Bahan uas mp
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Like this? Share it with your network

Share
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
673
On Slideshare
673
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
1
Comments
0
Likes
0

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. InterupsiSaat menjalankan program, mikroprosessor dapat mengalamat penghentian eksekusiprogram.interupsi adalah proses penghentian dalam mikroprosessor.Interu[si merupakan proses penghenatian suatu program yang sedang dilaksanakanolehmikroprosessor,karena adanya pelayana permintaan dan suatu i/o.dengan demikiaanapabila permintaan itu diterima,maka sistem mikroprossor akan mengalami interupsi.Contoh:keyboard mengintrupsi kerja mikroprosessor karena ada tuts keyboard yangditekan.data yang dihasilkan oleh tuts tersebut harus diambil sesegera mungkin olehmikroprosessor Interupsi interupsi keyboard keyboard printer program utama interupsi printer 1.siapa yang menginterupsi? 1.software-----dihasilkan dengan menggunakan interupsi INT interupsi jenis ini jugadisebut system cell misal:suatu program ingin mencetak hasil dengan printer. 2.hardware---dihasilkan dengan mengaktifkan sinyal interupsi pada pin18mp.interupsi ini disebut karena adanya aksi pada perangkat keras,seperti penekanan tombolkeyboard atau menggerakan mouse,interupsi ini terbagi lagi menjadi dua yaitu:moskableinterupt(terjadi karena aksi luar)dan honmi(terjadi karena terjadi kesalahan parity padaprogram). Kedua jenis interupsi tersebut akan menyebabkan mikriprosessor mengerjakan suaturountine(program kecil)khusus(interup service rountine/ISR). Penyebab terjadinya interupt a.program—terjadi akibat eksekusi suatu interuksi b.timmer---disebabkan oleh timer prosessor c.i/o---disebabkan oleh i/o controler baik sebagai tanda bahwa operasi telah selesaimaupun memberi tanda error
  • 2. d.kegagalan hard ware—disebakan oleh kesalahan hardware seperti power falluredan parity error. 2.aksi yang diberikan saat terjadi interup a.synchronous i/o –i/o dijalankan.i/o selesai digunakan.kontrol menginformasikankembali ke user proses.untuk menunggu selesai digunakan i/o digunakan perintah wait b.asynchorous i/o kembali ke user program tanpa harus menunggu i/o interupsi software --adanya interupsi INT dalam program akan menyebabkan MP meninggalkanprogram yang sedang dikerjakan dan mengerjakan rountine khusus untuk nomer intruksitersebut.setelah rountine tersebuit selesai dikerjakan,maka mikroprosessor akan kembali keprogram semula yang tadi ditinggalkan. Urutan kerja mikroprosessor saat mengerjakan interuksi 1.menyimpan isi register ke stack 2.mencari alamat rountine xx 3.lompat ke alamat rountine tersebut 4.mengerjakan rountine tersebut 5.kembali ke program semula dengan mengembalikan isi register dari stack Mencari alamat rountine xx --sebelum mengerjakan alamat rountine xx,mikroprosessor akan mencari terlebihdahulu rountine tersebut berada untuk mendapatkan alamat rountine tersebut. Interupt hardware --mikroprosessor 8088 mempunyai dua input interupt NMI dan INTR Adanya sinyal +5 volt pd pin 18(intr)pada MP akan menyebabkan mikroprosessormeninggalkan program yang sedang dikerjakan,dan mengerjakan rountine khusus untuknomor interupsi tersebut.setelah selesai maka MP akan kembali ke program awal. Urutan kerja µp 8088 saat mendapatkan sinyal aktif pin 18 (INTR) 1.menyimpan isi register ke stack 2.mengsktifkan sinyal INTA dipin 24 3.membaca nomer interupsi si address bus (A0-A7)
  • 3. 4.mencari alamat rountine untuk nomor interupsi tersebuat 5.lompat ke alamat rountine tersebut 6.mengerjakan rountine tersebut 7.kembali ke program semula dengan cara mengembalikan semua isi register daristack. Register(memori) Data yang di proses berasal dari memori Memori-prosesor-penampung-register Register adalah sebuah perangkat yang ada didalam cpu yang menyimpan sementarabeberapa tipe informasi sambil dilakukan pemerosesan --word yang tersimpan dilokasi memori harus bisa masuk ke mikroprosessor. --bagian dari mikroprosessor yang berfungsi untuk menyimpan word tersebut disebutregister. Jenis register 1.segment register --terdiri dari CS,DS,TS,dan SS yang digunakan untuk menunjukan alamat dari suatusegment. CS—digunakan untuk menunjukkan tempat dari segmen yang sedang aktif(codesegment). SS—menunjukan letak dari segmen yang di gunakan oleh stack atau untukmenyimpan segment data tambahan(stack segment) DS—untuk menunjukan tempat segmen dimana data-data pada progra disimpan(datasegment) ES—Suatu register bonus yang tidak mempunyai tugas khusus.digunakan untukmenunjukan suatu alamat di memory dan digunakan untuk menyimpan alamat kembalinyainterupt dan subrutin(exstra segment). 2.pointer dan index register --terdiri dari SP,BP,SI,DI --digunakan untuk penunjuk atau pointer terhadap suatu lokasi memory SP—berpasangan dengan SS(SS:SP)berfungsi untuk menunjukan alamat daristack(stack Pointer).
