Biologi (molusca)

6,666 views

Published on

Semoga Bermanfaat... =)

Published in: Education
4 Comments
9 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
6,666
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
5
Actions
Shares
0
Downloads
582
Comments
4
Likes
9
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Biologi (molusca)

  1. 1. “ KELOMPOK 7 “Tema Kelompok : “ MOLLUSCA “Guru Pembimbing : Ibu Nunung Giyanti, S.Pd.Susunan Kelompok : 1. Iqbal Aditiya (Koordinator)2. Adelya Ramadanis3. Win Raymond S.4. Syaufi RamadoniX.2
  2. 2. MOLLUSCAMollusca (bahasa latin, mollis = lunak) merupakan hewanyang bertubuh lunak. Tubuhnya lunak dilindungi oleh cangkang,meskipun ada juga yang tidak bercangkang.Ciri-ciri Mollusca:1. Hewan Multiselular yang tidak bertulang belakang.2. Habitatnya di Air (Insang) / Darat (Rongga Mantel)3. Hewan triploblastik selomata.4. Struktur tubuhnya simetri bilateral.5. Memiliki sistem syaraf berupa cincin syaraf.6. Organ ekskresi berupa nefridia.7. Memiliki radula (lidah bergigi).8. Hidup secara heterotrof.9. Reproduksinya seksual (Fertilisasi internal), tetapi ada juga yanghermaprodit.
  3. 3. • KakiKaki merupakan perpanjangan/penjuluran dari bagian Ventraltubuh yang berotot. Kaki berfungsi untuk bergerak. Pada sebagianmollusca kaki telah termodifikasi menjadi tentakel yang berfungsiuntuk menangkap mangsa.• Massa ViseralMassa viseral adalah bagian tubuh yang lunak dari mollusca. Didalam massa viseral terdapat organ-organ seperti organ pencernaan,ekskresi, dan reproduksi. Massa viseral dilindungi oleh mantel.• MantelMantel adalah jaringan tebal yang melindungi massa viseral.Mantel membentuk suatu rongga yang disebut rongga mantel. Di dalamrongga mantel berisi cairan. Cairan tersebut adalah tempat lubanginsang, lubang ekskresi dan anus.
  4. 4. Klasifikasi Mollusca
  5. 5. A. Polyplacophora (Amphineura)Ciri-ciri :1) Bentuk Tubuhnya bulat telur, pipih, dan simetris bilateral.2) Hidupnya di Laut.3) Tidak memiliki tentakel dan mata.4) Pencernaan makanan dengan radula.5) Ruang mantel dengan permukaan dorsal.6) Tertutup oleh 8 papan berkapur.7) Permukaan lateral mengandung banyak insang.8) Bersifat hermafrodit (berkelamin dua).9) Reprod secara seksual, Fertilisasi eksternal.Contoh : Cryptochiton sp / Chiton
  6. 6. B. GastropodaCiri-ciri :• Gastropoda bergerak dengan kaki yang terletak di bagian perut.• Penjalaran kontraksi otot dari bagian posterior ke anterior mengakibatkangerakan kaki seperti gelombang.• Cangkang umumnya berbentuk kerucut terpilin.• Pada kepala terdapat tentakel dan mulut.• Tentakel panjang gastropoda darat terdapat mata (Penglihatan).• Tentakel pendek mempunyai fungsi sebagai alat peraba dan pembau.• Gastropoda akuatik (insang), Gastropoda darat (rongga mantel).Contoh : Lymnaea javanica, Busycon sp, Cepaea hortensis
  7. 7. Lymnaea javanicaCepaea hortensis
  8. 8. C. PelecypodaCiri-ciri :1) Memliki dua cangkok.2) Kaki berbentuk pipih seperti kapak.3) Memeliki Zat Perekat untuk menempelkan tubuh.4) Cangkok tersusun dari lapisan periostrakum, prismatik dan nakreas.5) Sistem saraf Pelecypoda terdiri dari tiga pasang ganglion (ganglionanterior, ganglion pedal, dan ganglion posterior).6) Reproduksi secara seksual, Fertilisasi secara internal / eksternal.7) Ada yg bisa menghasilkan Mutiara.Contoh : Pinctada margaritifera, Tridacna gigas, Mytilus edulis.
  9. 9. Penampang melintang cangkokdengan mantel
  10. 10. D. ScaphopodaCiri-Ciri :1) Cangkoknya berbentuk taring atau terompet dengan kedua ujung yangterbuka / berlubang.2) Hidup di air / pantai-pantai yang berlumpur.3) Memiliki mantel yang membantu untuk bernafas.4) Memiliki tentakel kontraktif bersilia (alat peraba).5) Mempunyai kelamin yang terpisah.Contoh : Dentalium vulgare, Dentalium entale.
  11. 11. E. CephalopodaCiri-ciri :1) Hewan yang berkaki di kepala.2) Hidup dengan berenang / merayap di laut.3) Memiliki organ pertahanan berupa kantong tinta (tinta hitam/coklat).4) Reproduksi secara seksual.5) Memiliki organ reproduksi berumah dua (dioseus).6) Pembuahan secara internal dan menghasilkan telur.7) Karnivora8) Organ ekskresi berupa nefridumContoh : Sepia officinalis (sotong), Loligo pealeii (cumi-cumi), danOctopus vulgaris(gurita)
  12. 12. Peran mollusca bagimanusiaPeran mollusca yang menguntungkan adalah :• Sumber makanan berprotein tinggi, misalnya tiram batu (Aemaea sp.),kerang (Anadara sp.)• Perhiasan, misalnya tiram mutiara (Pinctada margaritifera).• Hiasan dan kancing, misalnya dari cangkang tiram batu, Nautilus, dantiram mutiara.• Bahan baku teraso, misalnya cangkang Tridacna sp.Peran mollusca yang merugikan adalah :• Bekicot dan keong sawah yang merupakan hama dari tanaman.• Siput air adalah perantara cacing Fasciola hepatica.
  13. 13. Pilih jawaban dibawah ini yg menurutanda benar, dengan cara mengklikalfhabet nya !!!1) Mutiara dihasilkan oleh Mollusca dari kelas....A. PolyplacophoraB. CephalopodaC. PelecypodaD. GastropodaE. Scaphopoda2) Hewan apa yang satu-satunya memilki cangkangdari kelas Cephalopoda....A. Octopus bairdiB. Chiton sp.C. Loligo pealeiiD. Lymnaea javanicaE. Nautilus pompilusNEXT
  14. 14. Selamat Anda Benar !!!BACK
  15. 15. Maaf Anda Salah, Coba Lagi !!!BACK

×