Contoh AD ART Ikatan ALumni

14,346 views

Published on

Buat Ikatan Alumni penting sekali memiliki AD ART

Published in: Education
0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
14,346
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
371
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Contoh AD ART Ikatan ALumni

  1. 1. RENCANA ANGGARAN DASAR Ikatan Keluarga Alumni Nurul Amanah (IKANA) BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM PEMBUKAAN Adalah merupakan tugas dan tanggung jawab cendikiawan, termasuk para Lulusan Nurul Amanah dalam ikut mengisi pembangunan generasi, membangun manusia seutuhnya berdasarkan Hukum yang diridhoi oleh Allah SWT. Sadar akan tercapainya cita-cita di atas dan rasa ingin ikut serta dalam usaha mewujudkan tujuan Pondok Pesantren Terpadu (NURUL AMANAH) Tasikmalaya, yakni membentuk pribadi seutuhnya, sehat jasmani dan rohani, memiliki pengetahuan, bersikap religius dan ketrampilan tinggi, kreatif dan bertanggung jawab, berkecerdasan tinggi disertai budi pekerti yang luhur dan mencintai sesama manusia sesuai dengan dijiwai oleh Da’wah Islamiyah, maka dipandang perlu para Lulusan Pondok Pesantren Terpadu Nurul Amanah Tasikmalaya menghimpun diri dalam suatu wadah kebersamaan untuk kegiatan baktinya. Dilandasi rasa syukur kehadirat Allah SWT atas rahmatnya dan didorong oleh keinginan yang luhur, maka alumni Pondok Pesantren Terpadu Nurul Amanah Tasikmalaya bertekad untuk membentuk suatu wadah kebersamaan yang dinamakan Ikatan Keluarga Alumni Nurul Amanah. BAB I NAMA, WAKTU DAN KEDUDUKAN Pasal 1 Organisasi ini bernama Ikatan Keluarga Alumni Pondok Pesantren Terpadu NURUL AMANAH yang disingkat IKANA Pasal 2 Organisasi ini didirikan pada tangga 26 Ramadlan 1428 H atau 7 Oktober 2007 M untuk jangka waktu yang tidak ditentukan. Pasal 3 Organisasi ini berkedudukan di Tasikmalaya. BAB II AZAZ, TUJUAN, SIFAT DAN USAHA Pasal 4 Organisasi ini berazaskan Islam dan bersendikan Akidah Islamiyah. Pasal 5 Organisasi ini bertujuan untuk menghimpun Alumni Pondok Pesantren Terpadu Nurul Amanah dalam rangka membina dan meningkatkan rasa kekeluargaan serta menghimpun aktifitas alumni melalui almamater, mengabdi kepada rakyat, bangsa, Negara dan agama. Pasal 6 Organisasi ini bersifat ukhuwah islamiyah. Pasal 7 Organisasi ini berusaha : 1. Membantu Almamater untuk mencapai visi dan misinya. 2. Membantu para anggota untuk mengembangkan keahlian dalam bidangnya masing-masing.
  2. 2. 3. Menciptakan forum komunikasi dan konsultasi antar anggota dalam meningkatkan rasa kekeluargaan dan kebersamaan satu dengan yang lain. 4. Menggali dan mengembangka potensi para anggota dalam rangka dharma bakti lewat almamater. 5. Mengusahakan kesejahteraan anggota. BAB III KEANGGOTAAN Pasal 8 Anggota Ikatan Alumni Nurul Amanah terdiri dari : 1. Anggota Biasa 2. Anggota Kehormatan BAB IV STRUKTUR ORGANISASI Pasal 9 Organisasi ini mempunyai struktur organisasi sebagai berikut : Tingkat Pusat di Tasikmalaya sebagai organisasi pusat IKANA BAB V KEUANGAN Pasal 10 Keuangan organisasi ini diperoleh dari : 1. Uang pangkal dan iuran anggota. 