  • 4. BP—berpasangan dengan SS (SS:BP)mencatat suatu alamat di memory tempatdata(base pointer) SI & DI—digunakan pada operasi string dengan mengakses secara langsung padaalamat dimemori yang ditunjukkan oleh kedua P register ini.(source index & destinationindex) String adalah suatu jenis data yang terdiri atas kumpulan karakter,angka maupunsimbol. General purpose register terdiri dari AX,BX,CX,DX Mempunyai suatu ciri khas yaitu dapat dipisah menjadi dua bagian dimana masing-masing bagian terdiri atas 8 bit AX—pada operasi aritmatik terutama dalam operasi pembagian & pengurangan BX--- menunjukan suatu alamat offset dari suatu segmen CX---digunakan secara khusus pada operasi looping dimana register ini menentukanberapa banyaknya looping yang akan terjadi. DX---manampung sisa hasil hasil pembagian 10 bit. Index pointer register --digunakan untuk menunjukan lokasi intruksi berikutnya yang akan di jalankan --register ip ini berpasangan dengan CS dimana penulisanya [CS:IP]jadi lokasi alamatyang di tunjuk bergantung pada code segment yang terdapat pada segment register. Flags register ---menunjukkan kondisi dan suatu keadaan(ya atau tidak)flags yang terdapat padamikroprosessor 8088 keatas. OF<overflow flag>--jika terjadi overflow pada operasi aritmatika bernilai 1 SF<sigh Flag>--jika digunakan bilangan ,bertanda bit ini akan bernilai 1 ZF<Zero flag>--jika hasil operasi menghasilkan nol,bit ini akan bernilai 1 CF<Carry flag>--jika terjadi borrow pada operasi pengurangan atau carry padapenjumlahan bit ini akan bernilai 1 PF<parity flag>--untuk menunjukan paritas bilangan ini akan bernilai 1 bila bilanganyang di hasilkan merupakan bilangan genap. DF<direction flag>---digunakan pada operasi string untuk menunjukan arah proses. IF<interupt inable flag>CPU akan mengabaikan interupsi yang terjadi jika bit ini 0.
  • 5. TF<trap flag>--digunakan terutama untuk debugging dengan operasi step by step AF<Auxcilary flag>untuk operasi BCD NT<nested task>--untuk menjaga jalannya interupsi yang terjadi secara beruntun Iopl<I/O protection level>--flag ini terdiri atas 2 bit digunakan untuk mode proteksi Arsitektur internal µp 8088 1.BIO<bus interface unit> --menjalankan operasi bus seperti menjemput interuksi,membaca data dan menuliskememori penerima input dan mengeluarkan output ke unit periferal dari BIU ini dihasilaknbus data sebanyak 8 bit. BIU memiliki 1. Register segment 2. Register komunikasi internal 3. Pointer intruksi 4. Antrian kode objek intruksi 5. Bus alamat 6. Bus kontrol logika2.EU(execution unit---menerjemahkan dan menjalankan interuksi