Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

~Persalinan~

1,941 views

Published on

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

~Persalinan~

  1. 1. >> 0 >> 1 >> 2 >> 3 >> 4 >>5
  2. 2. >> 0 >> 1 >> 2 >> 3 >> 4 >>4
  3. 3. >> 0 >> 1 >> 2 >> 3 >> 4 >>3
  4. 4. >> 0 >> 1 >> 2 >> 3 >> 4 >>
  5. 5. >> 0 >> 1 >> 2 >> 3 >> 4 >>
  6. 6. >> 0 >> 1 >> 2 >> 3 >> 4 >>
  7. 7. >> 0 >> 1 >> 2 >> 3 >> 4 >>
  8. 8. >> 0 >> 1 >> 2 >> 3 >> 4 >>Search Engine biologipersalinanSearch
  9. 9. >> 0 >> 1 >> 2 >> 3 >> 4 >>Your search results hereMelahirkan adalah sebuah proses keluarnya janin bayi darirahim seorang ibu hamil ke dunia luar... morewww.yourdomainname.co.ukHormon yang Berperan dalam PersalinanHCG (Human Chorionic Gonadotrophin) .. morewww.yourdomainname.co.ukTanda – tanda PersalinanKeluarnya lendir yang bercampur darah.. morewww.presentationmagazine.com
  10. 10. >> 0 >> 1 >> 2 >> 3 >> 4 >>Your search results hereTahapan PersalinanTahap ini merupakan yang paling lama, dimulai darikontraksi sampai saluran rahim terbuka penuh olehkepala bayi.. morewww.yourdomainname.co.ukJenis – jenis PersalinanPersalinan normal adalah bayi lahir melalui vagina denganletak belakang kepala/ubun-ubun kecil.. morewww.yourdomainname.co.uk
  11. 11. >> 0 >> 1 >> 2 >> 3 >> 4 >>Melahirkan adalahsebuah proses keluarnyajanin bayi dari rahimseorang ibu hamil kedunia luar. Tentunyapersalinan ini adalahujung dari proseskehamilan pada ibu hamildari awal prosespembuahan (bertemunyasel telur dengan selsperma) sampai dengantiba masanyasaat persalinan
  12. 12. >> 0 >> 1 >> 2 >> 3 >> 4 >>Hormon yang Berperan dalam Persalinan1. HCG (Human Chorionic Gonadotrophin)Hormon ini dihasilkan oleh embrio, berfungsi mencegahhaid dan meningkatkan kadar progesteron. Kadar HCG yangtinggi pada tiga bulan pertama kehamilan diperkirakansebagai penyebab morning sickness.2. Estrogen dan ProgesteronHormon ini adalah hormon penting dalam kehamilan.Progesteron mempersiapkan lapisan rahim untuk menerimatelur yang sudah dibuahi dan merangsang perkembanganjaringan tubuh serta menimbulkan rasa tenang. Bersamadengan estrogen, hormon progesteron juga bergunamerangsang perkembangan kelenjar air susu, memperbesarpayudara, dan membuat areola melebar dan lebih gelap.3. RelaxinHormon ini melembutkan rahim dan mengendurkan ototpanggul untuk persiapan kelahiran.
  13. 13. >> 0 >> 1 >> 2 >> 3 >> 4 >>4. Oksitosin (Oxytocin)Oksitosin diproduksi di hypothalamus, pada kelenjar posterior pituitary“master gland” ini semua adalah bagian dari otak manusia yang bekerja salahsatunya untuk mengatur system endokrin dalam tubuh manusia.Hormon ini adalah hormon reproduksi yang penting. Hormon ini juga sangatberperan untuk merangsang dan memperkuat kontraksi rahim saat bersalindan mendorong janin keluar. Pada masa pascapersalinan, produksi oksitosinyang baik dapat mencegah terjadinya perdarahan dengan mempertahankankontraksi uterus, juga berguna membantu rahim mengerut ke ukuran normaldan merangsang produksi ASI.Pancaran ASI (Air Susu Ibu) let-down reflex, reflek memancarnya ASI, dan inisangat dipengaruhi oleh hormone dalam tubuh yaitu oksitosin. Pada saatmenyusui.
  14. 14. >> 0 >> 1 >> 2 >> 3 >> 4 >>5. ProstaglandinHormon ini bertugas merangsang kehamilan. Perempuanmemproduksi hormon ini ketika janin siap lahir. Cairan semenyang dikeluarkan pria ketika ejakulasi juga mengandunghormon prostaglandin.6. EndorphinHormon endorphin menimbulkan rasa tenang danmenghilangkan rasa sakit. Hormon ini meningkat selamakehamilan dan memuncak saat persalinan/kelahiran.
  15. 15. >> 0 >> 1 >> 2 >> 3 >> 4 >>