2. Usaha-usaha lain yang halal dan tidak mengikat. BAB VI MUSYAWARAH / RAPAT Pasal 11 Semua keputusan diambil dengan jalan musyawarah, rapat untuk meyelesaikan masalah. Pasal 12 Macam musyawarah/rapat dan persyaratan diatur dalam anggaran rumah tangga. BAB VII PEMBUBARAN ORGANISASI DAN PERUBAHAN ANGGARAN DASAR Pasal 13 Organisasi ini hanya dapat dibubarkan oleh musyawarah/rapat anggota lengkap. Pasal 14 Hal-hal yang belum diatur dalam anggaran dasar ini akan diatur dan ditetapkan dalam anggaran rumah tangga dan peraturan-peraturan lain yang diputuskan oleh musyawarah. Pasal 15 Anggaran dasar ini berlaku dan mengikat bagi anggota keluarga Alumni Pondok Pesantren Islam Terpadu Nurul Amanah.
  3. 3. Pasal 16 Perubahan terhadap anggaran Dasar dapat dilaksanakan dalam rapat gabungan. 1. Keputusan perubahan anggaran dasar sebagaimana dimaksud butir1) pasal ini sah apabila disetujui secara mufakat. 2. Apabila terjadi ketidak mufakatan dalam musyawarah, maka usul perubahan struktur tersebut menjadi gugur. 3. Usul perubahan terhadap anggaran dasar yang dinyatakan gugur hanya dapat diajukan kembali sedikit-dikitnya setelah lewat 1(satu) tahun terhitung sejak dinyatakan gugur. 4. Perubahan anggaran dasar mulai berlaku setelah ditandatangani oleh Direktur Pesantren dan Ketua IKANA disahkan oleh Direktur Pesantren. Pasal 17 Anggaran dasar ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan. Ditetapkan di Pada Tanggal : Bandung : 26 Ramadlan 1428 H / 7 Oktober 2007 M ANGGARAN RUMAH TANGGA Ikatan Keluarga Alumni Nurul Amanah PONDOK PESANTREN ISLAM TERPADU NURUL AMANAH BAB I KETENTUAN UMUM Pasal 1 Dalam anggaran Rumah Tangga di bawah ini yang dimaksud dengan : 1. IKANA adalah Ikatan Keluarga Alumni Pondok Pesantren Terpadu Nurul Amanah Tasikmalaya. 2. Direktur Pesantren adalah Direktur Pondok Pesantren Terpadu Nurul Amanah. 3. Alumni adalah mereka yang mengikuti jenjang pendidikan yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Terpadu Nurul Amanah. BAB II KEANGGOTAAN Pasal 2 Macam Anggota Anggota IKA Nurul Amanah terdiri dari : 1. Anggota biasa : adalah semua alumni Nurul Amanah yang telah menyelesaikan pendidikan selama 6 Tahun atau setingkat SMA. 2. Anggota kehormatan : adalah mereka yang tidak termasuk dalam butir (1) pasal ini.
  4. 4. 1. 2. 3. 4. 5. Pasal 3 Kewajiban dan Hak Anggota Setiap anggota IKA Nurul Amanah berkewajiban : Bertaqwa kepada Allah SWT. Patuh dan taat pada setiap peraturan yang digariskan Organisasi. Memiliki rasa tanggung jawab dan dedikasi yang tinggi atas segala tugas-tugas yang diberikan demi terwujudnya tujuan organisasi. Memiliki budi pekerti yang luhur. Memelihara persaudaraan dan Silaturahmi antar sesama anggota. Pasal 4 Setiap anggota berhak : 1. Menghadiri rapat-rapat dan pertemuan-pertemuan anggota yang diselenggarakan oleh pengurus. 2. Memilih dan dipilih menjadi pengurus. 3. Memberikan pendapat, saran-saran dan kritik yang membangun kepada pengurus demi suksesnya program organisasi. BAB III KEPENGURUSAN Pasal 5 Tingkat Kepengurusan 1. Kepengurusan IKANA terdiri dari Pelindung, Dewan Penasehat dan Pengurus Inti. 2. Pelindung adalah Direktur Pondok Pesantren Terpadu Nurul Amanah. 3. Dewan Penasehat terdiri Asatizd Pondok Pesantren Terpadu Nurul Amanah. 