Tugas TIK

1,055 views
831 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,055
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
4
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Tugas TIK

  1. 1. TUGAS TIK MATA PELAJARAN DISUSUN OLEH: 1. CITRA AYU R. ( 2. KIKHI ISMIYATI 3. MARGARETTA P.E.R 4. NIKEN PUTRI P.S
  2. 2. PASAR MODAL DAN STRUKTUR ORGANISASI
  3. 3. PETA KONSEP PASAR MODAL PERAN DAN MANFAAT PASAR MODAL BAPEPAM & LK FUNGSI PASAR MODAL LEMBAGA PENUNJANG PASAR MODAL WEWENANG BAPEPAM & LK
  4. 4. PASAR MODAL 1. Pengertian Pasar Modal : Pasar Modal merupakan kegiatan yang berhubungan dengan penawaran umum dan perdagangan efek, perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek. 2. Pasar Modal bertindak sebagai penghubung antara para investor dengan perusahaan ataupun institusi pemerintah melalui perdagangan instrumen keuangan jangka panjang seperti Obligasi, Saham dan lainnya.
  5. 5. PERAN DAN MANFAAT PASAR MODAL 1. Pasar Modal merupakan wahana pengalokasian dana secara efisien. 2. Pasar Modal sebagai alternatif investasi. 3. Memungkinkan para investor untuk memiliki perusahaan yang sehat dan berprospek baik. 4. Pelaksanaan manajemen perusahaan secara profesional dan transparan. 5. Peningkatan aktivitas ekonomi nasional.
  6. 6. BAPEPAM & LK 1. Tugas : Melakukan pembinaan, pengaturan, dan pengawasan sehari-hari kegiatan pasar modal 2. Tujuan : Mewujudkan terciptanya kegiatan pasar modal yang teratur, wajar, dan efisien serta melindungi kepentingan pemodal dan masyarakat a) Teratur: menjamin bahwa seluruh pelaku pasar modal wajib mengikuti ketentuan yang berlaku sesuai dengan bidangnya masing-masing dan melaksanakannya secara konsisten. b) Wajar: seluruh pelaku pasar modal melakukan kegiatannya dengan memperhatikan standar dan etika yang berlaku di dunia bisnis serta mengutamakan kepentingan masyarakat banyak c) Efisien: kegiatan pasar modal dilakukan secara cepat dan tepat dengan biaya yang relatif murah
  7. 7. WEWENANG BAPEPAM & LK 1. Memberikan izin usaha kepada: a) Bursa Efek, b) Lembaga Kliring dan Penjaminan, c) Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian, d) Reksa Dana, e) Perusahaan Efek, f) Penasehat Investasi, g) Biro Administrasi Efek 2. Memberikan izin orang perseorangan bagi: a) Wakil Penjamin Emisi Efek b) Wakil Perantara Pedagang Efek c) Wakil Manajer Investasi d) Wakil Agen Penjual Reksa Dana 3. Memberikan persetujuan bagi: a) Bank Kustodian
  8. 8. LEMBAGA KLIRING DAN PENJAMINAN (LKP) 1. Pengertian: Lembaga Kliring dan Penjaminan adalah pihak yang menyelenggarakan jasa kliring dan Penjaminan penyelesaian transaksi bursa 2. Tugas: a) Melaksanakan kliring dan penjaminan transaksi bursa yang teratur, wajar , dan efisien. b) Menjamin penyerahan secara fisik baik saham maupun uang c) Lembaga yang telah memperoleh izin usaha sebagai LKP oleh BAPEPAM adalah PT. KPEI (PT. Kliring Penjaminan Efek Indonesia).
  9. 9. FUNGSI PASAR MODAL Pasar modal mempunyai dua fungsi yaitu ekonomi dan keuangan. Di dalam ekonomi, pasar modal menyediakan fasilitas untuk memindahkan dana dari lender ke borrower. Dengan menginvestasikan dananya lender mengharapkan adanya imbalan atau return dari penyerahan dana tersebut. Sedangkan bagi borrower, adanya dana dari luar dapat digunakan untuk usaha pengembangan usahanya tanpa menunggu dana dari hasil operasi perusahaannya.
  10. 10. Di dalam keuangan, dengan cara menyediakan dana yang diperlukan oleh borrower dan para lender tanpa harus terlibat langsung dalam kepemilikan aktiva riil.
  11. 11. LEMBAGA PENUNJANG PASAR MODAL Lembaga – lembaga yang menunjang berlangsungnya industri pasar modal.lembaga tersebut antara lain: 1. Biro Administrasi EFek, yaitu oenunjang pasar modal dalam hal administrasi efek, baik pada pasar perdana maupun pasar sekunder. Bentuk pelayanan yang diberikan BAE antara lain dalam bentuk pencatatan dan pemindahan kepemilikan efek. 2. Kustodian, yaitu lembaga yang memebrikan jasa penitipan efek dan harta lainnya yang berkaitan dengan efek, serta jasa lain, menerima bunga, dividend, dan hak-hak lain menyelesaikan transaksi efek dan mewakili pemegang rekening yang menjadi nasabahnya
  12. 12. 3. Wali Amanat, adalah lembagayang dipercaya untuk mewakili kepentingan seluruh pemegang obligasi atau sekuritas kredit. Para wali amanat diperlukan dalam emisi obligasi. Selain itu, wali amanat juga berperan sebagai pemimpin dalam rapat umum pemegang obligasi (RUPO) 4. Pemeringkat Efek, adalah perusahaan swasta yang melakukan peringkat/ranking atas efek yang ebrsifat utang atau obligasi. Tujuan pemeringkatan adalah untuk memberikan pendapat (independent, obyektif dan jujur) mengenai resiko suatu efek utang. Pemeringkatan atas suatu efek utang atau obligasi akan membantu investor untuk mengetahui resiko atas suatu obligasi.

×