Tips dan taktik mengelola toko dan penjualan
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Tips dan taktik mengelola toko dan penjualan

on

  • 974 views

Bahan presentasi kali ini digali dari kenyataan-kenyataan praktis dilapangan yang dipadukan dengan konsep-konsep ilmiah dalam manajemen pemasaran untuk lebih meningkatkan profesionalitas pengelolaan ...

Bahan presentasi kali ini digali dari kenyataan-kenyataan praktis dilapangan yang dipadukan dengan konsep-konsep ilmiah dalam manajemen pemasaran untuk lebih meningkatkan profesionalitas pengelolaan toko dan penjualan

Statistics

Views

Total Views
974
Views on SlideShare
969
Embed Views
5

Actions

Likes
0
Downloads
41
Comments
0

1 Embed 5

http://gemilangelektronik.com 5

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Tips dan taktik mengelola toko dan penjualan Tips dan taktik mengelola toko dan penjualan Presentation Transcript

  • TIPS & TAKTIK MENGELOLA Toko / Penjualan KiBiMa Module http://kibima.com
  • Bagi Sebagian orang mengelola toko terkesan sebagai pekerjaan yang mudah, sederhana dan siapa saja mampu melakukanya. Tapi jika di cermati lebih mendalam, anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Mengelola toko tidak beda dengan mengelola bisnis- bisnis lainya. Tetap membutuhkan penanganan dengan menerapkan konsep dan stategi manajemen pemasaran yang profesional, sistematis dan terpadu. Bahan presentasi kali ini digali dari kenyataan- kenyataan praktis dilapangan yang dipadukan dengan konsep-konsep ilmiah dalam manajemen pemasaran untuk lebih meningkatkan profesionalitas pengelolaan toko.
  • Tips & Taktk Mengelola Toko ini berkaitan dengan 12 dasar pengelolaan toko, diantaranya : 1. Bersih dan Rapi 2. Ramah Tamah 3. Pelayanan Optimal 4. Perlakuan Wajar & Merata. 5. Harga Bersaing 6. Uang Kembalian 7. Menghadapi Keluhan 8. Menghadapi Debitur 9. Pusat Informasi 10. Memberi dan Menerima 11. Interaksi Sosial 12. Moral dan Akhlak
  • 1. BERSIH DAN RAPI 1. Penampilan rapi sebagai upaya citra pengelola toko yang profesional di benak pelanggan. 2. Berbusana rapi cenderung dianggap sebagai cermin kebersihan hati Pemakainya. 3. Selalu sesuaikan dengan suasana dan kepantasan norma lingkungan yang berlaku. 4. Kebersihan dan kerapian akan mengangkat citra diri dan citra toko
  • 2. RAMAH TAMAH 1. Bertutur kata santu dan menyapa pelanggan dengan hangat. 2. Jangan hanya mementingkan uang pelanggan, tapi mulai dengan ucapan salam yang sifatnya bersahabat. 3. Jangan sekali-sekali bilang “Produknya tidak ada” namun jawab dengan halus “Maaf Produk yang anda maksud baru saja habis” atau Produk tesebut akan segera tersedia disini”. 4. Ciptakan suasana akrab dengan pelanggan. 5. Jangan membeda-bedakan pelanggan sekalipun pelanggan datang dari berbagai latar belakang sosial dan ekonomi yang berbeda.
  • 3. PELAYANAN OPTIMAL 1. Jika ada pesanan pelanggan tidak dengan tatap muka misalnya via telfon maka jawab dengan halus “Kami usahakan karyawan kami akan mengantarkan pesanan anda secepatnya”. Jika Memungkinkan . 2. Pahamilah bahwa pelanggan mungkin mempunyai kesibukan yang luar biasa sehingga tidak selalu memiliki waktu untuk datang langsung ke toko. Saat itu kitalah yang menjemput bola. 3. Jika memang ada biaya kirim, kita boleh memintanya kepada pelanggan diluar biaya belanja. Biasanya pelanggan akan memahami asalkan masih dalam jumlah yang wajar
  • 4. Perlakuan Wajar & Merata 1. Bersikap adil pada pelanggan baika yang belanja ratusan ribu rupian maupun yang jutaan rupiah. 2. Ingat dalam situasi tertentu Kebutuhan pelanggan beragam. Mulai dari kertas termal cash register hingga peralatan toko. 3. Jangan terkecoh dengan penampilan pelanggan. Penampilan belum tentu menunjukkan kenyataan aslinya. 4. Jangan melibatkan diri terlalu jauh jika kebetulan pelanggan tengah dilanda masalah. Posisikan diri anda “hanya” sebagai pendengar yang baik. 5. Berikan pelayanan secara adil bagi semua lapisan dan golongan pelanggan.
  • 5. HARGA 1. Harga selalu bersaing dengan toko tetangga sekitar 2. Murah belum tentu bersaing, Bersaing belum tentu murah. Jadi jangan menganggap barang kita harus paling murah . 3. Pegang Prinsip “Untung sedikit tapi tahan lama” daripada “Untung banyak tapi besok kehilanggan pelanggan”. 4. Perhatikan harga pasaran. 5. Perhatikan barang yang harganya cenderung naik, cari tahu alasanya agar dapat menjelaskanya pada pelanggan. 6. Jangan ikut latah menaikkan harga hanya karena pesaing anda menaikkan harga, kecuali jika harga memang naik secara resmi.
