WATERFALL

965 views

Published on

Published in: Technology
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
965
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
127
Actions
Shares
0
Downloads
39
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

WATERFALL

  1. 1.  Model ini merupakan model yang paling banyak dipakai oleh para pengembang software. Ada lima tahap dalam model waterfall, yaitu: Requirement Analysis, System Design, Implementation, Integration & Testing, Operations & Maintenance. Sesuai dengan namanya waterfall (air terjun) maka tahapan dalam model ini disusun bertingkat, setiap tahap dalam model ini dilakukan berurutan, satu sebelum yang lainnya (lihat tanda anak panah). Selain itu dari satu tahap kita dapat kembali ke tahap sebelumnya.
  2. 2. Seluruh kebutuhan software harus bisadidapatkan dalam fase ini, termasukdidalamnya kegunaan software yang diharapkanpengguna dan batasan software. Informasi inibiasanya dapat diperoleh melalui wawancara,survey atau diskusi. Informasi tersebutdianalisis untuk mendapatkan dokumentasikebutuhan pengguna untuk digunakan padatahap selanjutnya.
  3. 3. Tahap ini dilakukan sebelum melakukancoding. Tahap ini bertujuan untuk memberikangambaran apa yang seharusnya dikerjakan danbagaimana tampilannya. Tahap ini membantudalam menspesifikasikan kebutuhan hardwaredan sistem serta mendefinisikan arsitektursistem secara keseluruhan.
  4. 4. Dalam tahap ini dilakukan pemrograman.Pembuatan software dipecah menjadi modul-modul kecil yang nantinya akan digabungkandalam tahap berikutnya. Selain itu dalam tahapini juga dilakukan pemeriksaaan terhadapmodul yang dibuat, apakah sudah memenuhifungsi yang diinginkan atau belum.
  5. 5. Di tahap ini dilakukan penggabunganmodul-modul yang sudah dibuat dan dilakukanpengujian ini dilakukan untuk mengetahuiapakah software yang dibuat telah sesuaidengan desainnya dan masih terdapatkesalahan atau tidak.
  6. 6. Ini merupakan tahap terakhir dalam modelwaterfall. Software yang sudah jadi dijalankanserta dilakukan pemeliharaan. Pemeliharaantermasuk dalam memperbaiki kesalahan yangtidak ditemukan pada langkah sebelumnya.Perbaikan implementasi unit sistem danpeningkatan jasa sistem sebagai kebutuhanbaru.

×