• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
RPP IPA TERPADU Tema "Gravitasi dan Kesehatan"
 

RPP IPA TERPADU Tema "Gravitasi dan Kesehatan"

on

  • 1,399 views

 

Statistics

Views

Total Views
1,399
Views on SlideShare
1,399
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
20
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft Word

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    RPP IPA TERPADU Tema "Gravitasi dan Kesehatan" RPP IPA TERPADU Tema "Gravitasi dan Kesehatan" Document Transcript

    • RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan : SMP ………. Mata Pelajaran : IPA TERPADU Kelas/Semester : Alokasi Waktu :2 jam pelajaranSTANDAR KOMPETENSI 5. Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari 1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusiaKOMPETENSI DASAR 5.1 Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan pengaruhnya pada suatu benda yang dikenai gaya 1.6 Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatanA. Indikator1. Kognitif: a. Produk 1) Mengidentifikasi jenis-jenis gaya 2) Mendeskripsikan gaya gravitasi 3) Mendeskripsikan susunan dan fungsi sistem peredaran darah manusia. 4) Melakukan percobaan pengaruh gravitasi terhadap aliran darah 5) Menganalisis pengaruh gravitasi terhadap aliran darah b. Proses Melakukan percobaan pengaruh gravitasi terhadap aliran darah, meliputi: 1) Merumuskan masalah 2) Merumuskan hipotesis 3) Mengidentifikasi variabel-variabel 4) Menyusun data percobaan 5) Membuat grafik 6) Menganalisis data 7) Menyimpulkan2. Psikomotor: a. Melakukan percobaan pengaruh gaya gravitasi terhadap aliran darah3. Afektif: a. Karakter: Berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, dan bertanggung jawab, peduli, serta berperilaku santun b. Keterampilan sosial: bekerjasama, menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain
    • B. Tujuan Pembelajaran1. Kognitif a. Produk: 1. Dengan bimbingan guru, siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis gaya. 2. Dengan kalimat sendiri, siswa dapat mendeskripsikan gaya gravitasi. 3. Dengan kalimat sendiri, siswa dapat mendeskripsikan susunan dan fungsi sistem peredaran darah manusia. 4. Dengan bimbingan dari guru, siswa melakukan percobaan pengaruh gravitasi terhadap aliran darah 5. Berdasarkan percobaan yang telah dilakukan, siswa dapat menganalisis pengaruh gravitasi terhadap aliran darah b. Proses Diajak melakukan simulasi menyelidiki pengaruh gravitasi terhadap aliran darah, siswa dapat melakukan percobaan untuk menyelidiki gaya pengaruh gravitasi terhadap aliran darah manusia sesuai dengan rincian tugas yang ditentukan di LKS meliputi: Merumuskan masalah, Merumuskan hipotesis, Mengidentifikasi variable- variabel, Menyusun data percobaan, Mengkomunikasikan data percobaan, Menganalisis data, Menyimpulkan2. Psikomotorik: a. Diajak melakukan simulasi menyelidiki pengaruh gravitasi terhadap aliran darah manusia.3. Afektif: a. Terlibat aktif dalam pembelajaran dan menunjukkan karakter berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, dan berperilaku santun sesuai LP: pengamatan perilaku berkarakter. b. Bekerjasama dalam kegiatan praktik dan aktif menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain dalam diskusi sesuai LP: Ketrampilan sosial.C. Materi Pembelajaran 1. Gaya adalah besaran yang mampu menghasilkan perubahan mekanik pada benda, baik perubahan gerak maupun perubahan bentuk. konsep gaya dalam sains sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari , misalnya sebagai tarikan atau dorongan terhadap sebuah benda . jadi, tarikan atau dorongan yang dikerjakan pada suatu benda dalam istilah fisika merupakan gaya. 2. Gaya yang diberikan pada sebuah benda dapat diberikan beberapa pengaruh pada benda tersebut. 3. Gaya tak sentuh , yaitu gaya yang timbul walaupun titik kerja tidak bersentuhan dengan benda. 4. Gaya tak sentuh contohnya adalah gaya gravitasi.