4. Pengurus Harian terdiri dari : a. Seorang Ketua. b. Seorang Sekretaris. c. Seorang Bendahara. Pasal 7 Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikan Dan Pertanggung Jawaban Pengurus Pengurus Inti dipilih dalam Rapat, diangkat dengan Surat Keputusan Direktur Pondok Pesantren Terpadu Nurul Amanah, dilantik oleh Direktur Pondok Pesantren Terpadu Nurul Amanah dan mempertanggung jawabkan dalam Rapat. Pasal 8 Masa Bakti Pengurus Pengurus Tingkat inti mempunyai masa bakti setiap periode selama 2 (dua) tahun. BAB IV TUGAS POKOK Pasal 9 Tugas pokok Pengurus Inti adalah menyelenggarakan seluruh kegiatan organisasi IKANA.
  5. 5. BAB V KEUANGAN Pasal 10 Uang pangkal dibayarkan sekali pada saat seorang alumni menjadi Anggota IKA Nurul Amanah kepada Pengurus inti. Pasal 11 Besarnya angsuran uang pangkal dan iuran anggota akan diatur lebih lanjut oleh Pengurus inti. Pasal 12 Usaha-usaha lain yang halal dan tidak mengikat dalam rangka menambah sumber keuangan IKA Nurul Amanah akan diatur lebih lanjut oleh Pengurus inti. 1. 2. 3. 1. 2. 3. 1. 2. 3. 4. 5. BAB VI MUSYAWARAH / RAPAT Pasal 13 IKA Nurul Amanah mengenal 3 macam Musyawarah / Rapat. Rapat Pleno Pengurus Inti Rapat Pengurus inti Rapat Khusus Pasal 14 Rapat Pleno Pengurus Inti adalah Rapat yang dihadiri oleh dewan penasehat dan Pengurus inti. Rapat Pengurus inti adalah rapat yang dihadiri oleh pengurus diadakan sekurangkurangnya sekali dalam 6 bulan. Rapat khusus adalah rapat yang tidak termasuk rapat anggota lengkap, rapat pleno pengurus tingkat pusat, rapat pengurus harisn tingkat pusat, Rapat pengurus koordinator kota, rapat Anggota tingkat koordinator kota dan rapat gabungan. Syarat maupun materi yang dibahas ditentukan oleh Pengurus Tingkat Pusat. Pasal 15 Quorum dan Tata Cara Pengambilan Keputusan Setiap rapat adalah sah apabila dihadiri oleh lebih dari Seperempat jumlah peserta yang berhak menghadiri rapat itu. Apabila ketentuan pada ayat 1) pasal ini tidak terpenuhi, maka rapat ditunda. Apabila terjadi penundaan yang dimaksud dalam ayat 2) pasal ini, maka rapat berikutnya diadakan dalam waktu selambat-lambatnya empat belas hari kerja terhitung saat penundaan, dengan pemberitahuan secara tertulis. Rapat yang dimaksud dalam ayat 3) pasal ini adalah sah dengan tidak tergantung pada jumlah peserta yang hadir. Setiap keputusan rapat diambil dengan musyawarah mufakat. BAB VII PERUBAHAN ANGGARAN RUMAH TANGGA Pasal 16 1. Perubahan terhadap anggaran rumah tangga dapat dilaksanakan dalam rapat pleno pengurus inti. 2. Keputusan perubahan anggaran rumah tangga sebagaimana dimaksud ayat 1) pasal ini sah apabila disetujui secara mufakat.
  6. 6. 3. Apabila terjadi ketidak mufakatan dalam musyawarah, maka usul perubahan tersebut menjadi gugur. 4. Perubahan Anggaran Rumah Tangga mulai berlaku setelah ditanda tangani oleh salah seorang ketua dewan Asatidz dan ketua Inti dan disahkan oleh Direktur Pesantren Terpadu Nurul Amanah. BAB VIII PENUTUP Pasal 17 Hal-hal yang belum diatur dalam Anggaran Rumah Tangga ini akan diatur lebih lanjut oleh Pengurus IKA Nurul Amanah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pasal 18 Anggaran Rumah Tangga ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan. Ditetapkan di : Tasikmalaya Pada Tanggal : 26 Ramadlan 1428 H 7 Oktober 2007 M

×