Your SlideShare is downloading. ×
0
1. ACHMAD GHOZALI (01)
2. BAGAS ZULHAM FIKRI (05)
3. MUHAMMAD FARID D. (19)
4. RIDWAN AFIF (24)
5. TARA SALSABILA SILMI (2...
Tarumanagara atau Kerajaan Taruma adalah 
sebuah kerajaan yang pernah berkuasa di wilayah 
barat pulau Jawa pada abad ke-4...
Jayasingawarman 358-382 M
Dharmayawarman 382-395 M
Purnawarman 395-434 M
Wisnuwarman 434-455 M
Indrawarman 455-515 M
Candr...
Berdasarkan catatan dalam berbagai
prasasti, Kerajaan Tarumanegara berdiri di Jawa
Barat pada akhir abad ke-5. Wilayah
Tar...
1. Prasasti Ciaruteun
Prasasti Ciaruteun atau
prasasti Ciampea ditemukan
ditepi sungai Ciarunteun, dekat
muara sungai Cisa...
2. Prasasti Jambu
Prasasti Jambu atau prasasti
Pasir Koleangkak, ditemukan di
bukit Koleangkak di
perkebunan jambu, sekita...
3. Prasasti Kebon Kopi
Prasasti Kebon Kopi
ditemukan di kampung Muara
Hilir kecamatan Cibungbulang
Bogor . Yang menarik da...
4. Prasasti Muara Cianten
Prasasti Muara Cianten,
ditemukan di Bogor,
tertulis dalam aksara ikal
yang belum dapat dibaca.
...
5. Prasasti Pasir Awi
Prasasti Pasir Awi
ditemukan di daerah
Leuwiliang, juga tertulis
dalam aksara ikal yang
belum dapat ...
6. Prasasti Cidanghiyang
Prasasti Cidanghiyang atau
prasasti Lebak, ditemukan di
kampung lebak di tepi sungai
Cidanghiang,...
7. Prasasti Tugu
Prasasti Tugu di temukan di
daerah Tugu, kecamatan
Cilincing Jakarta Utara.
Prasasti ini dipahatkan pada
...
Kehidupan sosial Kerajaan Tarumanegara sudah
teratur rapi, hal ini terlihat dari upaya raja
Purnawarman yang terus berusah...
Raja Purnawarman adalah raja besar yang telah
berhasil meningkatkan kehidupan rakyatnya.
Hal ini dibuktikan dari prasasti ...
Raja Purnawarman memerintahkan rakyatnya
untuk membuat sebuah terusan sepanjang 6122
tombak. Pembangunan terusan ini mempu...
Kerajaan Trumanegara
Kerajaan Trumanegara
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Kerajaan Trumanegara

910

Published on

by Muhammad Farid Darmawan

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
910
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
73
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Transcript of "Kerajaan Trumanegara"

