Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
1
ANGGARAN DASAR/ANGGARAN RUMAH TANGGA
YAYASAN JEUMPA ACEH
BANDA ACEH
2011
2
KATA PENGANTAR
Bismillahirrahmaanirrahiim…..
Atas berkat rahmat Allah SWT Yang Maha Kuasa, telah beridiri Yayasan Jeumpa...
3
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
Formatur
4
FORMATUR YAYASAN JEUMPA ACEH
Pembina : Cut Fazia Rosanti, S.E
Pengurus :
Ketua : Amir Faisal, S.T, M.M
Sekretaris : Fais...
5
AD/ART YAYASAN JEUMPA ACEH
Profil Yayasan Jeumpa Aceh Banda Aceh
(Akta Notaris No. 26, Tanggal 26 Oktober 2009
Notaris: ...
6
BAB I
Pasal 1
Nama
Organisasi ini berbentuk yayasan yang bernama Yayasan Jeumpa Aceh, dan
untuk selanjutnya disebut Jeum...
7
BAB III
Moto, Visi, Misi
Pasal 5
Moto
Mengaktualisasikan Generasi Aceh yang berkualitas dan beriman
Pasal 6
Visi
Menjadi...
8
Pasal 10
Peran
Jeumpa Aceh berperan untuk membantu mewujudkan masyarakat madani yang
berkeadilan dan beradab.
BAB V
Kean...
9
Pasal 15
Tim Ad Hoc
1. Untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan Jeumpa Aceh, maka dibetuk tim-tim ad
hoc yang mempersiapkan ...
10
ANGGARAN RUMAH TANGGA
YAYASAN RAUSYAN FIKR YOGYAKARTA
Bismihi Ta'ala
BAB I
Keanggotaan
Bagian I
Anggota
Pasal 1
Anggota...
11
Bagian IV
Hak dan Kewajiban
Pasal 5
Hak Anggota
1. Anggota Biasa dan Anggota sekaligus pengurus berhak untuk mengeluark...
12
BAB II
Struktur Organisasi Struktur Kekuasaan
Bagian I
Musyawarah Besar
Pasal 9
Status
1. Musyawarah Besar Pengurus Ang...
13
A. Struktur Pimpinan
Bagian II
Ketua Umum
Pasal 12
1.Ketua umum adalah penanggungjawab tertinggi terhadap yayasan Jeump...
14
Pasal 18
Tugas dan Wewenang
Tugas dan wewenang sekretaris pelaksana ditetapkan dalam rapat khusus
pembagian gambaran ke...
15
B. Keuangan
Pasal 24
Segala yang berhubungan tentang keuangan, ditetapkan oleh pengurus yayasan
Jeumpa Aceh.
BAB III
La...
16
Pasal 31
1. Peraturan ini berlaku sejak ditetapkan.
2. Adapun pelanggaran terhadap ketentuan-ketentuan ini akan dikenak...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Adart yayasan ja 011

1,069 views

Published on

Published in: Business
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Adart yayasan ja 011

  1. 1. 1 ANGGARAN DASAR/ANGGARAN RUMAH TANGGA YAYASAN JEUMPA ACEH BANDA ACEH 2011
  2. 2. 2 KATA PENGANTAR Bismillahirrahmaanirrahiim….. Atas berkat rahmat Allah SWT Yang Maha Kuasa, telah beridiri Yayasan Jeumpa Aceh yang lahir dari niat tulus para alumnus SMP 1 ’86 dan SMA 1 ’89 di Bumi Serambi Mekah ini dengan misi social sebagai Hamba Allah dan pengembang Khalifah fil Ardhli. Tidak lupa kami ucapkan Salawat dan selamat kepada junjungan kita Nabi besar Rasulullah Muhammad SAW, yang telah membimbing kita dari alam jahiliyah kepada alam yang berilmu pengetahuan. Kami para alumni mempunyai visi ……..