  16. 16. >> 0 >> 1 >> 2 >> 3 >> 4 >>Pecahnya Air Ketuban. Ini juga dialami ibu hamil ketika menjalani proses kelahiran anakpertama. Ketika air ketuban mulai pecah dan bocor maka hal ini kita kenali dengan tandapecah ketuban seperti merasakan semburan air atau hanya rembesan, namun peristiwapecahnya air ketuban tidak terasa, karena membran tidak memiliki syaraf. Pada istri sayakejadiaannya hanya merembes saja sehingga waktu itu segera datang ke Rumah Sakit Inijuga yang disebut denganPecah Ketuban Dini (KTD). Cairan ketuban umumnya mempunyaiwarna yang bening, tidak berbau, dan akan terus keluar sampai ibu akan melahirkan.Keluarnya cairan ketuban dari jalan lahir ini bisa terjadi karena berbagai hal. Bisa karenamengalami trauma, infeksi, atau bagian ketuban yang tipis (locus minoris) berlubang danpecah. Bila pecah ketuban berarti selaput ketuban sudah ada hubungan dengan dunialuar dan hal ini membuka potensi kuman untuk masuk. Karena itulah ibu hamil harussegera mendapatkan penanganan dan dalam kurun waktu maksimal 24 jam diharapkanbayi sudah bisa dilahirkan. Bersamaan pecahnya membran ini, ibu akan mengalamikontraksi atau nyeri yang lebih intensif.
  17. 17. >> 0 >> 1 >> 2 >> 3 >> 4 >>Tahap pertama (pembukaan)1. Tahap ini merupakan yang paling lama, dimulai dari kontraksi sampaisaluran rahim terbuka penuh oleh kepala bayi. Pada persalinanpertama, prosesnya bisa lebih dari 18 jam, sementara pada persalinankedua dan seterusnya antara 2-3 jam.2. Kontraksi yang lemah namun teratur dimulai dari bagian atas rahim kebawah sampai vagina, biasanya diawali dengan nyeri di punggung terusmenjalar menjadi seperti kram di perut bawah.3. Sedikit demi sedikit kontraksi akan semakin seringdan kencang untukmengeluarkan mendesak kepala bayi ke mulut rahim. Setiap kontraksiberlangsung 30 sampai 60 detik. Jarak antar kontraksi adalah 10-20menit. Rasa sakit menghilang setiap kali rahim mengendor.4. Mulut rahim menjadi lunak, tipis dan melebar sehingga memudahkanbayi keluar dari rahim.5. Sedikit cairan dan darah biasanya ikut menyertai proses persalinan,sebelum akhirnya pecah air ketuban.
  18. 18. >> 0 >> 1 >> 2 >> 3 >> 4 >>Tahap kedua (mengedan)• Tahap dari pembukaan penuh sampai bayi lahir. Dalamtahap ini bayi lahir melalui mulut rahim ke vagina, laludikeluarkan. Tahap ini biasanya berlangsung kurang darisatu jam untuk persalinan pertama. Pada persalinankedua, hanya sekitar 20 menit.• Ibu akan merasakan keinginan untuk mengedan (menekanotot perut) dan merasakan sensasi seperti orang yang inginbuang air besar. Semakin lama, dorongan mengedan ituakan semakin kuat dan sering. Bayi lalu akan keluarmelalui mulut rahim.• Pada posisi normal di mana kepala keluar terlebih dahulu,kepala bayi berfungsi sebagai pembuka jalan. Dengandemikian, bayi dapat bernafas bahkan sebelum seluruhbadan keluar dari rahim.
  19. 19. >> 0 >> 1 >> 2 >> 3 >> 4 >>Tahap ketiga (plasenta)• Pada tahap ini plasenta(ari-ari) akan terlepas daridinding rahim. Prosesnyabiasanya terjadi 15-20menit setelah kelahiranbayi.• Kontraksi rahim yangkeras terus berlanjutsetelah kelahiran bayi danakan menekan pembuluhdarah, mengurangiperdarahan danmenyebabkan plasentalepas dari dinding rahim.
  20. 20. >> 0 >> 1 >> 2 >> 3 >> 4 >>Tindakan operasi caesar ini hanyadilakukan jika terjadi kemacetan padapersalinan normal atau jika adamasalah pada proses persalinan yangdapat mengancam nyawa ibu danjanin. Keadaan yang memerlukanoperasi caesar, misalnya gawat janin,jalan lahir tertutup plasenta (plasentaprevia totalis), persalinan meacet, ibumengalami hipertensi (preeklamsia),bayi dalam posisi sungsang ataumelintang, serta terjadi pendarahansebelum proses persalinan.
  21. 21. >> 0 >> 1 >> 2 >> 3 >> 4 >>Jika pada fase kedua/ kala dua persalinan tidak maju danjanin tidak juga lahir, sedangkan pasien sudah kehabisan tenagauntuk mengejan, maka dokter akan melakukan persalinanberbantu, yaitu persalinan dengan menggunakan alat bantu yangdisebut forsep atau vakum.Melahirkan di dalam air atau Water Birth mulai populer diEropa, terutama Rusia dan Prancis pada tahun 1970-an. Tujuannyasaat itu adalah untuk memudahkan lahirnya bayi. Melahirkandalam air dapat mengurangi rasa sakit pada ibu. Idenya berawaldari pemikiran bahwa janin yang selama sembilan bulan berenangdalam air ketuban dapat lebih nyaman memasuki dunia baru yangjuga air. Setelah itu bayi akan bernapas dan menghirup udara.Namun, ada beberapa resiko pada water birth, misalnya adanya
  22. 22. >> 0 >> 1 >> 2 >> 3 >> 4 >>

×