Etika lingkungan

16,207 views
15,930 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
3 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
16,207
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
206
Comments
0
Likes
3
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Etika lingkungan

  1. 1. ApaItuEtika?
  2. 2. Etika berasal dari kata Yunani yaitu “ethos” yang berarti adat istiadat atau kebiasaan.Etika dimengerti sebagai refleksi kritis tentang bagaimana manusia hidup dan bertindak dalam situasi konkrit dan tertentu.
  3. 3. Definisi Moral: Moral = Ajaran tentang apa yang dilarang dan apa yang wajib dilakukan oleh manusia supaya bisa menjadi baik.
  4. 4. MODEL TEORI ETIKA LINGKUNGANSecara teoritis terdapat 3 model teorietika lingkungan, yaitu:• AntroposentrismeTeori yang memandang manusiasebagai pusat dari sistem alamsemesta.• BiosentrismeTeori ini menganggap serius setiapkehidupan mahkluk hidup di alamsemesta.•EkosentrismeTeori kelanjutan dari Biosentrisme.
  5. 5.  Etika ini memandang bahwa manusia tidak hanya sebagai makhluk sosial Manusia dipahami sebagai makhluk biologis dan ekologis Manusia hanya bisa hidup dan berkembang sebagai manusia utuh tidak hanya dalam komunitas sosial, tetapi juga dalam komunitas ekologis, yaitu mahluk yang kehidupannya tergantung dari dan terkait erat dengan semua kehidupan lain di alam semesta.
  6. 6. PRINSIP-PRINSIP ETIKA LINGKUNGAN HIDUP 1. Sikap hormat terhadap alam 2. Prinsip tanggung jawab 3. Prinsip solidaritas kosmis 4. Prinsip kasih sayang dan kepedulian terhadap alam 5. Prinsip “no harm” 6. Prinsip hidup sederhana dan selaras dengan alam 7. Prinsip keadilan 8. Prinsip demokrasi 9. Prinsip integritas moral
  7. 7. KESADARAN LINGKUNGANKesadaran lingkungan.pengetahuan sadar sama dengan tahu,bagian darisikap atau perilaku terhadap alam sekitar.
  8. 8. PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUPPenanamam pondasi pendidikanlingkungan sejak dini menjadi solusiutama yang harus dilakukan, agargenerasi muda memiliki bekalpemahaman tentang lingkungan hidupyang kokoh. Pendidikan Lingkungandiharapkan mampu menjembatani danmendidik manusia agar berperilaku bijak.
  9. 9. TERIMA KASIH

×