  3. 3. 3 DAFTAR ISI KATA PENGANTAR DAFTAR ISI Formatur
  4. 4. 4 FORMATUR YAYASAN JEUMPA ACEH Pembina : Cut Fazia Rosanti, S.E Pengurus : Ketua : Amir Faisal, S.T, M.M Sekretaris : Faisal Fadlan Bendahara : Dian Narukaya Pengawas : Alfisyahrin, S.T, M.T Anggota : Seluruh Alumni SMP 1 ’86 dan SMA 1 ‘89
  5. 5. 5 AD/ART YAYASAN JEUMPA ACEH Profil Yayasan Jeumpa Aceh Banda Aceh (Akta Notaris No. 26, Tanggal 26 Oktober 2009 Notaris: Yusrawati, S.H.) ANGGARAN DASAR YAYASAN JEUMPA ACEH Bismihirrahmaanirrahiim Mukaddimah Kita mengetahui bahwa setiap niat baik dan juga upaya untuk berapresiasi terhadap kondisi zaman tidaklah hanya sekedar konsep, keinginan, imajinasi dan juga pemikiran, tetapi ada nilai yang harus diwakili yaitu korelasi, aksi dan aktualisasi. Sebagai khalifah fi Ardhli kita harus melaksanakan ibadah kita di muka bumi ini dengan sebaik-baiknya juga semaksimal mungkin, yaitu implementasi dari sifat manusia terhadap kekhalifahan itu sendiri, diantara sifat aktualisasi itu ialah melakukan pendekatan kepada masyarakatnya. Oleh karena itu, Kami ingin melakukan perubahan-perubahan sekecil apapun yang kami anggap dapat berguna bagi masyarakat, khususnya di bidang social, budaya dan pendidikan. Kami sangat menyadari sadar bahwa kami hanyalah suatu bagian dari sekian banyak bagian lainnya yang terlingkup dalam kondisi zaman, oleh karenanya kami ingin mengabdikan sedikit kemampuan yang ada pada kami untuk berpartisipasi dalam pemberdayaan umat. Akhir kalam kami sebutkan bahwa, usaha kami ini tergantung kepada daya jangkau juga daya juang kami, mungkin pula jangkauan kami ini bukanlah jangkauan terjauh ataupun tertinggi namun Insya Allah kepada-Nyalah kami berserah diri.
  6. 6. 6 BAB I Pasal 1 Nama Organisasi ini berbentuk yayasan yang bernama Yayasan Jeumpa Aceh, dan untuk selanjutnya disebut Jeumpa Aceh Pasal 2 Waktu dan Tempat Kedudukan Jeumpa Aceh didirikan pada tanggal 26 Oktober 2009 untuk waktu yang tidak ditentukan dan berkedudukan di Banda Aceh. BAB II Asas dan Identitas Pasal 3 Asas Jeumpa Aceh berasaskan social, budaya dan pendidikan berdasarkan nilai luhur dari manusia yang baragama. Pasal 4 Identitas Jeumpa Aceh beridentitaskan kumpulan alumni SMP 1 ’86 dan SMA 1’89 Banda Aceh
  7. 7. 7 BAB III Moto, Visi, Misi Pasal 5 Moto Mengaktualisasikan Generasi Aceh yang berkualitas dan beriman Pasal 6 Visi Menjadi wadah pemberdayaan insani yang beriman dan mandiri Pasal 7 Misi 1. Membentuk Insan yang Beriman dan Mandiri. 2. Konsisten bergerak dalam bidang pendidikan, social dan budaya. BAB IV Status, Fungsi dan Peran Pasal 8 Status Jeumpa Aceh adalah yayasan yang berstatus sosial kemasyarakatan. Pasal 9 Fungsi Jeumpa Aceh berfungsi sebagai yayasan membentuk insan yang beriman dan mandiri.
