Hukum Internasional
By: Dhea Qanita Adhani
X-MIA 3
Tugas Pendidikan Kewarganegaraan
Pengertian
• Hukum internasional adalah bagian hukum yang mengatur
aktivitas entitas berskala internasional. Pada awalnya,...
• Mochtar Kusumaatmadja membedakan sumber
hukumdalam arti material dan sumber hukum dalam
arti formal.
Sumber Hukum
Intern...
Macam-macam sumber hukum
Internasional
1. Berdasarkan penggolongannya:
Berdasarkan penggolongannya sumber hukum
internasio...
• Perjanjian Internasional (International Conventio
ns)
• Kebiasaan International (International Custom)
• Prinsip Hukum U...
2. Berdasarkan sifat daya ikatnya:
-Sumber hukum Internasional jika
dibedakanberdasarkan sifat daya ikatnya
maka dapatdibe...
Tahap-tahap Dalam Pembuatan Perjanjian
Internasional
Negara
A
Negara
B,C,D dst.
Penjajakan
Perundingan
Perumusan nask
ah
P...
Pengesahan perjanjian internasional mrp tahap
penting dalam proses pembuatan
perjanjianinternasional, karena suatu negara
...
PENGESAHAN PERJANJIAN
INTERNASIONAL
DENGAN UNDANG-
UNDANG
DENGAN
KEPUTUSANPRESIDEN
Apabila berkenaan dengan : a.Masalah
po...
Asas-asas Hukum Internasional
Dalam menjalin hubungan antar bangsa, setiap negara
harus memperhatikan asas-asas hukum inte...
Source
http://lanlanrisdiana.blogspot.com/2013/02/makalah-
peranan-hukum-internasional.html
http://id.wikipedia.org/wiki...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Hukum Internasional (Dhea Qanita Adhani - X MIA 3)

550 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
550
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
56
Actions
Shares
0
Downloads
13
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Hukum Internasional (Dhea Qanita Adhani - X MIA 3)

  1. 1. Hukum Internasional By: Dhea Qanita Adhani X-MIA 3 Tugas Pendidikan Kewarganegaraan
  2. 2. Pengertian • Hukum internasional adalah bagian hukum yang mengatur aktivitas entitas berskala internasional. Pada awalnya, Hukum Internasional hanya diartikan sebagai perilaku dan hubungan antarnegara namun dalam perkembangan pola hubungan internasional yang semakin kompleks pengertian ini kemudian meluas sehingga hukum internasional juga mengurusi struktur dan perilaku organisasi internasional dan pada batas tertentu, perusahaan multinasional dan individu. • Hukum internasional adalah hukum bangsa-bangsa, hukum antarbangsa atau hukum antarnegara. Hukum bangsa-bangsa dipergunakan untuk menunjukkan pada kebiasaan dan aturan hukum yang berlaku dalam hubungan antara raja-raja zaman dahulu. Hukum antarbangsa atau hukum antarnegara menunjukkan pada kompleks kaedah dan asas yang mengatur hubungan antara anggota masyarakat bangsa-bangsa atau negara.
  3. 3. • Mochtar Kusumaatmadja membedakan sumber hukumdalam arti material dan sumber hukum dalam arti formal. Sumber Hukum Internasional DALAM ARTI MATERIAL: Adalah sumber hukumyang membahas dasar berlakunya hukum suatunegara DALAM ARTI FORMAL :Adalah sumber dari mana kitamendapatkan atau menemukanketentuan- ketentuan hukum internasional
  4. 4. Macam-macam sumber hukum Internasional 1. Berdasarkan penggolongannya: Berdasarkan penggolongannya sumber hukum internasionaldibedakan menjadi dua: 1. Kebiasaan 2. Traktat (misal : Persoalan politik, ekonomi) 3. Keputusan Pengadilan atau Badan-badan Arbitrase(UUno.39 thn 1999 di Indonesia untuk perdatanyacontoh investasi) 4. Karya-karya Hukum 5. Keputusan atau Ketetapan Organ/lembaga Internasional A. Penggolongan menurut Pendapat Para sarjana HukumInternasional, meliputi:
  5. 5. • Perjanjian Internasional (International Conventio ns) • Kebiasaan International (International Custom) • Prinsip Hukum Umum (General Principles of La w) yang diakui oleh negara-negara eradab. • Keputusan Pengadilan (judicial decisions) dan p endapat para ahli yang telah diakui kepakarannya (Theachings of the most highly qualified publicists) B. Penggolongan menurut Pasal 38 (1) Statuta Mahkamah Internasional, terdiri dari :
  6. 6. 2. Berdasarkan sifat daya ikatnya: -Sumber hukum Internasional jika dibedakanberdasarkan sifat daya ikatnya maka dapatdibedakan menjadi sumber hukum primer dansumber hukum subsider. -Sumber hukum primer adalah sumber hukum yang sifatnya paling utama artinya sumber hukum inidapat berdiri sendiri- sendiri meskipun tanpakeberadaan sumber hukum yang lain.
  7. 7. Tahap-tahap Dalam Pembuatan Perjanjian Internasional Negara A Negara B,C,D dst. Penjajakan Perundingan Perumusan nask ah Penerimaan Penandatangan an
  8. 8. Pengesahan perjanjian internasional mrp tahap penting dalam proses pembuatan perjanjianinternasional, karena suatu negara telah menyatakan diri untuk terikat secara definitif Tentang pengesahanperjanjian internasional,dapat dibedakan antarapengesahan dengan undang-undang dan pengesahandengan keputusan presiden.
  9. 9. PENGESAHAN PERJANJIAN INTERNASIONAL DENGAN UNDANG- UNDANG DENGAN KEPUTUSANPRESIDEN Apabila berkenaan dengan : a.Masalah politik, perdamaian, pertahanan,dan keamanan negara;b.Perubahan wilayah atau penetapan bataswilayah;c.Kedaulatan negara;d.Hak asasi manusia dan lingkungan hidup;e.Pembentukkan kaidah hukum baru;f.Pinjaman atau hibah luar negeri.Pengesahan perjanjian internasionaldilakukan berdasarkan materi perjanjiandan bukan berdasarkan bentuk ataunama perjanjian Jenis-jenis perjanjian yangpengesahannya melalui keputusanpresiden pada umumnya memilikimateri yang bersifat prosedural danmemerlukan penerapan dalam waktusingkat tanpa mempengaruhiperaturan perundang- undangannasional, di antaranya adalahperjanjian induk yang menyangkutkerjasama di bidangIptek, ekonomi dan teknik,perdagangan, kebudayaan, pelayaran niaga,kerjasama penghindaran pajak berganda, dll.
  10. 10. Asas-asas Hukum Internasional Dalam menjalin hubungan antar bangsa, setiap negara harus memperhatikan asas-asas hukum internasional : 1. Asas Teritorial 2. Asas Kebangsaan 3. Asas Kepentingan Umum Asas lain sebagai berikut : 1. Pacta sunt servanda 2. Egality rights 3. Reciprositas 4. Courtesy 5. Right sig stantibus
  11. 11. Source http://lanlanrisdiana.blogspot.com/2013/02/makalah- peranan-hukum-internasional.html http://id.wikipedia.org/wiki/Hukum_internasional http://pkndisma.blogspot.com/2013/01/tahap- pembuatan-perjanjian-internasional.html

×