Kelompok 12 ( listiani, asta, zaeni ulfa)

299 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
299
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
8
Actions
Shares
0
Downloads
4
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Kelompok 12 ( listiani, asta, zaeni ulfa)

  1. 1. Metode proyek atau unit adalah carapenyajian pelajaran yang bertitik tolakdan suatu masalah, kemudian dibahasdan berbagai segi yang berhubungansehingga pemecahannya secarakeseluruhan dan bermakna.
  2. 2. 1) Dapat memperluas pemikiran siswa yang berguna dalam menghadapi masalah kehidupan.2) Dapat membina siswa dengan kebiasaan menerapkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam kehidupan seharihan secara terpadu.
  3. 3. 1) Kurikulum yang berlaku di indonesia saat ini, baik secara vertikal maupun horizontal, belum menunjang pelaksanaan metode ini.2) Pemilihan topik unit yang tepat sesuai dengan kebutuhan siswa, cukup fasilitas dan sumber-sumber belajar yang diperlukan, bukanlah merupakan pekerjaan yang mudah.
  4. 4. Metode eksperimen adalah carapenyajian pelajaran, di mana siswamelakukan percobaan denganmengalami dan membuktikan sendirisesuatu yang dipelajari.Dalam prosesbelajar mengajar dengan metodepercobaan ini siswa diberi kesempatanuntuk mengalami sendiri atau melakukansendiri,
  5. 5. 1) Membuat siswa lebih percaya atas kebenaran atau kesimpulan berdasarkan percobaannya.2) Dapat membina siswa untuk membuat terobosan-terobosan baru dengan penemuan dan hasil percobaannya dan bermanfaat bagi kehidupan manusia.
  6. 6. 1) Metode ini memerlukan berbagai fasilitas peralatan dan bahan yang tidak selalu mudah diperoleh dan mahal.2) Metode ini menuntut ketelitian, keuletan dan ketabahan.
  7. 7. Metode resitasi (penugasan) adalahmetode penyajian bahan di mana gurumemberikan tugas tertentu agar siswamelakukan kegiatan belajar.
  8. 8. a. Fase Pemberian TugasTugas yang diberikan kepada siswa hendaknya mempertimbangkan:1) Tujuan yang akan dicapai.2) Jenis tugas yang jelas dan tepat sehingga anak mengerti apa yang ditugaskan tersebut.3) Sesuai dengan kemampuan siswa.4) Ada petunjuk sumber yang dapat membantu pekerjaan siswa.5) Sediakan waktu yang cukup untuk mengerjakan tugas tersebut.
  9. 9. teknik karyawisata, adalah caramengajar yang dilaksanakan denganmengajar siswa ke suatu tempat atau objektertentu di luar sekolah untukmempelajari/menyelidiki sesuatu sepertimeninjau pabrik sepatu, suatu bengkelmobil, toko serba ada suatu petemakanatau perkebunan, museum, dansebagainya. Banyak istilah yang digunakan,tetapi maksudnya sama dengankaiyawisata, seperti widyawisata, study-tour,dan ada pula dalam waktu beberapa hariatau waktu panjang.
  10. 10. 1) Karyawisata memiliki prinsip pengajaran modern yang memanfaatkan lingkungan nyata dalam pengajaran.2) Membuat apa yang dipelajari di sekolah lebih relevan dengan kenyataan dan kebutuhan di masyarakat.3) Pengajaran serupa ini dapat lebih merangsang kreativitas siswa.4) Informasi sebagai bahan pelajaran lebih luas dan aktual.
  11. 11. 1) Fasilitas yang diperlukan dan biaya yang dipergunakan sulit.2) Sangat memerlukan persiapan.3) Memerlukan koordinasi agar tidak terjadi tumpang tindih waktu dan kegiatan selama karyawisata..
  12. 12. Metode tanya jawab adalah carapenyajian pelajaran dalam bentukpertanyaan yang harus dijawab,terutama guru kepada siswa, tetapidapat pula siswa kepada guru.Metode tanya jawab adalah yangtertua dan banyak digunakan dalamproses pendidikan, baik di lingkungankeluarga, masyarakat maupun sekolah.
  13. 13. Metode latihan yang disebut jugametode training, merupakan suatu caramengajar yang baik untukmenanamkan kebiasaan-kebiasaantertentu. Dan Juga sebagai sarana untukmemelihara kebiasaan-kebiasaan yangbaik. Selain itu, metode ini dapat jugadigunakan untuk memperoleh suatuketangkasan, ketepatan, kesempatan,dan keterampiIan.
  14. 14. Metode ceramah adalah metode yangboleh dikatakan metode tradisional,karena sejak dulu metode ini telahdipergunakan sebagai alat komunikasilisan antara guru dengan anak didik dalamproses belajar mengajar.

×