  8. 8. 8 Pasal 10 Peran Jeumpa Aceh berperan untuk membantu mewujudkan masyarakat madani yang berkeadilan dan beradab. BAB V Keanggotaan Pasal 11 1. Anggota Jeumpa Aceh adalah setiap orang yang lulus dari SMP Negeri 1 Banda Aceh dan SMA Negeri 1 Banda Aceh. 2. Anggota Jeumpa Aceh terdiri dari anggota biasa dan pengurus yang merangkap (sekaligus) anggota. BAB VI Struktur Organisasi Pasal 12 Kekuasaan tertinggi dipegang oleh musyawarah besar anggota Jeumpa Aceh Pasal 13 Kepemimpinan 1. Kepemimpinan dipegang oleh pengurus Jeumpa Aceh yang meliputi Pembina, Ketua, Sekretaris, Bendahara, serta Pengawas. 2. Untuk kepentingan konsultatif maka diadakan Dewan Penasehat. Pasal 14 Kepengurusan 1. Pimpinan dipegang oleh Ketua Umum yang dibantu oleh Sekretaris Pelaksana dan Bendahara . 2. Ketua Umum adalah penanggungjawab tertinggi semua kegiatan-kegiatan Jeumpa Aceh 3. Sekretaris Pelaksana adalah pelaksana harian kegiatan-kegiatan Jeumpa Aceh. 4. Bendahara adalah penanggungjawab tertinggi dibidang keuangan Jeumpa Aceh. 5. Pengawas adalah penanggung jawab tertinggi terhadap kegiatan yang dilaksanakan oleh Pengurus.
  9. 9. 9 Pasal 15 Tim Ad Hoc 1. Untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan Jeumpa Aceh, maka dibetuk tim-tim ad hoc yang mempersiapkan dan melaksanakan setiap kegiatan Jeumpa Aceh. 2. Tim ini diketuai oleh seorang koordinator. 3. Setiap tim bertanggunjawab terhadap satu jenis kegiatan Jeumpa Aceh. Pasal 16 Penasehat Penasehat pada Jeumpa Aceh adalah orang-oreang yang dianggap mempunyai visi yang tajam dan mempunyai komitmen yang jelas dan berguna bagi pengembangan Jeumpa Aceh BAB VII Pendanaan Pasal 17 Pendanaan bagi Jeumpa Aceh diperoleh dari donatur dan APBD dan juga usaha- usaha yang sah dan halal dan tidak mengikat. Bab VIII Perubahan Anggaran Dasar dan Pembubaran Pasal 18 Perubahan anggaran dasar dan pembubaran Jeumpa Aceh hanya dapat dilakukan oleh musyawarah besar anggota Jeumpa Aceh atau musyawarah yang setingkat dengannya. Pasal 19 Hal-hal yang belum diatur dalam anggran dasar akan dimuat dalam peraturan/ ketentuan-ketentuan tersendiri yang tidak bertentangan dengan anggaran dasar Jeumpa Aceh. Ditetapkan di Banda Aceh, 1 September 2011, Pukul …. WIB
  10. 10. 10 ANGGARAN RUMAH TANGGA YAYASAN RAUSYAN FIKR YOGYAKARTA Bismihi Ta'ala BAB I Keanggotaan Bagian I Anggota Pasal 1 Anggota Biasa Anggota biasa adalah anggota yang tidak termasuk pengurus yayasan Jeumpa Aceh, tetapi ikut membantu dan menghadiri kegiatan-kegiatan yayasan. Pasal 2 Anggota Sekaligus Pengurus Anggota sekaligus pengurus adalah anggota yang disamping membantu dan menghadiri kegiatan-kegiatan yayasan, juga mempunyai tenggung jawab yang besar terhadap jalannya yayasan. Bagian II Syarat Keanggotaan Pasal 3 Syarat-syarat keaggotaan : 1. Keanggotaan yayasan Jeumpa Aceh bersifat terbuka dan semi terbuka. 2. Untuk menjadi anggota biasa harus ikut membantu dan menghadiri kegiatan- kegiatan yayasan Jeumpa Aceh. 3. Untuk menjadi anggota sekaligus pengurus harus menyatakan kesediaan setelah dimintai kesediaannya oleh Ketua Umum dan Sekretaris Pelaksana yang terpilih pada musyawarah besar pengurus yayasan Jeumpa Aceh. Bagian III Masa Keanggotaan Pasal 4 Keanggotaan seseorang dapat berakhir karena meninggal dunia, atas permintaan sendiri atau diberhentikan (dipecat).
