Power point dina

5,606 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
5,606
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
34
Actions
Shares
0
Downloads
131
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Power point dina

  1. 1. BAB 1 HAKEKAT MANUSIA & DIMENSI - DIMENSINYA
  2. 2. HAKEKAT MANUSIA Terminologi a. Istilah (term) & hakekat berasal dari bahasa Arab dengan kata dasarnya “Haq”. b. Istilah manusia berasal dari bahasa Arab yaitu dari kata “man” yang artinya manusia. Beberapa istilah lain yang sering di gunakan untuk manusia adalah : 1. Al-insan 2. Al-basyar 3. Annas 4.Bani adam
  3. 3. BERBAGAI PANDANGAN TENTANG HAKEKAT MANUSIA 1. Pandangan Islam/ Al-qur’an. a. Manusia Sebagai Makhluk Ciptaan Tuhan. b. Hakekat Manusia Sebagai Khalifah. Pandangan Ilmuan Barat tentang hakekat manusia: a. Pandangan Psiko Analitik dari S.Freud. b. Pandangan Humanistik. c. Pandangan Behavioristik
  4. 4. DIMENSI-DIMENSI KEMANUSIAAN a. Dimensi Keindividualan. b. Dimensi Kesosialan. c. Dimensi Kesusilaan. d. Dimensi Keberagaman.
  5. 5. PENGEMBANGAN DIMENSI KEMANUSIAAN Manusia secara individual terlahir ke muka bumi dengan segenap potensinya untuk berkembang. Tetapi potensi itu tidak datang dengan sendirinya. Artinya diperlukan upaya / usaha dari manusia lain untuk merangsang agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.
  6. 6. SOSOK MANUSIA INDONESIA SEUTUHNYA Peranan kunci dari pendidik dalam interaksi pendidikan adalah: a. Menumbuhkan Kemandirian. b. Menumbuhkan Kemampuan mengambil keputusan. c. Menyediakan sistem dukungan dalam belajar.
  7. 7. MANUSIA YANG UTUH MERUPAKAN TUJUAN PEMBANGUNAN DAN PEMBANGUNAN YANG DILAKSANAKAN ADALAH HIDUP SECARA SERASI,SELARAS DAN SEIMBANG ANTARA JASMANI DAN ROHANI.
  8. 8. BAB 2 HAKEKAT PENDIDIKAN
  9. 9. A. PENGERTIAN PENDIDIKAN istilah pendidikan berasal dari bahasa Yunani “Paedagogie” yang akar katanya Pais yang berarti anak dan again yang artinya membimbing. Jadi paedagogie berarti bimbimbingan yang diberikan kepada anak dalam bahasa inggris pendidikan disebut education. Education berasal dari bahasa yunani “educare” berarti membawa keluar yang tersimpan dalam jiwa anak, untuk dituntun agar tumbuh dan berkembang sistem nilai merupakan sumber dari segala sumber hukum yang berlaku dalam suatu masyarakat, bangsa atau negara
  10. 10. A.PENDIDIKAN MENURUT LANGEVELD Seorang ahli pendidikan bangsa belanda yang pendidikannya berorientasi ke eropa dan lebih menekankan kepada teori-teori ilmu. Pendidikan adalah bimbingan atau pertolongan yang diberikan oleh orang dewasa kepada perkembangan anak untuk mencapai kedewasaannya dengan tujuan agar anak cukup cakap melaksanakan tugas hidupnya sendiri tidak dengan bantuan orang lain.
  11. 11. B. PENDIDIKAN MENURUT JOHN DEWEY seorang ahli filsafat pendidikan amerika pragmatisme dan dinamis, pendidikan diartikan sebagai proses pembentukan kecakapan-kecakapan fundamental secara intelektual dan emosional kearah alam dan sesama manusia.
  12. 12. C. PENDIDIKAN MENURUT DRIYARKARA pendidikan berdasarkan kepada aspek-aspek yang melatar belakangi pemikirannya. Pendidikan adalah hidup bersama dalam kesatuan tritunggal ayah, ibu anak dimana terjadi pembudayaan anak,dengan mana anak berproses untuk akhirnya bisa membudaya sendiri sebagai manusia purnawan.
  13. 13. D. PENDIDIKAN MENURUT KIHAJAR DEWANTARA pendidikan umumnya berarti daya upaya untuk memajukan bertumbuhnya budi pekerti, pikiran dalam taman siswa tidak boleh dipsah-pisahkan bagian-bagian itu supaya kita memajukan kesempurnaan hidup, kehidupan dan penghidupan anak-anak yang kita didik, selaras dengan dunia nya.
