah b. Dapat mempermudah dan mempercepat pemahaman siswa terhadap peasan yang disajikan c. Bisa menarik perhatian siswa. Kelemahan media grafis: a. Membutuhkan ketrampilan kusus dalam pembuatannnya b. Penyajian pesan hanya unsur visual saja (yang dapat dilihat). Media Soft Media soft adalah gambungan dari audio dan visual yang disajikan semenarik mungkin baik itu kata-kata, suara, dan gambar pendukung. Contoh: powerpoint (ppt), cuplikan filem pendek. Kelebihan media soft: a. Mudah diedit b. Fleksibel bisa dibawa kemana-mana c. Dapat mempermudah peahaman siswa karena didukung audio dan visual. Kelemahan : a. Membutuhkan biaya yang lumayan besar b. Harus punya ketrampilan lebih dibidang IT (Information Technology). 3. PERENCANAAN MEDIA BIMBINGAN DAN KONSELING Berikut ini langkah-langkah dalam perencanaan media: 1. Identifikasi kebutuhan siswa 2. Perumusan tujuan Bimbingan dan Konseling 3. Perumusan materi 4. Mengembangkan alat ukur keberhasilan 5. Membuat media 6. Merumuskan instrumen dan tes dan revisi. 4. TEKNIK PEMILIHAN MEDIA BIMBINGAN DAN KONSELING 1. Alasan Teoritis Pemilihan Media Proses pemilihan media sangat penting karena kedudukan media yang strategis untuk membantu keberhasilan layanan Bimbingan dan Konseling. Alasan utama pemilihan media, karena didasari konsep bahwa Bimbingan dan Konseling sebagai sistem yang didalamnya terdapat suatu totalitas yang terdiri atas sejumlah komponen yang saling berkaitan untuk mencapai tujuan. 2. Alasan Praktis Pemilihan Media
    • Pengembangan media Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang Visit http://amaterasulovers.blogspot.com Alasan paktis berkaitan dengan pertimbangan-pertimbangan dan alasan si pengguna seperti guru BK mengapa menggunakan media Bimbingan dan Konseling. Ada empat alasan memilih media menurut Arif Sadirman (1996:84) yaitu: a. Demonstration Media dapat digunakan sebagai alat untuk mendemonstrasikan sebuah konsep, objek, kegunaan, dan cara mengoperasikannya. b. Familiarity Pengguna BK memiliki alasan pribadi kenapa dia menggunakan media tersebut, merasa sudah menguasai media tersebut, dan jika menggunakan media lain belum tentu bisa serta untuk mempelajarinya membutuhkan biaya. c. Clarity Alasan ketiga kenapa guru BK menggunakan media adalah untuk lebih memperjelas pesan Bimbingan dan Konseling yang disampaikan dan dapat memberikan alasan yang konkrit. d. Aktifkan siswa atau konseli Media bisa berbuat apa yang lebih dilakukan guru, yaitu siswa berperan secara aktif baik secara fisik, mental, dan emosional. 5. PEMBUATAN MEDIA BIMBINGAN DAN KONSELING Untuk membuat media Bimbingan dan Konseling bisa menggunakan alat yang bermacam-macam, untuk membuat papan bimbingan bisa memanfaatkan sesuatu yang ada disekitar kita, misalnya daun, bunga, dan lain sebagainya sehingga memperkuat karakteristik kearifan lokal. Pembuatan media grafis seperti poster, lealet bisa menggunakan komputer dengan bantuan software Adobe Photoso, Corel Draw, dan software pengolah grafis lainnya begitupun dengan pembuatan media soft seperti powerpoint (ppt), edit video film pendek bisa menggunakan bantuan komputer yaitu microsoft office dan software olah video diantaranya Adobe Primerie, Ulead, dan Corel Video.