  11. 11. 11 Bagian IV Hak dan Kewajiban Pasal 5 Hak Anggota 1. Anggota Biasa dan Anggota sekaligus pengurus berhak untuk mengeluarkan pendapat baik secara lisan maupun tulisan kepada pengurus dan berhak untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang bersifat umum. 2. Anggota biasa dan anggota sekaligus pengurus mempunyai hak untuk dipilih dan memilih Pasal 6 Kewajiban Anggota 1. Menjaga nama baik yayasan Jeumpa Aceh 2. Berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yayasan Jeumpa Aceh. Bagian V Rangkap Anggota dan Rangkap Jabatan Pasal 7 Pengurus yayasan Jeumpa Aceh dapat merangkap jabatan pada organisasi lain. Bagian VI Pemberhentian Anggota Pasal 8 1. Anggota dapat diberhentikan (dipecat), karena : a. Melakukan perbuatan yang bertentangan dengan ketentuan-ketentuan yang telah dibuat dan disepakati oleh anggota Jeumpa Aceh. b. Melakukan tindakan yang mencemarkan nama baik yayasan Jeumpa Aceh. 2. Anggota yang akan diberhentikan atau dipecat harus didengar pembelaannya dalam forum yang dibentuk untuk itu. 3. Mengenai pemberhentian (pemecatan) dan tata cara pembelaan ditetapkan oleh keputusan secara musyawarah.
  12. 12. 12 BAB II Struktur Organisasi Struktur Kekuasaan Bagian I Musyawarah Besar Pasal 9 Status 1. Musyawarah Besar Pengurus Anggota Yayasan Jeumpa Aceh merupakan musyawarah anggota dan anggota sekaligus pengurus. 2. Musyawarah Besar adalah pemegang kekuasaan tertinggi. 3. Musyawarah Besar dilaksanakan setahun sekali. 4. Dalam keadaan khusus dapat diadakan musyawarah besar luar biasa. 5. Musyawarah besar luar biasa dihadiri sekurang-kurangnya oleh setengah lebih satu anggota dan pengurus yayasan Jeumpa Aceh. Pasal 10 Kekuasaan / Wewenang 1. Menetapkan AD/ART 2. Memilih Dewan Penasehat yayasan Jeumpa Aceh 3. Memilih ketua umum, sekretaris pelaksana dan bendahara juga pengawas Pasal 11 Tata Tertib Musyawarah Besar 1. Peserta musyawarah besar terdiri dari anggota dan anggota sekaligus pengurus yayasan Jeumpa Aceh serta dapat juga dihadiri oleh penasehat yayasan Jeumpa Aceh 2. Pengurus bertanggungjawab terhadap pelaksanaan musyawarah besar. 3. Syarat-syarat dan tata tertib musyawarah besar ditetapkan dalam suatu ketetapan khusus.