  1. 1. 1. ACHMAD GHOZALI (01) 2. BAGAS ZULHAM FIKRI (05) 3. MUHAMMAD FARID D. (19) 4. RIDWAN AFIF (24) 5. TARA SALSABILA SILMI (28) 6. WILIS ARUM PANGESTI (29)
  2. 2. Tarumanagara atau Kerajaan Taruma adalah  sebuah kerajaan yang pernah berkuasa di wilayah  barat pulau Jawa pada abad ke-4 hinggaabad ke7 M. Kerajaan Taruma merupakan salah satu  kerajaan bercorak Hindu tertua di Nusantara. Kerajaan Tarumanegara didirikan oleh  Rajadirajaguru Jayasingawarman pada tahun 358  M
  3. 3. Jayasingawarman 358-382 M Dharmayawarman 382-395 M Purnawarman 395-434 M Wisnuwarman 434-455 M Indrawarman 455-515 M Candrawarman 515-535 M Suryawarman 535-561 M Kertawarman 561-628 M Sudhawarman 628-639 M Hariwangsawarman 639-640 M Nagajayawarman 640-666 M Linggawarman 666-669 M
  4. 4. Berdasarkan catatan dalam berbagai prasasti, Kerajaan Tarumanegara berdiri di Jawa Barat pada akhir abad ke-5. Wilayah Tarumanegara meliputi hampir seluruh Jawa Barat, tepatnya dari sekitar Banten, Jakarta sampai Cirebon. Terletak di Jawa Barat di sekitar sungai Cisadane sebelah barat & sungai Citarum sebelah timur.
  5. 5. 1. Prasasti Ciaruteun Prasasti Ciaruteun atau prasasti Ciampea ditemukan ditepi sungai Ciarunteun, dekat muara sungai Cisadane Bogor prasasti tersebut menggunakan huruf Pallawa dan bahasa Sansekerta yang terdiri dari 4 baris disusun ke dalam bentuk Sloka dengan metrum Anustubh.
  6. 6. 2. Prasasti Jambu Prasasti Jambu atau prasasti Pasir Koleangkak, ditemukan di bukit Koleangkak di perkebunan jambu, sekitar 30 km sebelah barat Bogor, prasasti ini juga menggunakan bahwa Sansekerta dan huruf Pallawa serta terdapat gambar telapak kaki yang isinya memuji pemerintahan raja Mulawarman.
  7. 7. 3. Prasasti Kebon Kopi Prasasti Kebon Kopi ditemukan di kampung Muara Hilir kecamatan Cibungbulang Bogor . Yang menarik dari prasasti ini adalah adanya lukisan tapak kaki gajah, yang disamakan dengan tapak kaki gajah Airawata, yaitu gajah tunggangan dewa Wisnu.
  8. 8. 4. Prasasti Muara Cianten Prasasti Muara Cianten, ditemukan di Bogor, tertulis dalam aksara ikal yang belum dapat dibaca. Di samping tulisan terdapat lukisan telapak kaki.
  9. 9. 5. Prasasti Pasir Awi Prasasti Pasir Awi ditemukan di daerah Leuwiliang, juga tertulis dalam aksara ikal yang belum dapat dibaca.
  10. 10. 6. Prasasti Cidanghiyang Prasasti Cidanghiyang atau prasasti Lebak, ditemukan di kampung lebak di tepi sungai Cidanghiang, kecamatan Munjul kabupaten Pandeglang Banten. Prasasti ini baru ditemukan tahun 1947 dan berisi 2 baris kalimat berbentuk puisi dengan huruf Pallawa dan bahasa Sansekerta. Isi prasasti tersebut mengagungkan keberanian raja Purnawarman.
  11. 11. 7. Prasasti Tugu Prasasti Tugu di temukan di daerah Tugu, kecamatan Cilincing Jakarta Utara. Prasasti ini dipahatkan pada sebuah batu bulat panjang melingkar dan isinya paling panjang dibanding dengan prasasti Tarumanegara yang lain, sehingga ada beberapa hal yang dapat diketahui dari prasasti tersebut
  12. 12. Kehidupan sosial Kerajaan Tarumanegara sudah teratur rapi, hal ini terlihat dari upaya raja Purnawarman yang terus berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan kehidupan rakyatnya. Raja Purnawarman juga sangat memperhatikan kedudukan kaum brahmana yang dianggap penting dalam melaksanakan setiap upacara korban yang dilaksanakan di kerajaan sebagai tanda penghormatan kepada para dewa.
  13. 13. Raja Purnawarman adalah raja besar yang telah berhasil meningkatkan kehidupan rakyatnya. Hal ini dibuktikan dari prasasti Tugu yang menyatakan raja Purnawarman telah memerintah untuk menggali sebuah kali. Penggalian sebuah kali ini sangat besar artinya, karena pembuatan kali ini merupakan pembuatan saluran irigasi untuk memperlancar pengairan sawah-sawah pertanian rakyat.
  14. 14. Raja Purnawarman memerintahkan rakyatnya untuk membuat sebuah terusan sepanjang 6122 tombak. Pembangunan terusan ini mempunyai arti ekonomis yang besar nagi masyarakat, Karena dapat dipergunakan sebagai sarana untuk mencegah banjir serta sarana lalu-lintas pelayaran perdagangan antardaerah di Kerajaan Tarumanegara dengan dunia luar. Juga perdagangan dengan daera-daerah di sekitarnya. Akibatnya, kehidupan perekonomian masyarakat Kerajaan Tarumanegara sudah berjalan teratur.
  1. A particular slide catching your eye?

    Clipping is a handy way to collect important slides you want to go back to later.

×