  14. 14. B. HAKEKAT PENDIDIKAN menurut Raka joni hakekat pendidikan adalah : a. Penddidikan merupakan proses interaksi manusia yang ditandai oleh keseimbangan antara kedaulatan subjek didik dengan kewibawaan pendidikan. b. Pendidikan merupakan usaha penyiapan subjek didik menghadapi lingkungan hidup yang mengalami perubahan yang semakin pesat. c. Pendidikan meningkatkan kualitas kehidupan pribadi dan masyarakat. d. Pendidikan berlangsung seumur hidup. e. Pendidikan merupakan kiat dalam menerapkan prinsip-prinsip ilmu pengetahuan dan teknologi bagi pembentuk manusia seutuhnya.
  15. 15. C. PENDIDIKAN SEBAGAI SISTEM Yaitu suatu totalitas yang terbentuk dari element-element yang mempunyai hubungan fungsional dalam mengubah masukam menjadi hasil yang diharapkan. Pendidikan adalah karya bersama yang berlangsung dalam suatu pola kehidupan masyarakat tertentu, pendidikan nasional suatu bangsa merupakan sistem sosial dan salah satu sektor dalam keseluruhan kehidupan bangsa, sebagai sistem sosial pendidikan merupakan sisten terbuka yang oleh Katz dan yang dikutip oleh Mutdiaharto.
  16. 16. CIRI-CIRI UMUM SISTEM TERBUKA: 1. Mengambil energi atau masukan dari lingkungan 2. Mentransformasikan energi yang tersedia 3. Memberikan hasil kepada lingkungan 4. Sistem merupakan rangkaian peristiwa atau kejadian yang terus berlangsung dll.
  17. 17. FAKTOR-FAKTOR PENDIDIKAN YAITU: 1. Faktor tujuan adalh faktor pendidikan yang memiliki posisi penting dalam proses pendidikan 2. Faktor pendidik Orang yang mempunyai tanggung jawab dalam melaksanakan pendidikan 3. Faktor subjek didik yang digunakan berdasarkan pandangan bahwa makhluk atau manusia yang dididik adalah makhluk yang berkepribadian 4. Faktor isi atau materi pendidik isi atau materi pendidikan harus relevan, dipilih, sesuai dan menunjang tercapainya tujuan. Bahahn atau materi harus sesuai dengan karateristik perkembangan subjek didik 5. Faktor Metode dan alat pendidikan agar interaksi ini dapat berlangsung secara edukatif dan efisien untuk mencapai tujuan perlu dipilih metode dan alat pendidikan yang tepat. Metode dan alat pendidikan adalah cara yang berfungsi sebagai alat untuk mencapai tujuan.
  18. 18. 6. Faktor sutuasi lingkungan pendidikan a. Lingkungan alam adalah segala sesuatu yang ada didunia ini yang berada diluar diri anak yang bukan manusia, seperti binatang, tumbuh-tumbuhan, iklim, air, gedung dan rumah. b. Lingkungan sosial. adalah semua manusia yang berada diluar diri seseorang yang dapat mempengaruhi diri orang tersebut, baik secara langsung maupun tidak langsung.
  19. 19. P.H KOOMBS DAN W.J PLATT Mengemukakan tiga macam sumber masukan pendidikan yang terdiri dari : 1. pengetahuan, nilai-nilai dan cita-cita yang terdapat dalam masyarakat 2. Sumber daya manusia yang memeuhi persyaratan 3. Hasil produksi dan penghasilan
  20. 20. BAB 3 LINGKUNGAN PENDIDIKAN
  21. 21.  Meliputi semua kondisi dalam dunia ini yang dengan cara tertentu mempengaruhi tingkah laku kita, pertumbuhan, perkembangan atau life processes kita”
  22. 22. FUNGSI LINGKUNGAN  A.FUNGSI KEDALAM (INTERNAL) 1. Pusat pendidikan formal 2. Pusat kebudayaan 3. Lembaga sosial  B. FUNGSI KELUAR ( EKSTERNAL)  Ikut berpatisipasi membantu keluarga dan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan informal dan non formal
  23. 23. JENIS- JENIS LINGKUNGAN 1. Lingkungan keluarga Keluarga adalah merupakan kelompok primer yang terdiri dari sejumah kecil orang yang mempunyai hubungan pertalian darah dan keluarga itu dapat berbentuk nukleus family ataupun keluarga yang di perluas yaitu terdiri dari : 1. Ayah 2. Ibu 3. Anak 4. Paman/ tante 5. Kakek/ nenek 6. Adik/ ipar 7. Pembantu, dll
  24. 24. FUNGSI LEMBAGA PENDIDIKAN KELUARGA 1. merupakan pengalaman pertama bagi masa kanak-kanak 2. Pendidikan di lingkungan keluarga dapat menjamin kehidupan emosional anak untuk tumbuh dan berkembang 3. Di dalam keluarga akan terbentuk pendidikan moral, keteladanan orang tua di dalam bertutur kata dan berprilaku sehari-hari akan menjadi wahana pendidikan moral bagi anak dalam keluarga tersebut guna membentuk manusia susila.