  13. 13. 13 A. Struktur Pimpinan Bagian II Ketua Umum Pasal 12 1.Ketua umum adalah penanggungjawab tertinggi terhadap yayasan Jeumpa Aceh. 2.Masa jabatannya adalah 3 tahun terhitung sejak ditunjuk oleh musyawarah besar dan setelah itu dapat dipilih kembali. Pasal 13 Persyaratan Ketua Umum Persyaratan ketua umum disususn dan ditentukan dalam musyawarah besar anggota yayasan Jeumpa Aceh. Pasal 14 Tugas dan Wewenang Tugas dan wewenang ketua umum ditetapkan dalam rapat khusus pembagian gambaran kerja. Pasal 15 Tata Tertib Pemilihan Tata tertib pemilihan disusun dan ditetapkan pada musyawarah besar pengurus yayasan Jeumpa Aceh. Bagian III Sekretaris Pelaksana Pasal 16 Status 1. Sekretaris Pelaksana adalah pelaksanan dan penanggungjawab harian terhadap kegiatan-kegiatan yayasan Jeumpa Aceh. 2. Masa jabatan sekretaris pelaksana adalah 3 tahun terhitung sejak ditunjuk oleh musyawarah besar dan setelah itu dapat dipilih kembali. Pasal 17 Persyaratan Sekretaris Pelaksana Persyaratan sekretaris pelaksana disusun dan ditetapkan pada musyawarah besar anggota yayasan Jeumpa Aceh.
  14. 14. 14 Pasal 18 Tugas dan Wewenang Tugas dan wewenang sekretaris pelaksana ditetapkan dalam rapat khusus pembagian gambaran kerja. Bagian IV Bendahara Pasal 19 Status 1. Bendahara adalah pemegang tanggungjawab tertinggi dalam urusan keuangan yayasan Jeumpa Aceh. 2. Masa jabatannya adalah 3 tahun terhitung setelah ditunjuk dalam musyawarah besar dan setelah itu dapat dilpilih kembali. Pasal 20 Persyaratan Bendahara Persyaratan bendahara disusun dan ditetapkan pada musyawarah besar anggota yayasan Jeumpa Aceh. Pasal 21 Tugas dan Wewenang Tugas dan wewenang bendahara ditetapkan dalam rapat khusus pembagian gambaran kerja. Bagian V Tim Ad Hoc Pasal 22 Status 1. Tim Ad Hoc bertanggungjawab terhadap pelaksanaan kerja-kerja setiap kegiatan yayasan Jeumpa Aceh. 2. Tim Ad Hoc diketuai oleh seorang koordinator. Pasal 23 Tugas dan Wewenang Tugas dan Wewenang Tim Ad Hoc ditetapkan dalam rapat khusus pembagian gambaran kerja
  15. 15. 15 B. Keuangan Pasal 24 Segala yang berhubungan tentang keuangan, ditetapkan oleh pengurus yayasan Jeumpa Aceh. BAB III Lambang Pasal 25 Lambang dan atribut yayasan lainnya ditetapkan dalam musyawarah besar anggota yayasan Jeumpa Aceh. BAB IV Perubahahan AD/ART Pasal 26 1. Perubahan AD/ART hanya dapat dilakukan oleh musyawarah besar. 2. Rencana perubahan tersebut disampaikan sekurang-kurangnya satu bulan sebelum musyawarah besar diadakan. BAB V Pembubaran Pasal 27 Pembubaran hanya dapat dilaksanakan oleh musyawarah besar atau yang setingkat dengannya. Pasal 28 Keputusan pembubaran tersebut sekurang-kurangnya harus disetujui oleh 2/3 peserta musyawarah besar. Pasal 29 Semua inventaris (harta kekayaan) yayasan akan diserahkan atau dihibahkan kepada yayasan-yayasan lainnya yang ditunjuk dalam musyawarah besar tersebut. BAB VI Aturan Tambahan Pasal 30 Setiap anggota dan pengurus yayasan Jeumpa Aceh dianggap telah mengetahui isi anggaran dasar dan anggaran rumah tangga yayasan Jeumpa Aceh.
  16. 16. 16 Pasal 31 1. Peraturan ini berlaku sejak ditetapkan. 2. Adapun pelanggaran terhadap ketentuan-ketentuan ini akan dikenakan sanksi sebagaimana yang akan diatur tersendiri. Ditetapkan di Banda Aceh, 1 September 2011, Pukul : ………… WIB

×