  • 6. UANG KEMBALIAN 1. Selalu siapkan uang kembalian mulai dari ribuan, Puluhan ribu hingga ratusan ribu. 2. Hindari kebiasaan menggantikan uang kembalian dengan produk tertentu karena tidak semua konsumen menyukai hal itu. 3. Buang kebiasaan menolak uang yang nilainya besar tapi jumlah belanjanya kecil hanya karena tidak mau di repotkan masalah uang kembalian. 4. Masalah uang kembalian ini mungkin kelihatanya sepele namun disadari atau tidak hal ini kerap membuat pelanggan kecewa.
  • 7. Menghadapi Keluhan 1. Tetap tersenyum walau keluhan / omelan / kekecewaan pelanggan datang tanpa diduga. 2. Ajak pelanggan berkomunikasi untuk mengetahui keingginan dan harapan mereka. 3. Biasakan minta maaf walau mungkin itu bukan kesalahan anda. 4. Buat daftar keluhan pelanggan dan upayakan menghindari kesalahan yang sama. 5. Berikan Penghargaan dalam bentuk apapun untuk mengobati kekecewaan pelanggan jika memang kesalahan itu menyangkut produk, atau Perusahaan.
  • 8. Menghadapi Debitur 1. Lakukan seleksi yang ketat bagi mereka yag layak mendapatkan fasilitas kredit. 2. Saat menagih pertimbangkan situasi dan kondisi yang tepat. Minimalkan menagih di tengah ramainya Pelanggan. 3. Jika Pelanggan lupa atau pura-pura lupa, atau memang sengaja melupakan pembayaranya, maka kunjungi rumahnya dan bicarakan dengan sikap sopan. 4. Jka berupa DP maka berikan batas jumlah uang yang dapat di bayar saat barang tiba di rumah.
  • 9. Pusat Informasi 1. Jagalah hubungan baik dengan masyarakat dan lingkungan sekitar. 2. Kenalilah lingkungan agar keamanan, kenyamanan dan kelanggengan usaha terjamin. 3. Jadilah mediator dan infomator sesama pelanggan. Namun, jangan terlalu larut dalam urusan mereka, sebab fungsi utama anda adalah Pedagang / Sales.
  • 10. Memberi dan Menerima 1. “Pada dasarnya setiap orang senang jika menerima hadiah”. ini prinsip uyang berlaku dan diyakini secara umum. 2. Di saat-saat tertentu kita perlu memanjakan pelanggan dengan hadiah tertentu. Bukan perkara besar kecilnya hadiah, namun nilai psikologis dari penghargaan tersebut. 3. Lakukan seleksi dengan berbagai pertimbangan sebelum menetapkan siapa yang layak mendapatkan hadiah. Misalnya dari loyalitas pelanggan atau jumlah pembelian. 4. Diskon yang anda dapatkan dari supplier sebaiknya kita salurkan juga pada pelanggan, sebab tanpa diskonpun sebenarnya kita telah menerima keuntunggan dari harga jual yang di sarankan.
  • 11. Interaksi Sosial 1. Buka mata, Buka telinga terhadap lingkungan sekitar. 2. Perubahan dari hari ke hari terus terjadi, seraplah informasi sekitar lingkungan bisnis secara proporsional sehingga kita siap menghadapi setiap perubahan. 3. Kembangkan terus sikap peduli sesama dan ringankan tangan kita membantu terciptanya lingkungan yang aman, nyaman, segar dan bersih. Ini investasi sosisal kita. 4. Berbaurlah dengan masyarakat sekitar, tunjukkan bahwa kita adalah bagian tak terpisahkan dari mereka. 5. Hindari sikap sikap exsklusif, bersikaplah apa adanya sebab tanpa dukungan yang lain dan pelanggan, kita tidak ada artinya.
  • 12. Akhlak & Moral 1. Tidak kenal istilah “Sudah puas” melayani pelanggan. 2. Sekali kita merasa puas terhadap pelayanan yang kita berikan kepada pelanggan, itu adalah awal dari masalah-masalah yang akan kita hadapi kelak. 3. Terus lakukan evaluasi terhadap setiap pelayanan yang kita berikan kepada pelanggan, karena bentuk pelayanan saat ini belum tentu sesuai untuk masa yang akan datang. 4. Jauhi iri hati dan memandang rendah bahkan mendiskreditkan rival bisnis kepada pelanggan kita, tapi lakukan introspeksi diri terhadap pelayanan yang telah kita berikan. 5. Selalu jujur, rendah hati dan jangan lupa berdo’a kepadanya, Sebab tanpa dukungan dan ridhonya apapun usaha dan upaya untuk meningkatkan hubungan dekat dan kuat dengan pelanggan akan sia-sia.
  • Slide ini bisa anda dapatkan di : http://slideshare.net/FauziTMG http://yuk.web.id/Modul/ Semoga kehadiran slide ini mampu memberikan manfaat dan layak di jadikan paduan praktis dalam menjalankan roda bisnis sehari-hari, yang tentu penerapanya tergantung pada kondisi dan situasi dimana anda berusaha.