hakekat pendidikan

11,712 views
11,596 views

Published on

0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
11,712
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
7
Actions
Shares
0
Downloads
325
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

hakekat pendidikan

  1. 1. BAB.2 HAKEKAT PENDIDIKAN
  2. 2. A.PENGERTIAN PENDIDIKAN Menurut Para Ahli 1. Langeveld pendidikan adalah bimbingan yang diberikan orang dewasa kepada anak didik untuk menglahirkan kedewasaan dan mampu melaksanakan tugas tampa bantuan orang lain. 2. John Dewey pendidikan adalah proses pembentukan kecakapan fundamental secara intelektual dan emosional
  3. 3. 3. Driyakara pendidikan adalah hidup bersama dalam kesatuan “ Tri Tunggal” ayah,ibu dan anak. Jadi pendidikan berasal dari ayah dan ibu. Jadi pendidikan adalah daya upaya untuk memajukan bertumbuhnya budi pekerti, pikiran agar terciptanya kesempurnaan hidup dan cita- cita bangsa dan negara.
  4. 4. B.HAKEKAT PENDIDIKAN Hakekat pendidikan yaitu : 1. Merupakan proses interaksi manusia yang ditandai oleh keseimbangan kedaulatan subject didik dengan kewibawaan pendidik 2. Meningkatkan kualitas pribadi dan masyarakat. 3. Pendidikan berlangsung seumur hidup 4. Adanya kaitan antara pengetahuan dengan teknologi 5. Sesuai dengan perkembangan zaman
  5. 5. C.Pendidikan Sebagai Sistem Sistem adalah suatu totalitas dari elemen-elemen yang mempunyai hubungan fungsional.pendidikan memberikan 3 masukan yaitu : 1.Pengetahuan,nilai-nilai,dan cita-cita dalam masyarakat. 2.Sumber daya manusia yang memenuhi persyaratan. 3. Hasil produksi dan penghasilan.
  6. 6. A. Faktor – Faktor Pendidikan 1. Faktor Tujuan Yaitu: membentuk manusia yang mandiri dalam konteks kehidupan pribadinya,kehidupan bermasyarakat,bangsa dan negara serta kehidupan beragama.ada 3 tujuan pendidikan: 1). Tujuan umum yakni manusia pancasila 2). Tujuan institusional yakni tujuan sekolah. 3). Tujuan kurikulum seperti IPA,IPS.
  7. 7. 2. Tujuan Pendidik Pendidik adalah orang yang memberikan batuan kepada orang yang membututuh bantuan.pendidik adalah orang tua dan guru.seorang pendidik harus bisa memahami potensi anak didik,memahami anak didik,mengembangkan potensi,bekerjasama dengan orang tuanya,menyelenggarakan praktek dan dll. 3. Subjek Didik peserta didik memiliki potensi,membutuhkan pembinaan,bersifat kreaktif dan memiliki wawasan. Subjek didik dipengaruhi oleh kemampuan dasar,lingkungan dan kepribadian.
  8. 8. 4. Materi Pendidikan pendidik harus mempertimbangkan beberapa hal yaitu : bahan harus sesuai dan menunjang tercapainya tujuan, urgensi bahan( yang penting diketahui anak didik),nilai praktis ,sesuai dengan kurikulum. 5. Metode dan Alat Pendidikan berfungsi untuk mencapai tujuan dalam pendidikan.metode terdiri dari faktor yang ingin dicapai,faktor murid dan faktor guru.selain itu ada juga faktor alat seperti: buku,kursi,gedung ,guru dan pendidik.
  9. 9. 6.Lingkungan Pendidikan lingkungan terdiri dari lingkungan alam dan sosial.lingkungan alam seperti: manusia,hewan dan tumbuhan. Lingkungan sosial seperti: masyarakat, keluarga dan sekolah. a. keluarga adalah lingkungan pendidikan yang pertama. Disinalah awal anak pengenal pendidikan. b. sekolah adalah lingkungan pendidikan kedua. Disinilah anak mengenal pendidikan umum dan agama.
  10. 10. c. Masyarakat lingkungan pendidikan yang mengajarkan cara berkerjasama dan bergaulan serta memberikan dalam mempimpim suatu organisasi.dimasyarakat inilah diajarkan berbagai keterampilan.

×