  25. 25. 4. DI DALAM KELUARGA AKAN TUMBUH SIKAP TOLONG –MENOLONG, TENGGANG RASA, SEHINGGA TUMBUHLAH KEHIDUPAN KELUARGA YANG DAMAI DAN SEJAHTERA. 5. KELUARGA MERUPAKAN LEMBAGA YANG MEMANG BERPERAN DALAM MELETAKAN DASAR- DASAR PENDIDIKAN AGAMA. 6.DI DALAM KONTEKS MEMBANGUN ANAK SEBAGAI MAKHLUK INDIVIDU AGAR ANAK DAPAT MENGEMBANGKAN DAN MEMBOLONG DIRINYA SENDIRI
  26. 26. 2. LINGKUNGAN SEKOLAH
  27. 27. LIGKUNGAN SEKOLAH ADALAH LINGKUNGAN DIMANA KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR BERLANGSUNG YANG PARA SISWANYA DI BIASAKAN DENGAN NILAI-NILAI TATA TERTIB SEKOLAH DAN NILAI- NILAI KEGIATAN PEMBELAJARAN BEBAGAI BIDANG STUDI.
  28. 28. FAKTOR- FAKTOR SEKOLAH 1. Metode mengajar  Suatu cara/ jalan yang harus di lalui di dalam mengajar. Guru perlu mencoba metode-metode mengajar yang baru, yang dapat membantu meningkatkan kegiatan belajar-mengajar, dan meningkatkan motivasi siswa untuk belajar. 2. Kurikulum  sejumlah kegiatan yang di berikan kepada siswa. 3. Relasi guru dengan siswa  proses belajar mengajar terjadi antara guru dan siswa.
  29. 29. 4. Relasi siswa dengan siswa 5. Disiplin sekolah  kedisiplinan erat hubungan nya dengan kerajinan siswa dalam sekolah dan juga dalam belajar. 6. Alat pelajaran  alat pelajaran yang lengkap dan tepat akan memperlancar penerimaaan bahan pelajaran yang diberikan kepada siswa. 7. Waktu sekolah  waktu yang baik untuk sekolah adalah pada pagi hari dimana pikiran masih segar, jasmani dalam kondisi yang baik sehingga siswa mudah berkonsentrasi pada pelajaran.
  30. 30. FUNGSI SEKOLAH 1. Sekolah mempersiapkan anak untuk suatu pekerjaan 2. Sekolah memberikan keterampilan dasr 3. Sekolah memberikan kesempatan memperbaiki nasib 4. Sekolah menyediakan tenaga pembangunan 5. Sekolah membantu memecahkan masalah- masalah sosial 6. Sekolah menstranmisi kebudayaan 7. Sekolah membentuk manusia yang sosial
  31. 31. 3. LINGKUNGAN MASYARAKAT Lingkungan masyarakat adalah tempat orang- orang hidup bersama yang berpengaruh besar terhadap perkembangan pribadi anak (siswa).
  32. 32. FAKTOR MASYARAKAT 1. Kegiatan siswa dalam masyarakat  kegiatan mahasiswa dalam masyarakat dapat menguntungkan terhadap perkembalan 2. Mass media  Yang termasuk mass media adalah radio, tv, surat kabar, buku, dll. Mass media memberi pengaruh baik terhadap siswa dan juga terhadap belajar nya. Sebalik nya mass media yang jelek juga berpengaruh jelek terahadap siswa.
  33. 33. 3. Teman bergaul  Pengaruh- pengaruh dari teman bergaul siswa lebih cepat masuk dalam jiwa nya daripada yang kita duga 4. Bentuk kehidupan mayarakat  Masyarakat yang mempunyai kebiasaan yang tidak baik akan berpengaruh jelek kepada siswa yang berada di situ. Sebaliknya jika lingkungan masyarakat nya baik, maka berpengaruh baik juga terhadap siswa yang berada di lingkungan itu.
  34. 34. PERANAN MASYARAKAT DALAM PENDIDIKAN Peranan masyarakat itu antara lain menciptakan suasana yang dapat menunjang pelaksanaan pendidikan nonpemerintah (swasta), membantu pengadaan tenaga, biaya, sarana dan prasarana, menyediakan lapangan kerja, membantu pengembangan profesi baik secara langsung maupun tidak langsung

×