“Lingkungan Hukum”
Hukum di Indonesia merupakan campuran dari sistem
hukum hukum Eropa, hukum Agama dan hukum Adat.
Sebagi...
Berdasarkan isinya, hukum dapat dibagi menjadi 2, yaitu hukum privat
dan hukum publik.
Hukum privat sebagai lawan dari huk...
Hukum tata negara
Adalah hukum yang mengatur tentang
negara, yaitu antara lain dasar pendirian,
struktur kelembagaan, pemb...
Hukum tata usaha (administrasi) negara
Adalah hukum yang mengatur kegiatan administrasi negara.
Yaitu hukum yang mengatur ...
Hukum

acara perdata Indonesia
Hukum acara perdata Indonesia adalah
hukum yang mengatur tentang tata cara
beracara (berpe...
Hukum

antar tata hukum
Hukum antar tata hukum adalah hukum
yang mengatur hubungan antara dua
golongan atau lebih yang tu...
Hukum

Islam di Indonesia
Hukum Islam di Indonesia belum bisa ditegakkan secara
menyeluruh, karena belum adanya dukungan ...
Lingkungan Pemerintah
Pemerintah telah banyak memberi bantuan pada
kegiatan usaha yang dilakukan masyarakat, contohnya :
B...
Bantuan pada perusahaan-perusahaan
kecil, misal bantuan modal
Bantuan dibidang komunikasi
Lingkungan Internasional
Merupakan suatu konsep keseluruhan yang luas
meliputi kegiatan dan masalah perekonomian dunia.
Ma...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Lanjutan lingkungan yang mempengaruhi perusahaan

769 views

Published on

materi pengantar bisnis Rizki Amelia Afriana, SE, MM

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
769
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
18
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Lanjutan lingkungan yang mempengaruhi perusahaan

  1. 1. “Lingkungan Hukum” Hukum di Indonesia merupakan campuran dari sistem hukum hukum Eropa, hukum Agama dan hukum Adat. Sebagian besar sistem yang dianut, baik perdata maupun pidana, berbasis pada hukum Eropa kontinental, khususnya dari Belanda karena aspek sejarah masa lalu Indonesia yang merupakan wilayah jajahan dengan sebutan Hindia Belanda (Nederlandsch-Indie). Hukum Agama, karena sebagian besar masyarakat Indonesia menganut Islam, maka dominasi hukum atau Syari'at Islam lebih banyak terutama di bidang perkawinan, kekeluargaan dan warisan. Selain itu, di Indonesia juga berlaku sistem hukum Adat, yang merupakan penerusan dari aturanaturan setempat dari masyarakat dan budaya-budaya yang ada di wilayah Nusantara.
  2. 2. Berdasarkan isinya, hukum dapat dibagi menjadi 2, yaitu hukum privat dan hukum publik. Hukum privat sebagai lawan dari hukum publik. Jika hukum publik mengatur hal-hal yang berkaitan dengan negara serta kepentingan umum (misalnya politik dan pemilu (hukum tata negara), kegiatan pemerintahan sehari-hari (hukum administrasi atau tata usaha negara), kejahatan (hukum pidana), maka hukum perdata mengatur hubungan antara penduduk atau warga negara sehari-hari, seperti misalnya perkawinan, perceraian, kematian, pewarisan, harta benda, kegiatan usaha dan tindakan-tindakan yang bersifat perdata lainnya hukum publik adalah hukum yg mengatur hubungan antara negara dengan warga negaranya. Hukum pidana merupakan bagian dari hukum publik. Hukum pidana terbagi menjadi dua bagian, yaitu hukum pidana materiil dan hukum pidana formil. Hukum pidana materiil mengatur tentang penentuan tindak pidana, pelaku tindak pidana, dan pidana (sanksi). Di Indonesia, pengaturan hukum pidana materiil diatur dalam kitab undang-undang hukum pidana (KUHP). Hukum pidana formil mengatur tentang pelaksanaan hukum pidana materiil. Di Indonesia, pengaturan hukum pidana formil telah disahkan dengan UU nomor 8 tahun 1981 tentang hukum acara pidana (KUHAP).
  3. 3. Hukum tata negara Adalah hukum yang mengatur tentang negara, yaitu antara lain dasar pendirian, struktur kelembagaan, pembentukan lembaga-lembaga negara, hubungan hukum (hak dan kewajiban) antar lembaga negara, wilayah dan warga negara.
  4. 4. Hukum tata usaha (administrasi) negara Adalah hukum yang mengatur kegiatan administrasi negara. Yaitu hukum yang mengatur tata pelaksanaan pemerintah dalam menjalankan tugasnya . Hukum administarasi negara memiliki kemiripan dengan hukum tata negara.Kesamaannya terletak dalam hal kebijakan pemerintah ,sedangkan dalam hal perbedaan hukum tata negara lebih mengacu kepada fungsi konstitusi/hukum dasar yang digunakan oleh suatu negara dalam hal pengaturan kebijakan pemerintah,untuk hukum administrasi negara dimana negara dalam "keadaan yang bergerak". Hukum tata usaha negara juga sering disebut HTN dalam arti sempit.
  5. 5. Hukum acara perdata Indonesia Hukum acara perdata Indonesia adalah hukum yang mengatur tentang tata cara beracara (berperkara di badan peradilan) dalam lingkup hukum perdata.
  6. 6. Hukum antar tata hukum Hukum antar tata hukum adalah hukum yang mengatur hubungan antara dua golongan atau lebih yang tunduk pada ketentuan hukum yang berbeda. Hukum adat di Indonesia Hukum adat adalah seperangkat norma dan aturan adat yang berlaku di suatu wilayah.
  7. 7. Hukum Islam di Indonesia Hukum Islam di Indonesia belum bisa ditegakkan secara menyeluruh, karena belum adanya dukungan yang penuh dari segenap lapisan masyarakat secara demokratis baik melalui pemilu atau referendum maupun amandemen terhadap UUD 1945 secara tegas dan konsisten. Aceh merupakan satu-satunya provinsi yang banyak menerapkan hukum Islam melalui Pengadilan Agama, sesuai pasal 15 ayat 2 Undang-Undang RI No. 4 Tahun 2004 Tentang Kekuasaan Kehakiman yaitu : Peradilan Syariah Islam di Provinsi Nanggroe Aceh Darrussalam merupakan pengadilan khusus dalam lingkungan peradilan agama sepanjang kewenangannya menyangkut kewenangan peradilan agama, dan merupakan pengadilan khusus dalam lingkungan peradilan umum sepanjang kewenangannya menyangkut kewenangan peradilan umum.
  8. 8. Lingkungan Pemerintah Pemerintah telah banyak memberi bantuan pada kegiatan usaha yang dilakukan masyarakat, contohnya : Bantuan dibidang transportasi
  9. 9. Bantuan pada perusahaan-perusahaan kecil, misal bantuan modal
  10. 10. Bantuan dibidang komunikasi
  11. 11. Lingkungan Internasional Merupakan suatu konsep keseluruhan yang luas meliputi kegiatan dan masalah perekonomian dunia. Maksudnya adalah kejadian apapun yang terjadi di dunia, di luar negeri akan mempengaruhi perekonomian di Indonesia karena kita telah memasuki pasar bebas atau era globalisasi. Contohnya adalah apabila harga minyak dunia naik, maka industri yang menggunakan minyak dunia sebagai salah satu input produksinya pun terpaksa harus menaikkan ongkos produksinya yang tentu saja mengakibatkan barang yang di produksi harus dijual dengan harga yang lebih mahal.

×