    • 5. Peredaran darah manusia merupakan peredaran darah tertutup dan ganda atau rangkap. Peredaran darah tertutup artinya dalam peredarannya darah selalu mengalir di dalam pembuluh darah. 6. Sistem peredaran darah pada manusia tersusun atas jantung sebagai pusat peredaran darah, pembuluh-pembuluh darah dan darah itu sendiri. 7. Fungsi jantung dan pembuluh darah dipengaruhi oleh saraf otonom, yaitu saraf simpatis dan saraf parasimpatis. Saraf simpatis mempengaruhi fungsi jantung serta pembuluh darah dan pemacunya menyebabkan naiknya frekuensi jantung, bertambah kuatnya konstriksi otot jantung, dan vasokonstriksi pembuluh darah resisten. 8. Pada orang dewasa dalam keadaan tegak, darah di pembuluh-pembuluh yang berjalan antara jantung terjadi peningkatan tekanan yang disebabkan oleh efek gravitasi, terjadi penimbunan darah di vena-vena yang melebar, sehingga aliran balik vena berkurang. 9. Pada posisi berbaring darah dapat kembali ke jantung secara mudah tanpa harus melawan kekuatan gravitasi. Dalam keadaan istirahat isi sekuncup mendekati nilai maksimal sedangkan pada kerja terdapat hanya sedikit peningkatan Catatan: Bahan ajar tentang gaya dan sistem peredaran darah pada buku siswa (terlampir)D. Model dan Metode Pembelajaran : Model Pembelajaran : Student Centre Learning (SCL) Metode Pembelajaran : Tugas; Kerja kelompok; Diskusi-Tanya Jawab; SimulasiE. Sumber Belajar 1. Buku Siswa “Gaya dan Sistem Peredaran Darah” 2. LKS-02 dan Kunci Jawaban LKS-02F. Alat/Bahan 1. Tangan praktikanG. Kegiatan Belajar Mengajar Pertemuan I (2 x 40 menit) Penilaian No Aktivitas Pembelajaran 1 2 3 4 A Pendahuluan (5 menit) 1 Motivasi dan Apersepsi: Siswa didemonstrasikan tentang definisi gaya guna mengukur prior knowledge-nya tentang gaya gravitasi; siswa diminta menyampaikan pendapat tentang hubungan gaya dengan kejadian di sekitarnya.
    • Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran: kognitif (produk, 2 proses); psikomotorik; dan afektif (keterampilan sosial dan perilaku berkarakter). B Kegiatan Inti (80 menit) Siswa dibimbing untuk dapat mengeidentifikasi tentang jenis- 1 jenis gaya berdasarkan buku siswa (BS-01) yang disiapkan. 2 Siswa dibimbing untuk dapat mendeskripsikan gaya gravitasi. Siswa ditunjukkan demonstrasi tentang gaya gravitasi guna 3 meningkatkan pemahaman konsep siswa. Siswa dibimbing untuk mendeskripsikan tentang susunan dan 4 fungsi dalam sistem peredaran darah manusia berdasarkan buku siswa (BS-01) yang telah disiapkan. Siswa melakukan percobaan pengaruh gravitasi terhadap aliran 5 darah sesuai dengan instruksi guru dan prosedur pada LKS-01 6 Sebelum melakukan percobaan, siswa diminta berdiskusi untuk merumuskan hipotesis dari permasalahan yang ditemukan pada LKS-02. Guru memfasilitasi para siswa menyumbang ide untuk menyempurnakan perumusan hipotesis dan meminta siswa lain mengulang ide temannya untuk mengecek apakah ia menjadi pendengar yang baik. Guru memberi arahan agar siswa secara kelompok 7 menganalisis pengaruh gaya terhadap aliran darah. Guru memoderatori diskusi kelas: ada kelompok menyampaikan pendapat; sementara kelompok lain 8 menanggapi pendapat dan menjadi pendengar yang baik untuk memperoleh kesimpulan dari percobaan. c Penutup (5 menit) Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan materi 1 pembelajaran tentang hal-hal yang berhubungan dengan gaya dan sistem peredaran darah. Guru memberikan waktu kepada siswa untuk bertanya atau 2 menyampaikan usulan agar pembelajaran berikutnya lebih baik. Siswa diberi LP-01 sebagai tugas rumah untuk mengukur 3 penguasaan konsep tentang gaya dan sistem peredaran darah, kemudian mengakhiri pembelajaran.H. Penilaian Teknik : Penilaian Produk (LP-01) Penilaian Kinerja (LP-02A dan LP-02B) Penilaian Afektif (LP-03)